Skip to main content

8 Manfaat Latihan Bela Diri Dalam Kesehatan

8 Manfaat Latihan Bela Diri Dalam Kesehatan

8 Manfaat Latihan Bela Diri Dalam Kesehatan - Bela diri adalah salah satu seni yang memiliki banyak manfaat, mulai dari meingkatkan kebugaran fisik, hingga mampu meningkatkan mental. Hal yang perlu disadari bahwa bela diri sangat baik, dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari beberapa sumber, ini adalah beberapa manfaat dari bela diri dalam kesehatan:

1. Membuat Jantung menjadi lebih sehat

Latihan yang cukup keras sudah menjadi hal yang biasa dalam bela diri. Hal tersebut mampu membuat jantung memompa darah menjadi lebih cepat, dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan jantung, atau penyakit kardiovaskular. 


2. Ampuh untuk menurunkan berat badan

Seni bela diri dapat membakar hingga 500 kali jika sering dilakukan dan dibantu dengan pola makan yang teratur. Aktivitas fisik intensif dari berbagai gerakan yang dilakukan mampu mempercepat membakar kalori didalam tubuh.

3. Mampu mengontrol tekanan darah

Jika dilakukan secara rutin, dan intensif, seni bela diri dapat membuat jantung sehat, dan dapat mengontrol tekanan darah yang tinggi agar dapat kembali stabil.

4. Dapat menginkatkan refleks

Refleks yang sangat baik akan menjadi sangat berguna ketika kita belajar seni bela diri, bahkan dalam hal lainnya. Melakukan pengulangan gerakan yang biasa dilakukan pada seni bela diri dapat meningkatkan refleks dan juga reaksi yang lebih cepat.


5. Meningkatkan Fleksibilitas

Lemparan, tendangan yang tinggi, dan gerakan akrobatik membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Jika seorang yang sudah cukup mahir dalam seni bela diri, fleksibilitas dalam dirinya pasti sudah menigkat karena sering melakukan hal tersebut. Selain itu, meningkatnya fleksibilitas dapat mengurangi resiko cedera.

6. Dapat digunakan untuk membantu gaya hidup yang sehat

Dengan terbakarnya kalori dalam tubuh, gerakan bela diri juga dapat mengatur sinyal keinginan alami untuk makan dalam jumlah yang berlebihan.

Tentu saja sudah dibahas diatas bahwa seni bela diri mampu membakar banyak kalori. Hal ini akan membuat tubuh menjadi mudah lapar, maka dari itu, pilihlah makanan yang memiliki 4 sehat 5 sempurna.


7. Meningkatkan kekuatan otot

Berlatih bela diri secara teratur akan membuat metabolisme tubuh menjadi meningkat. Hal tersebut akan membuat massa otot bertambah. Selain itu, melakukan bela diri secara rutin juga dapat melenturkan otot yan daoat mencegah terjadinya nyeri, atau keseleo saat melakukan aktifitas lain.

8. Membuat stamina lebih terjaga

Berlatih bela diri sama saja seperti kita melakukan olah raga. Hal tersebut dapa membantu anda untuk meningkatkan stamina untuk menjadi lebih baik, dan prima.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar