Skip to main content

9 Khasiat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh


khasiat daun bidara untuk kesehatan tubuh

Pedialoka - Tanaman bidara atau widara adalah pohon kecil yang menghasilkan buat dan tumbuh di daerah yang kering. Bidara memiliki nama latin Ziziphus mauritiana, yang berasal dari kingdom plantae. Bidara ini umumnya tumbuh pada wilayah yang memiliki musim kering. Buah dari bidara ini berbentuk bulat dan memiliki rasa yang pahit.

Daun bidara memiliki begitu banyak kandungan seperti antiseptik, antibakteri, falvanoid glikemik rendah, bahkan vitamin E. berikut beberapa kandungan dari daun bidara
  • Flavanoid 
  • Phenolic 
  • Polisakarida 
  • Asam tritepenic 
  • Saponin
Karena kandungan tersebut daun bidara memiliki sangat banyak manfaat dalam bidang kesehatan.
Daun bidara memang sangat bermanfaat untuk tubuh, bahkan saat ini sudah cukup banyak obat herbal yang berasal dari tanaman ini. Kandungan daun bidara juga dipercaya dapat meningkatka kesehatan, bahkan cocok untuk vertigo. Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat dari daun bidara untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia adalah penyakit jantung. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Daun bidara memiliki manfaat yang dapat mencegah, dan mengatasi gangguan pada jantung, hampir sama dengan daun kelor. Anda bisa mengkonsumsi daun bidara ini dengan membuatnya menjadi jus bidara untuk menjaga kesehatan jantung anda.

2. Membantu menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebih tentu akan membuat banyak keresahan, selain itu berat badan yang berlebih juga dapat mengundang berbagai macam jenis penyakit. Karena hal tersebut, banyak orang yang ingin menurunkan berat badannya.


Daun bidara memiliki fungsi untuk menurunkan berat badan. Dikatakan bahwa daun bidara memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan sama halnya manfaat daun kenikir, dan daun kemangi dalam menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan itu dengan cara meminum air daun bidara yang direndam air bersih semalaman, atau bisa juga dijadikan teh.

3. Menjaga kesehatan kulit wajah

Salah satu manfaat daun bidara dalam kesehatan adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Manfaat daun bidara ini sangat baik untuk mengatasi jerawat. Selain itu, daun bidara juga memiliki fungsi yang baik dalam meremajakan kulit, dan melindungi kulit dari sinar UV. Anda bisa memanfaatkan daun bidara untuk kesehatan kulit wajah dengan menggunakannya sebagai masker.

4. Membuat tidur lebih lelap

Insomnia kadang begitu menganggu untuk sebagian orang. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun bidara. Dengan mengkonsumsi teh daun bidara, gangguan tidur seperti insomnia dapat diatas, selain itu teh daun bidara memberikan efek yang menenangkan yang bisa membuat tidur menjadi lebih lelap.

5. Menyembuhkan luka lebih cepat

Daun bidara memiliki kandungan antiinflamasi dan juga antibakter. Hal tersebut dapat membantu penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Anda dapat memanfaatkan daun bidara dengan cara menumbuk daun bidara, kemudian di oleskan pada luka pada bagian kulit. 


6. Mampu menurunkan gejala depresi

Zat yang terkandung dalam daun bidara dapat membantu merileskan saraf dan juga dapat memperlancar aliran darah. Hal ini dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh, dan menurunkan gejala depresi.

7. Meningkatkan nafsu makan

Kapsul daun bidara memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Daun bidara memiliki efek yang sama dengan daun pepaya jepang yang juga dapat meningkatkan nafsu makan.

8. Dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Daun bidara memiliki kandungan yang dapat meningkatkan antibodi. Daun bidara juga dapat dijadikan sumber nutrisi untuk meningkatkan metabolisme tubuh dalam menangkap radikal bebas.


9. Memperlancar haid pada wanita

Kandungan pada daun bidara dapat membantu menyeimbangkan hormon yang tidak teratur pada wanita yang sedang haid. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ekstrak daun bidara

Demikianlah ulasan dalam mengenal manfaat daun bidara untuk kesehatan.jika terdapat kekurangan dalam artikel ini, mohon untuk di luruskan dikolom komentar, nah sekian dulu dari kami, semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar