Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baik Untuk Kesehatan, Ini dia 12 Khasiat Gula Aren

Khasiat Gula Aren

Khasiat gula aren - Gula aren atau yang biasa disebut juga gula merah adalah gula yang terbuat dari nira (cairan) yang berasal dari tandan bunga jantan pohon aren atau enau. Gula memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan disamping fungsinya sebagai pemanis minuman atau makanan. Salah satunya untuk mereka yang terkena diabetes yang katanya khasiat gula aren sangat baik untuk menggantikan gula pasir bagi penderita diabetes. Benarkah demikian ?

Gula aren hanya melewati sedikit pemrosesan dalam pembuatannya sehingga dikatakan bahwa gula aren lebih baik dari pada gula pasir. Gula aren mengandung 337 kkal dalam 100 gram penyajian dan 100 gram gula aren mengandung 84,21 gram karbohdirat, 211 mg garam, dan 84,21 gram gula (US Department of Agriculture). Gula aren juga memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir dan madu sehingga memang gula merah bisa dikatakan aman bagi penderita diabetes. Namun, meskipun kalorinya rendah tapi tetap saja mengkonsumsi gula aren secara berlebihan bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

KHASIAT GULA AREN

Berikut ini khasiat gula aren yang dirangkum dari berbagai macam situs kesehatan. Anda bisa mencoba melakukan pengobatan menggunakan gula aren jika anda tidak ingin meminum obat kimia.

1. Menurunkan tingkat stres
Gula aren dapat merangsang hormon endorfin atau lebih dikenal dengan "hormon bahagia" di dalam tubuh sehingga jika anda sedang stres baiknya anda membuat minuman yang terdapat campuran gula aren di dalamnya. Misalnya membuat campuran kelapa muda ditambah dengan gula aren.

2. Mengatasi darah rendah maupun anemia
Gejala kurang darah maupun anemia yang kerap dialami penderitanya adalah pusing, mata berkunang-kunang, dan mudah lelah. Salah satu cara alami mengatasi hal demikian adalah dengan memakan gula aren. Anda bisa memakannya langsung dalam jumlah tertentu atau mencampurkan ke dalam makanan maupun minuman.

3. Meredakan nyeri haid
Nyeri haid pada wanita yang sedang mengalami menstruasi atau datang bulan disebabkan karena adanya kontraksi otot pada bagian rahim yang dipengaruhi oleh hormon prostaglandin. Kandungan flavanoid pada gula aren memiliki khasiat untuk meredakan nyeri ketika sedang haid, ketika anda mulai merasakan nyeri saat haid anda bisa memakan gula aren beberapa balok secara langsung seperti permen hisap hingga rasa nyeri tersebut hilang.


4. Meningkatkan stamina
Sistem imun yang kuat akan membuat tubuh seseorang tidak gampang terkena penyakit. Dengan rajin memakan gula aren maka sistem imun di tubuh anda akan meningkat karena gula aren juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas atau zat-zat yang berbahaya bagi tubuh yang berasal dari luar. Anda bisa membuat kelapa muda yang dicampurkan dengan gula aren dan ditambah dengan perasan jeruk nipis. Sebaiknya tidak disajikan dengan es batu dan tidak dicampur susu kental manis agar khasiatnya lebih terasa.

5. Menambah energi
Khasiat gula aren yang lain adalah dapat menambah energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh yang kerja seharian akan mengalami kekurangan energi dan membutuhkan karbohidrat. Gula aren akan mencukupi kebutuhan karbohidrat anda yang nantinya akan diolah menjadi energi bagi tubuh sehingga ketika anda beraktivitas anda tidak akan mudah lelah. Coba anda buktikan sendiri ketika akan berolahraga seperti joging dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, makanlah beberapa butir atau beberapa balok gula merah sebelum berolahraga maka anda tidak akan mudah merasa lelah.

6. Mencegah obesitas
Bagi anda yang sedang program diet sangat baik mengkonsumsi gula aren atau gula merah karena kandungan potasium yang tinggi pada gula aren memiliki khasiat untuk menjaga berat badan tetap ideal agar tidak terjadi kegemukan. Setelah berolahraga konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula aren atau gula merah untuk mengembalikan stamina dan menjaga berat badan anda.

7. Mengatasi masalah pencernaan
Khasiat gula aren atau gula merah yang selanjutnya adalah dalam hal melancarkan pencernaan. Serat yang terkandung dalam gula aren serta zat inulin berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan dan memelihara kesehatan usus anda.

8. Menjaga kesehatan kulit
Khasiat gula aren yang tidak kalah penting bagi mereka yang ingin tetap terlihat awet muda adalah gula aren mampu mencegah penuaan dini. Hal ini disebabkan karena gula aren atau gula merah mengandung antioksidan dan juga vitamin B yang mampu memelihara kulit sehingga tetap terjaga kesehatannya.

9. Mempercepat penyembuhan luka
Gula aren memiliki khasiat sebagai antiseptik, antiperadangan, dan antimikroba. Ketiga sifat tersebut yang menjadikan gula aren atau gula merah mampu mengatasi masalah sariawan pada gusi dan bibir, panas dalam, serta mengatasi masalah alergi pada kulit, pencernaan, maupun pada pernapasan.


10. Memberi efek kehangatan pada tubuh
Jika anda sedang berada di lingkungan yang dingin, ada baiknya anda menyiapkan gula aren atau gula merah sebagai saran untuk membantu menghangatkan tubuh anda. Buatlah minuman jahe yang dicampurkan dengan gula merah dan minumlah dalam keadaan hangat untuk hasil yang lebih maksimal.

11. Mengatasi demam atau flu
Gula aren mampu mengatasi penyakit demam atau pun flu yaitu dengan cara membuat larutan air gula merah yang diseduh menggunakan air hangat. Sifat gula aren atau gula merah sebagai anti-inflamasi mampu membantu anda untuk menyembuhkan demam dan flu jika anda tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan kimia.

12. Aman bagi penderita diabetes
Seperti yang telah disinggung di atas, gula aren atau gula merah relatif aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah. Indeks Glikemik (IG) merupakan nilai yang menunjukan kadar gula suatu bahan. Menurut American Diabetes Association, nilai IG adalah :
a. Rendah, jika sama dengan atau di bawah 55.
b. Sedang, jika berada di antara 56-69.
c. Tinggi, jika sama dengan atau di atas 70.

Glukosa memiliki nilai IG 100. Untuk memudahkan anda dalam memahaminya, makanan atau minuman yang memiliki nilai IG 50 bisa membuat kadar gula darah meningkat.

Sebagai perbandingan, gula pasir memiliki nilai IG 68, madu memiliki nilai IG 55, sedangkan gula aren hanya memiliki nilai IG yang rendah yaitu 35 selain itu gula aren atau gula merah juga lebih tinggi kalium, seng (zinc), zat besi, magnesium, fosfor, natrium, serta nitrogen.



Namun perlu diingat sekali lagi, meskipun gula aren atau gula merah cocok bagi penderita diabetes, tidak berarti anda bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak karena hal tersebut tetap akan membuat terjadinya peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Post a Comment for "Baik Untuk Kesehatan, Ini dia 12 Khasiat Gula Aren "