Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Tanaman Porang Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya


7 Manfaat Tanaman Porang Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Porang atau Amorphophallus muelleri merupakan salah satu jenis tanaman yang menghasilkan umbi-umbian. Kebanyakan tanaman porang ini tumbuh di daerah tropis atau subtropis seperti di Indonesia. Porang kaya akan kandungan Konjac glucomannan atau KGMnya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Nah, bagi anda yang penasaran apa saja manfaat porang untuk kesehatan, berikut 7 manfaat tanaman porang untuk kesehatan

Mengobati sembelit

Salah satu manfaat tanaman porang adalah mengatasi sembelit. Hal ini didasari oleh beberapa hasil penelitian yang mengatakan bahwa kandungan serat pada porang cukup efektif dalam membantu melunakkan feses dan membuat pergerakan usus menjadi lancar. Hal ini diketahui dapat membantu mendorong feses untuk lebih mudah dikeluarkan.

Menjaga kadar kolesterol

Banyak orang yang menjaga makanannya hanya untuk menghindari kolesterol. Yaps, kolesterol yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain itu, kolesterol juga dihindari karena dapat meningkatkan berat badan. Nah, salah satu makanan yang cocok untuk orang-orang yang khawatir akan kolesterol yang berlebih adalah porang.  Beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan glucomannan yang ada pada porang cukup efektif dalam menjaga kadar kolesterol agar tetap ideal.   

Merawat kulit menjadi lebih sehat

Porang memiliki kandungan glucomannan yang dapat membantu untuk membuat kulit lebih baik. Tanaman ini memiliki potensi untuk menghilangkan jerawat sekaligus merawat kulit secara menyeluruh. Hanya saja, walaupun sudah ada penelitian mengenai hal ini, tapi mereka mengklaim bahwa mereka memerlukan studi yang lebih lanjut agar manfaat ini lebih akurat.

Menjaga berat badan

Kandungan serat yang terdapat pada tanaman porang memiliki efek yang cukup baik dalam menjaga berat badan. Hal tersebut mampu membuat anda menjadi kenyang dalam jangka yang lebih lama, dan ini membuat waktu makan anda dapat di tekan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa suplemen yang mengandung glucomannan mampu membakar 1200 kalori, dan pada tanaman porang memiliki kandungan glucomannan yang juga efektif untuk membakar kalori.

Mengatasi dan mencegah diabetes

Mengkonsumsi porang dapat membuat kita terhindar dari diare. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa peneliti bahwa dengan mengkonsumsi porang dengan tambahan american gingseng dapat membantu anda untuk mengontrol kadar gula darah didalam tubuh. Selain itu, serat dari porang dapat membuat anda mengontrol frekuensi makan anda sehingga gula darah tetap stabil.  

Mencegah kanker

Porang dapat dijadikan sebagai salah satu makanan yang dapat mencegah kanker, khususnya kanker usus. Kandungan serat yang terdapat pada porang dapat merawat dan menjaga kesehatan usus atau sistem pencernaan dari berbagai jenis penyakit.

Mempercepat penyembuhan luka

Glucomannan yang terkandung dalam porang terbukti membantu mempercepat prosess penyembuhan luka. Itu karena Glucomannan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih optimal.

Efek samping porang

Mengonsumsi porang dengan berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Beberapa efek samping dalam mengkonsumsi porang adalah
  • Diare 
  • Sakit perut, dan mual 
  • Perut kembung
Jika anda mengkonsumsi porang dan mengalami hal diatas, segera kunjungi dokter untuk dilakukan penelitian yang lebih lanjut.

Itulah 7 manfaat tanaman porang untuk kesehatan dan efek sampingnya. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Tanaman Porang Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya "