Skip to main content

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Merantau Untuk Kuliah


Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Merantau Untuk Kuliah

Pedialoka -Begitu banyak mahasiswa mencoba mendaftar di univesitas populer di luar daerah mereka. Hal ini tentu saja mereka lakukan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas untuk masa depan mereka. Karena hal tersebut, mereka tentu saja perlu merantau dan meninggalkan kampung halamannya.

Dalam perantaun, sobat perlu memperhatikan berbagai aspek, seperti finansial, kesehatan, dan lainnya. Pasalnya dalam perantauan, kita tentu jauh dari keluarga, dan bahkan ada kondisi dimana aspek tersebut akan menahan aktifitas kita. Karena hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama kita merantau, dan di rangkum dari berbagai sumber, ini beberapa hal yang perlu di perhatikan.

Mengatur keuangan

Jauh dari orang tua atau keluarga, dan tinggal di kos-kosan adalah hal yang umum dilakukan tiap perantau, khususnya mahasiswa/mahasiswi. Royal dalam penggunaan uang, atau managemen uang yang buruk akan membuat sobat lebih cepat kehabisan uang, dan membuat dompet sobat menipis. Tentunya itu adalah hal yang paling ingin dihindari untuk sobat yang akan melakukan perantauankan ?


Karena hal tersebut, sebaiknya sobat mulai melakukan managemen uang yang baik, dan mulai menghemat pengeluaran uang yang sobat miliki. Cobalah untuk membeli kebutuhan yang memang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, membuat tabungan untuk jangka panjang, dan memanfaatkan promo-promo atau diskon dari kebutuhan sobat akan sangat membantu dalam penghematan uang yang sobat miliki. Banyak cara untuk melakukan itu, dan tentu saja tiap orang memiliki cara yang berbeda.

Memperhatikan dan menjaga kesehatan 

Kesehatan tentu menjadi perhatian nomor satu, terlebih lagi jika jarak kos ke tempat keluarga itu cukup jauh. Meningkatkan daya tubuh bisa menjadi salah satu cara untuk membuat badan tetap bugar. Cobalah untuk mencari organisasi yang bergerak dalam bidang olahraga seperti basket atau hal lainnya. Olah raga yang teratur akan meningkatkan daya tahan tubuh sobat.

Selain itu, cobalah untuk memilih makanan yang sehat dan memiliki nutrisi dan vitamin yang lengkap. Pola makan yang teratur akan membuat kesehatan lebih baik. Istirahat yang cukup juga akan membuat badan tetap fit, dan tentu saja akan membuat otak lebih fresh.

Biasakan untuk mengatur waktu

Aktivitas di dunia kampus akan membuat waktu anda sangat cepat berlalu, terlebih lagi jika di tambah dengan aktivitas lain seperti kesibukkan pada organisasi, bekerja paruh waktu, olahraga, dan sebagainya.

Namun, sebagai mahasiswa/mahasiswi, itu merupakan salah satu tantangan. Cobalah untuk mengatur waktu yang kalian miliki seefisien mungkin. Lakukanlah hal-hal yang kalian rasa itu sangat penting. Mengutamakan yang wajib sebelum yang sekunder. Anggap saja sobat sedang latihan sebelum menjadi bos nanti di masa depan.


Beberapa manajemen waktu yang buruk adalah ketika sobat sangat sulit untuk mengatur jadwal sobat untuk mengerjakan tugas. Hal ini akan mempengaruhi beberapa aktivitas, seperti tidur tidak teratur, stres, bahkan bisa menganggu kesehatan sobat. Jadi, cobalah untuk mengatur waktu sebaik mungkin.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar