Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Pupuk Phonska Subsidi dan Nonsubsidi

Perbedaan Pupuk Phonska Subsidi dan Nonsubsidi

Perbedaan Pupuk Phonska Subsidi dan Nonsubsidi - Pupuk Phonska adalah pupuk yang mempunyai kandungan Nitrogen 15%, Fospat 15%, Kalium 15%, dan Sulfur (belerang) 10% yang terdapat di dalam kemasan 50 kg.

Pupuk NPK Phonska adalah pupuk yang termasuk di dalam pupuk subsidi yaitu pupuk yang diadakan serta disalurkan dengan memperoleh subsidi atau bantuan dari pemerintah sehingga harganya lebih murah. Tujuannya adalah agar kebutuhan petani bisa dicukupi dengan baik dan terbantu dengan pembelian pupuk untuk tanaman.

Sedangkan pupuk Phonska nonsubsidi adalah pupuk Phonska yang diadakan serta disalurkan di luar program pemerintah sehingga tidak ada subsidi yang diberikan. Contoh pupuk Phonska nonsubsidi adalah Phonska plus.

Kamu mungkin bertanya-tanya apa sih perbedaan pupuk Phonska subsidi dan nonsubsidi ? oke, untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Pupuk Phonska Subsidi dan Nonsubsidi

PUPUK PHONSKA SUBSIDI

Pupuk Phonska subsidi yang umunya terdapat di pasaran adalah pupuk NPK Phonska yang dipergunakan untuk pemupukan hampir semua macam komoditas dari tanaman mulai dari pangan yakni padi, ubi, jagung,maupun hortikultura contohnya wortel, cabe, dan semangka. Selain itu buah-buahan seperti apel, anggur, dan jeruk serta tanaman perkebunan seperti tebu, kopi, kakao juga bisa menggunakan pupuk NPK Phonska.

Pupuk NPK Phonska subsidi cocok dipakai untuk tanah yang memiliki kandungan belerang yang sedikit. Belerang akan mempengaruhi hasil panen seperti tebu yang akan membantu proses peningkatan rendemen gula sedangkan bagi komodits buah akan membantu meningkatkan kualitas rasa dan aroma buah.

Untuk harga pupuk NPK Phonska subsidi kemasan 50 kg dibandrol dengan harga sekitar Rp.250.000 sampai Rp.280.000.

PUPUK PHONSKA PLUS NONSUBSIDI

Pupuk NPK Phonska plus yang nonsubsidi sebenarnya kandungannya sama saja dengan pupuk NPK Phonska yang subsidi, dimana selain unsur N,P,dan K yang masing-masing 15% serta kandungan S (belerang) 9%. Perbedaannya adalah pupuk Phonska plus nonsubsidi memiliki kandungan unsur hara mikro tambahan berupa seng (Zn) sebanyak 2000 part per million (ppm). Unsur Zn memiliki peran penting agar tanaman tidak menjadi kerdil. Unsur Zn adalah unsur mikro yang tidak bisa tergantikan dengan unsur lain yang ada di tanah. Meskipun termasuk dalam unsur mikro dan tidak terlalu banyak diperlukan namun seng (Zn) termasuk penting bagi tanaman agar hasil buah, bunga, dan daun menjadi lebih besar dan tidak mengalami kekerdilan.

Harga pupuk Phonska nonsubsidi jauh lebih mahal daripada yang subsidi. Harganya kisaran Rp.280.000 sampai Rp.350.000 dalam kemasan 25 kg.

Itulah tadi pembahasan mengenai perbedaan pupuk Phonska subsidi dan nonsubsidi. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Perbedaan Pupuk Phonska Subsidi dan Nonsubsidi"