Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menghilangkan Korengan Dengan Cepat

6 Cara Menghilangkan Korengan Dengan Cepat


Koreng merupakan tanda bahwa proses pemulihan dari luka anda sedang berlangsung. Namun, banyak orang yang tidak begitu suka dengan tampilan dari koreng, terlebih lagi jika itu menimbulkan gatal, itu membuat banyak orang tidak tenang.


Koreng adalah reaksi tubuh untuk melindungi luka terhadap infeksi. Koreng mengeluarkan tubuh kolagen sebagai proses penyembuhan. hal ini terjadi ketika pembentukan plak yang melindungi luka muncul sementara dalam proses penyembuhan. Anda dapat menghindari koreng jika hati-hati membersihkan luka dan dipoles dengan pelembab.

Cara efektif menghilangkan koreng

Menggunakan krim, gel atau salep khusus untuk bekas luka

Salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bekas luka atau koreng adalah dengan menggunakan krim pembersih bekas luka . Umumnya, krim pembersih ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu bleaching cream dan tanning cream. bleaching cream digunakan untuk mengurangi atau memudarkan bekas luka, sementara tanning cream digunakan untuk menggelapkan bekas luka yang berwarna putih, atau lebih cerah dibandingkan kulit. Namun, penggunaan pembersihan krim bekas luka tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter, entah itu jenis, dosis, penggunaan, dan periode penggunaannya.

Vitamin E

Selain untuk melindungi sel dari radikal bebas, Vitamin E juga dapat digunakan untuk menghilangkan korengan. Hal ini karena vitamin E dikenal untuk mempercepat waktu pemulihan, dan perawatan kulit, serta dapat menghilangkan bekas luka yang gelap.

Terapi laser

Cara lain untuk menghilangkan penyebab bekas luka adalah dengan menggunakan sinar laser. terapi laser mampu memecah pengendapan pigmen di bekas luka, tanpa menghilangkan lapisan kulit di atasnya. Namun, terapi laser mungkin akan dilakukan berulang-ulang untuk membuat koreng menghilang.

Suntikan kortikosteroid

Biasanya koreng dapat menyebabkan bekas luka yang sangat menonjol. Salah satu cara menghilangkan kulit bekas luka seperti ini adalah dengan suntikan kortikosteroid. Kortikosteroid disuntikkan langsung ke bekas luka untuk melembutkan dan mengempiskan bekas luka yang menonjol. Biasanya, suntikan kortikosteroid digunakan untuk menghilangkan bekas luka adalah hipertrofik dan keloid.

Namun, suntikan kortikosteroid tidak dilakukan hanya sekali. Dibutuhkan beberapa suntikkan secara berkala selama periode waktu yang cukup panjang untuk membuat bekas luka untuk kembali datar dengan kulit di sekitarnya.

Skin graft atau cangkok kulit

pencangkokan kulit (skin graft) juga efektif dalam menghilangkan jejak koreng jika terdapat pada daerah yang cukup luas, misalnya koreng yang disebabkan oleh luka bakar. Prosedur ini dilakukan dengan mengambil kulit yang sehat dari bagian lain dan kemudian ditransplantasikan ke daerah kulit bekas luka.

Menggunakan kosmetik kamuflase

Metode ini hanya menghilangkan koreng untuk sementara waktu dengan cara menyamarkan warna atau penampilan. Untuk menyembunyikan dan menyamarkan kerak bekas luka, Anda dapat menggunakan makeup, seperti foundation dan concealer.

Apapun langkah-langkah pengolahan koreng atau bekas luka yang anda pilih, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter anda. Banyak obat untuk menghilangkan koreng diluar sana, tetapi tidak semua aman untuk semua kondisi kulit. Semoga artikel ini bermanfaat

Posting Komentar untuk "6 Cara Menghilangkan Korengan Dengan Cepat"