Skip to main content

Bagi Yang Suka Bersepeda, Ini DIa 6 Manfaat Bersepeda Di Pagi Hari


Bagi Yang Suka Bersepeda, Ini DIa 6 Manfaat Bersepeda Di Pagi Hari


 6 Manfaat Bersepeda Di Pagi Hari - Melakukan ativitas seperti berolahraga tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Salah satu olahraga yang populer, dan sering dilakukan adalah bersepeda. Olahraga ini merupakan kegiatan yang sangat populer di luar negeri, khususnya di Inggris. Begitu banyak manfaat bersepeda bagi tubuh, khusunya bersepeda dipagi hari. Manfaat bersepeda di pagi hari seperti dapat mengurangi stres, hingga dapat menyehatkan jantung.

Nah, untuk membahas lebih lanjut, dikutip dari berbagai sumber,  ini lah 6 manfaat bersepeda di pagi hari:

1. Tidak berpotensi untuk mencederai sendi

Bersepeda tentu saja merupakan olahraga yang gemar dilakukan, dan sangat baik dilakukan pada pagi hari. Olahraga ini tentunya tidak akan mencederai sendi karena kita tidak menaruh beban pada kedua kaki, namun kita menaruh beban pada tulang pelvis yang biasa disebut ischial tuberosities.


2. Bersangkutan dengan aerobik

Kayuhan yang di lakukan pada pedal sepeda, bisa menjadi olahraga aerobik. Hal ini tentu angat baik untuk otak, jantung, pembuluh darah, serta dapat melepaskan endorfin yaitu hormon yang membuat mood menjadi lebih baik.

3. Dapat membentuk otot

Orang yang gemar bersepeda terkadang memiliki tubuh yang atletis. Tentu saja hal ini bisa terjadi, karena mengayuh sepeda akan merangsang otot gluteus yang ada pada bokong, gastrocnemius dan solues yang ada pada betis, serta quadriceps pada bagian paha. Tunggu, tidak hanya itu otot yang dirangsang, namun bersepeda juga dapat meningkatkan otot lain seperti otot lengan dan bahu, serta otot abdomen.

4.  Dapat membuat tulang menjadi lebih kuat

Ativitas yang dilakukan untuk mengayuh pedal pada sepeda akan menarik otot yang menempel pada tulang, kemudian hal tersebut akan menarik tulang yang dapat meningkatkan kepadatan, dan kekuatan tulang.

5. Dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan

Naik sepeda pada pagi hari tentu saja dapat membakar lemak, dan hal tersebut dapat menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan, naik sepeda dalam 1 jam akan membakar sekitar 500 kalori pada tubuh. Namun, naik sepeda di pagi hari tanpa sarapan akan membantu membakar lemak 20% lebih cepat dan efektif.

6. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Penelitian yang dilakukan oleh British Medical Association membuktikan bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung koroner sebesar 50%.

Nah, itulah 6 manfaat bersepeda di pagi hari. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar