Skip to main content

Sering Pakai Baby Oil Untuk Wajah ? Ini Dia Manfaat Dan Efek Samping Baby Oil Untuk Wajah



Pedialoka - Penggunaan baby oil untuk bayi memang sudah menjadi hal yang umum, namun beberapa orang sering menggunakan baby oil sebagai pembersih wajah. Memang cukup banyak manfaat yang didapatkan jika menggunakan baby oil untuk wajah, akan tetapi, ada reisiko yang bisa terjadi jika menggunakan baby oil secara terus menerus. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat dan efek samping baby oil untuk wajah

Manfaat Baby Oil Untuk Wajah

1. Manfaat Baby Oil Sebagai Pembersih Make Up Wajah

Membersihkan make up pada wajah adalah hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, jika make up tidak dibersihkan itu akan menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti kulit kering, jerawat, atau dapat menyebabkan penuaan dini.

Nah, jika anda mulai kehabisan pembersih make up, anda bisa mencoba untuk menggunakan baby oil. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menuangkan baby oil ke kapas, dan mengoleskannya ke seluruh wajah. Ulangi tahap itu hingga tidak ada kotoran lagi yang tersisa menempel di kapas.

*Note : perlu diperhatikan bahwa menghapus make up dengan menggunakan baby oil setiap hari tidak di sarankan, karena itu dapat menimbulkan efefk samping.


2. Manfaat Baby Oil Sebagai Pelembab Kulit Wajah

Baby Oil dapat digunakan untuk melembabkan kulit wajah, bahkan baby oil juga dapat diaplikasikan di seluruh tubuh ketika anda sudah selesai mandi. Anda bisa menggunakan baby oil sebagai pelembab wajah dengan menjadikannya sebagai sleeping mask, atau membuat masket wajah dengan menambahkan campuran lain seperti lidah buaya. Masker tersebut dipercaya dapat membuat wajah menjadi lebih halus, lembab, dan bahkan membantu menghilangkan komedo.

3. Manfaat Baby Oil Sebagai Pelembap Untuk Bibir

Bibir kering dapat dihilangkan dengan meminum banyak air putih, namun anda juga dapat membuat bibir tetap lembab dengan menggunakan baby oil. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan baby oil sebagai masker bibir sebelum tidur. Efeknya bisa dirasakan pada pagi hari, hal tersebut akan membuat bibir anda menjadi lebih lembab dan tidak kering.

4. Manfaat Baby Oil Sebagai Pengganti Krim Cukur

Krim pencukur biasa digunakan untuk menghindari iritasi pada kulit. Nah salah satu kegunaan baby oil adalah dapat dijadikan sebagai krim pencukur. Caranya juga cukup mudah, cukup aplikasikan baby oil sebelum dan sesudan mencukur pada area yang akan/telah dicukur.

5. Manfaat Baby Oil Untuk Mengatasi Mata Panda dan Kantung Mata

Kurangnya tidur, dan juga akibat kelelahan dapat menimbulkan kantung mata, atau bahkan mata panda. Bagi mereka yang menjaga penampilannya, tentu saja hal tersebut cukup menganggu. Tapi jangan khawatir, dengan baby oil, anda dapat mengatasi masalah tersebut. Anda dapat mengoleskan beberapa tetes baby oil pada bagian bawah mata, dan memijatnya selama perlahan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan kapas/handuk bersih/ atau tisu.


 Efek Samping Baby Oil Untuk Wajah

1.  Efek samping Baby Oil Dalam Menyumbat Pori Wajah

Baby Oil memiliki kandungan minyak yang cukup banyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Bahan dari baby oil sering dikatakan sebagai comedogenic yang artinya produk tersebut dapar beresiko menyumbat pori. Karena hal tersebut, membersihkan wajah dengan menggunakan baby oil dapat berpotensi menimbulkan komedo, jerawat, serta pigmentasi wajah. Walaupun bisa digunakan sebagai pembersih wajah, glowing, dan lainnya, tapi anda perlu mempertimbangkan resiko yang bisa terjadi jika anda menggunakan baby oil sebagai pembersih wajah.

2. Efek samping Baby Oil Yang Dapat Membuat Kulit Menjadi Tebal Dan Kasar

Baby oil memang aman untuk kulit bayi, serta cukup baik digunakan untuk membersihkan sisa kosmetik pada wajah. Namun perlu diperhatikan bahwa baby oil memang aman untuk digunakan, namun bukan digunakan untuk kulit wajah. Resiko dari penggunaan baby oil pada kulit wajah adalah dapat mempertebal kulit wajah, dan memungkinkan membuat teksturnya menjadi kasar. Hal tersebut bisa terjadi ketika digunakan dalam waktu yang lama karena kandungan mineral baby oil tidak cocok untuk kulit wajah.

3. Efek samping Baby Oil Dapat Mengurangi Kelembaban Alami Kulit

Baby Oil memang memiliki kandungan mineral yang bermanfaat untuk melembabkan kulit untuk orang yang tinggal di daerah yang memiliki iklim dingin. Namun, untuk orang-orang yang tinggal di daerah tropis, menggunakan baby oil pada wajah justru berpotensi untuk mengurangi kelembapan pada kulit. Walaupun baby oil memiliiki fungsi sebagai pelembab, namun baby oil digolongkan sebagai pelembab oklusi, yaitu memiliki tekstur yang cenderung lengket, dan bisa menyebabkan kulit terasa panas.


4. Efek samping Baby Oil Dapat Membuat Iritasi Pada Kulit

Baby oil beresiko mengiritasi kulit wajah yang sensitif jika digunakan secara terus menerus. Iritasi tersebut akan diawali dengan rasa gatal, panas, kemerahan pada kulit, serta kulit yang menghitam.

5. Efek samping Baby Oil Dapat Menyebabkan Terjadinya Reaksi Alergi

Baby oil mengandung mineral dan pewangi didalamnya. Hal tersebut bisa menjadi penyebab reaksi alergi seperti gatal, ruam, kemerahan pada kulit, bengkak, mengelupas, dan lainnya. Karena hal tersebut, baby oil kurang baik digunakan sebagai bahan untuk melembabkan wajah. 


Baby Oil dapat digunakan sebagai pembersih wajah, namun efek sampingnya cukup banyak, sehingga menggunakan baby oil secara terus menerus pada wajah menjadi tidak ideal. Sebaiknya sobat memilih produk yang memang diformulasikan khusus untuk wajah anda, sehingga tidak perlu mengambil resiko. Nah, itulah manfaat dan efek samping baby oil untuk wajah, semoga bermanfaat.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar