Manfaat Tanaman Lidah Mertua Untuk Lingkungan Dan Cara Merawatnya


Manfaat Tanaman Lidah Mertua Untuk Lingkungan Dan Cara Merawatnya


Tanaman lidah mertua atau Sanseviera adalah tanaman hias yang sangat populer disimpan di dalam rumah karena bentuk yang elegan dan kemudahan dalam merawat tanaman ini yang tergolong mudah dan simpel. Bahkan, tanaman ini dapat tumbuh dengan kondisi dengan cahaya matahari dan air yang minim. Namun, dibalik bentuknya yang elegan dan kepopulerannya dalam perawatan, ternyata tanaman ini memiliki cukup banyak manfaat untuk lingkungan, dan ruangan. Nah, berikut manfaat tanaman lidah mertua untuk lingkungan.

Dapat menyerap berbagai jenis polutan udara

Saat ini polutan menjadi salah satu masalah yang timbul di masyarakat, seperti asap rokok yang berlebihan, atau asap kendaraan yang dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru, dan berpotensi menimbulkan penyakit pernapasan lainnya. Tanaman lidah mertua dapat dimanfaatkan sebagai tanaman yang menyerap polutan tersebut. Tanaman ini mampu menyerap 107 jenis polutan yang ada di udara. Tanaman ini memiliki zat pregnane glycoside yang dapat mengurangi zat beracun yang telah terurai seperti karbondioksida, kloroform, dan zat beracun lainnya.

Dapat menyegarkan kembali udara

Yaps, singkatnya, setelah menguraikan berbagai jenis poultan, atau zat berbahaya di udara, tanaman ini akan membuat udara menjadi segar. Selain itu, tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi sick building, atau keadaan ruangan yang tidak sehat. Jadi, tanaman ini sangat baik disimpan di tempat yang biasa digunakan sebagai tempat merokok, atau tempat yang udaranya tidak sedap.

Mengurangi radiasi gelombang elektromaghnetik yang dikeluarkan alat elektronik 

Selain menyerap polutan dan menyegarkan udara, tanaman ini juga mampu menyerap radiasi yang dikeluarkan alat ekeltronik seperti komputer, televisi, radio,handphone dan lainnya. Jadi, karena hal tersebut, sangat baik menyimpan tanaman ini di ruangan yang memiliki televisi, atau komputer.

Cara menanam tanaman lidah mertua

Jika kalian tertarik, sobat bisa mulai belajar menanam tanaman lidah mertua ini, caranya cukup mudah
  • Potong daun yang paling tua dan segar dengan ukuran 5 hingga 10 cm. 
  • Setelah memotong daun lidah mertua, oleskan nutrisi atau perangsang akar pada bagian yang dipotong tadi. Nutrisi atau perangsang akar yang bisa digunakan seperti growtone, fungisida, atau rootone F. 
  • Posisikan dengan tegak daun yang telah dipotong tadi pada pot yang sudah anda sediakan.
Cara merawat tanaman lidah mertua
  • Untuk perawatannya,dilakukan setelah 14 hari lidah mertua ditanam. Caranya juga cukup mudah dan simpel, yaitu
  • Semprot lidah mertua yang anda tanam menggunakan fungisida dan bakterisida tiap pekan
  • Usahakan dalam waktu 2 hari sekali meletakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari.
 Nah, itulah beberapa manfaat tanaman lidah Mertua untuk lingkungan dan cara merawatnya. Semoga artikel ini bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Tanaman Lidah Mertua Untuk Lingkungan Dan Cara Merawatnya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel