Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pemupukan Timun Dengan NPK Mutiara

Cara Pemupukan Timun Dengan NPK Mutiara

Cara Pemupukan Timun Dengan NPK Mutiara - Mentimun atau timun merupakan tanaman yang memiliki umur musim yang pendek serta bisa ditanam diberbagai macam tanah yang subur dengan pH tanah yang ideal. Kamu bisa mendapatkan buah timun yang berlimpah jika kamu melakukan pemupukan timun dengan baik.

Nah untuk pemupukan itu sendiri kamu memerlukan pupuk yang memiliki unsur hara yang baik, salah satu contoh yang bisa kamu gunakan adalah pupuk NPK Mutiara.

Pupuk NPK Mutiara memiliki kandungan unsur hara Nitrogen yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan timun, unsur Fospor yang memiliki fungsi untuk membantu proses metabolisme energi seperti pertumbuhan akar ataupun pembuahan, serta unsur Kalium yang berperan untuk menghasilkan buah yang berkualitas serta mencegah tanaman dari stres, hama, dan juga penyakit.

Baca Juga : Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara Pada Tanaman Hias

CARA PEMUPUKAN TIMUN DENGAN NPK MUTIARA

Pupuk NPK Mutiara bisa diaplikasikan ke tanaman dari mulai tanam hingga siap berbuah. Kamu bisa melakukan cara-cara dibawah ini untuk pemupukan timun menggunakan pupuk NPK Mutiara.

METODE TABUR

Metode tabur dipilih jika kamu melakukan pemupukan timun di musim hujan. Caranya adalah :

  • Gunakan pupuk NPK Mutiara pada saat tanaman timun sudah berusia 1 bulan.
  • Berikan pupuk sebanyak 1 genggam tangan orang dewasa untuk satu tanaman.
  • Tabur disekitar celah / jarak antar tanaman. Berikan selang-seling, misalnya untuk tanaman pertama berikan 1 genggam pupuk NPK Mutiara, lalu disebelahnya biarkan kosong dan tidak perlu diberikan pupuk, nanti setelah tanaman pertama baru dikasih lagi pupuknya.

METODE KOCOR

Metode kocor dilakukan dengan cara melarutkan terlebih dahulu pupuk NPK Mutiara ke dalam air lalu disiramkan ke tanaman timun. Disarankan menggunakan metode kocor saat kamu melakukan pemupukan timun di musim kemarau, caranya adalah sebagai berikut :

  • Gunakan 10 gram pupuk NPK Mutiara untuk dilarutkan ke dalam 1 liter air.
  • Selanjutnya kamu tinggal menyiram tanaman timun di bagian tanah tempat tumbuhnya. Air pupuk jangan mengenai daun dari tanaman timun atau buahnya karena akan menyebabkan kerusakan pada daun atau buah.
  • Lakukan 1 minggu sekali sampai tanaman timun mengalami pembuahan dan pembungaan.
  • Diumur 1-2 minggu kamu memerlukan 1 kilogram pupuk NPK Mutiara per drum besar untuk menyiram timun karena tanaman timun kamu akan semakin besar, otomatis pupuk yang diperlukan juga semakin banyak.
  • bisa juga dengan cara kocor. Cara ini bermanfaat untuk pengairan ke tanaman. Namun tidak disarankn saat musim hujan. Dosis 10 gram per 1 liter air dilakukan 1 minggu sekali sampai tnaman mengalami pembuahan dan pembungaan.

Itulah tadi informasi cara pemupukan timun dengan NPK Mutiara, semoga bermanfaat. jangan lupa juga untuk baca artikel mengenai tanaman di www.ayomenanam.com

Post a Comment for "Cara Pemupukan Timun Dengan NPK Mutiara"