7 Manfaat Tanaman Sambung Nyawa Bagi Kesehatan Tubuh


7 Manfaat Tanaman Sambung Nyawa Bagi Kesehatan Tubuh

Daun sambung nyawa memiliki nama latin Gynura procumbens sangat mudah ditemukan di Indonesia, bahkan di Indonesia, daun ini dijadikan sebagai lalapan. Daun sambung nyawa berasal dari Afrika, tapi tidak jarang ditemukan di Jawa dan Sumatra. Tanaman Daun sambung nyawa sebenarnya memiliki sangat banyak manfaat khususnya untuk kesehatan. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan manfaat Daun sambung nyawa untuk kesehatan, berikut 7 manfaat tanaman sambung nyawa bagi kesehatan tubuh

Manfaat tanaman sambung nyawa untuk mencegah stroke

Strok merupakan keadaan dimana aliran darah ke otak terganggu, atau kurangnya pasokan darah didalam otak. Hal tersebut membuat jaringan yang terdapat dalam otak tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup. Daun dari tanaman sambung nyawa memiliki efek yang dapat memperlancar aliran darah dan juga memilki efek seperti antihipertensi dan juga kardiprotektif yang dapat melindungi jantung, agar jantung menjadi lebih baik dalam mengalirkan darah keseluruh tubuh, khususnya otak.

Manfaat tanaman sambung nyawa untuk mengontrol gula darah

Daun sambung nyawa sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan daun sambung nyawa memiliki efek antihiperglikemik yang mampu mengontrol tingginya gula darah.
karena hal tersebut, mengkonsumsi daun ini dapat membantu penderita diabetes.

Manfaat tanaman sambung nyawa sebagai antioksidan

Daun sambung nyawa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah radikal bebas yang ada didalam tubuh. Kandungan daun sambung nyawa yang dapat mencegah radikal bebas tersebut adalah tanin, falvanoid, steroid (triterpenoid), dan saponin. Selain itu, antiokdisan ini dipercaya dapat mencegah peradangan yang memicu stroke dan penyakit jantung lainnya.

Manfaat tanaman sambung nyawa untuk atasi hipertensi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa daun sambung nyawa memiliki efek untuk mengontrol hipertensi. Ekstrak yang terdapat pada daun tersebut dinilai dapat menstabilkan detak jantung dan berpotensi menjadi agen antihipertensi. Selain itu, daun ini juga memiliki efek diuretik, yang dapat menstabilkan natrium dalam tubuh yang menjadi penyebab hipertensi.

Manfaat tanaman sambung nyawa untuk mempercepat penyembuhan luka

Dalam pengobatan medis Thailand, tanaman ini sering digunakan dalam pengobatan peradangan. Hal ini juga dibuktikan dari beberapa penelitian yang menguji ekstrak etanol daun sambung nyawa pada hewan coba yang sedang terluka, dan menghasilkan proses penyembuhan yang lebih cepat.

Manfaat tanaman sambung nyawa untuk menjaga kesehatan otak

Antioksidan yang terkandung dalam daun sambung nyawa seperti saponin, flavanoid, tanin, dan juga terpenoid dapat membantu menjaga kesehatan otak. Flavanoid merupakan antioksidan yang dapat menurunkan resiko terjadinya kanker, asma, penyakit jantung, dan juga stroke. Selain itu, flavanoid juga diklaim dapat menjaga kesehatan otak. Selain itu saponin juga dapat menjadi antioksidan yang dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan organ hati, dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tanin yang memiliki fungsi mempercepat pembekuan darah, dan terpenoid yang berfungsi untuk mencegah penyakit seperti kanker.

Manfaat tanaman sambung nyawa untuk mencegah malaria

Daun sambung nyawa memiliki efek antimikroba. Efek tersebut dipercaya dapat melawan penyakit yang menjadi penyebab dari malaria yaitu Plasmodium berghei, dan Plasmodium falciparum.

Note : efek dari daun sambung nyawa ini tidak dijadikan sebagai pengganti obat-obatan medis. Manfaat tanaman ini hanya digunakan untuk mencegah atau membantu suplay nutrisi dan vitamin untuk tubuh anda untuk mengurangi efek dari penyakit yang disebutkan. Bagaimanapun, tetap berkonsultasi dengan dokter anda.

Nah, itulah 7 manfaat tanaman sambung nyawa bagi kesehatan tubuh, Semoga artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat Tanaman Sambung Nyawa Bagi Kesehatan Tubuh "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel