Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bingung Cara Cek Golongan Darah ? Ini Dia Cara Mengetahui Golongan Darah O Positif Atau Negatif

Cara Mengetahui Golongan Darah O Positif Atau Negatif

Pedialoka - Cara mengetahui golongan darah bisa anda lakukan melalui tes golongan darah yang dilakukan di rumah sakit, klinik, atau di kantor PMR. Golongan darah terdiri dari 4 golongan yaitu golongan darah A, B, AB, dan golongan darah O. Selain itu, golongan darah juga memiliki nilai Rhesus positif atau negatif. Rhesus atau Rh adalah protein khusus yang terdapat atau tidak terdapat pada tubuh seseorang.

Pertama-tama, sampel darah anda akan diambil sedikit pada ujung jari menggunakan alat khusus ataupun menggunakan jarum. Setelah darah anda diambil bekas tusukan tersebut akan dibersihkan dengan alkohol dan ditutup dengan plester. Selanjutnya sampel darah akan dicampurkan dengan antigen tipe A dan B, tujuannya adalah untuk melihat apakah terjadi penggumpalan pada sampel darah tersebut. Jika terjadi penggumpalan, itu artinya darah bereaksi dengan salah satu antigen kemudian bagian cair dan tanpa sel plasma dari darah dicampurkan dengan golongan darah A dan B.

Adapun untuk menentukan nilai Rhesus biasanya dilakukan bersamaan dengan tes untuk mengetahui golongan darah. Cara mengetahui nilai Rhesus positif atau negatif adalah dengan cara mencampurkan sebuah zat yang bernama antigen D pada sampel darah. Cara diatas merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui golongan darah anda serta mengetahui positif atau negatif nilai Rhesus anda.

Setiap golongan darah mempunyai ciri khas masing-masing yaitu terdiri dari komponen dan kombinasi protein berupa antigen dan antibodi yang berbeda. Antigen berada di permukaan sel darah merah sedangkan antibodi berada di dalam plasma. Antigen adalah zat yang melindungi tubuh dari serangan zat asing yang berpotensi membahayakan tubuh.

 Macam-macam golongan darah :

Golongan darah O tidak memiliki antigen A dan B

Golongan darah A memiliki antigen A

Golongan darah B memiliki antigen B

Golongan darah AB memiliki antigen A dan B

 Faktor Rh (Rhesus)

Selain 4 macam golongan darah di atas, ada hal lain yang perlu diperhatikan untuk mengetahui golongan darah anda yaitu nilai dari Rhesus. Berikut penjelasannya :

 Rhesus positif (Rh+)

Orang yang memiliki nilai Rh+ artinya terdapat antigen Rh di dalam sel darah merahnya. Rh+ dapat menerima Rh+ ataupun Rh-

 Rhesus negatif (Rh-)

Orang yang memiliki nilai Rh- artinya tidak terdapat antigen Rh di dalam sel darah merahnya. Rh- hanya dapat menerima sesama Rh-

 Mengetahui golongan darah sangat diperlukan agar anda dapat menerima transfusi darah atau mendonorkan darah anda. Misalnya, golongan darah anda O maka akan dicocokkan dengan golongan darah yang dapat menerima golongan darah O tersebut, namun perlu diperhatikan juga nilai Rhesus positif atau negatifnya. Jika anda hanya asal menerima donor darah tanpa mengetahui golongan darah dan faktor rhesus maka akan terjadi penolakan pada tubuh anda yang akan menyebabkan gangguan pada tubuh dan bahkan bisa berakibat fatal.

Post a Comment for "Bingung Cara Cek Golongan Darah ? Ini Dia Cara Mengetahui Golongan Darah O Positif Atau Negatif"