Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Tentang Kayu Bajakah !! Ini Dia Efek Samping Kayu Bajakah

Efek samping kayu bajakah

Efek samping kayu bajakah - Kayu bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) merupakan tanaman yang berasal dari pedalaman Kalimantan tengah yang memiliki segudang manfaat dan telah lama digunakan oleh suku dayak untuk pengobatan. Meskipum efek samping kayu bajakah saat ini belum diketahui secara pasti, namun tanaman yang sempat viral di tahun 2019 ketika tanaman tersebut berhasil menjadikan siswa asal SMAN Palangkaraya meraih medali emas diajang World Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea selatan tersebut masih menjadi incaran para terapis atau orang-orang yang ingin berobat menggunakan bahan herbal.

Saat ini banyak orang yang berbondong-bondong mulai memproduksi kayu bajakah dalam berbagai macam bentuk sediaan obat seperti serbuk bajakah bahkan ada yang membuat teh dari kayu bajakah dikarenakan tanaman ini cukup sulit untuk ditemukan dan ternyata kayu bajakah memiliki banyak jenis (varietas) yang berbeda-beda sehingga manfaat dan efek samping dari jenis kayu bajakah tersebut bisa menghasilkan efek yang berbeda-beda pula.

Namun yang menjadi pertanyaan, benarkah klaim khasiat ataupun manfaat kayu bajakah tersebut bisa mengobati berbagai macam penyakit ? Sebenarnya kayu bajakah yang diklaim memiliki khasiat sebagai antikanker tersebut masih belum bisa dipastikan efektivitasnya dikarenakan kayu bajakah sampai saat ini penelitiannya hanya sampai pengujian pada tikus percobaan. Untuk membuktikan efektivitas kayu bajakah sebagai antikanker dan lain-lain pada manusia harus melewati 3 fase pengujian, setelah itu baru bisa diklaim bahwa kayu bajakah tersebut terbukti aman dan memiliki manfaat sebagai antikanker.

EFEK SAMPING KAYU BAJAKAH


Meskipun belum ada bukti kuat berupa riset ilmiah yang menunjukan efektivitas kayu bajakah untuk kesehatan namun tetap saja masih banyak orang yang mengkonsumsi kayu bajakah untuk pengobatan herbal dengan bermodalkan bukti empiris (turun temurun) dari orang-orang yang sebelumnya telah menggunakan kayu bajakah untuk mengobati penyakit mereka, memang benar ada yang terbukti sembuh namun anda tetap perlu mewaspadai efek samping yang bisa ditimbulkan dari kayu bajakah karena meskipun herbal tetap bisa menimbulkan efek samping yang bahkan bisa berbahaya bagi tubuh. Berikut ini kami paparkan beberapa keluhan yang dilaporkan dari mereka yang telah mengkonsumsi kayu bajakah sebagaimana dilansir dari situs yang menjual kayu bajakah secara online dan juga dari situs-situs kedokteran :

1. Menurunnya tekanan darah yang tadinya normal.
2. BAB yang terlalu sering
3. Pusing setelah meminum rebusan bajakah
4. Potensi keracunan secara langsung seperti mual dan muntah-muntah
5. Jika diminum bersamaan dengan obat konvensional dari resep dokter dapat menyebabkan interaksi obat yang bisa berbahaya bagi tubuh

Oleh karena itu, jika anda ingin mengkonsumsi kayu bajakah dan khawatir akan efek sampingnya baiknya anda konsumsi terlebih dahulu dalam jumlah sedikit dan lihat apakah ada reaksi berupa efek samping atau tidak. Jika tidak maka silahkan lanjutkan pengobatan menggunakan kayu bajakah tersebut atau untuk lebih aman dan terhindar dari efek samping kayu bajakah baiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apalagi jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan mengidap penyakit khusus.


Post a Comment for " Fakta Tentang Kayu Bajakah !! Ini Dia Efek Samping Kayu Bajakah"