Beberapa Komplikasi Penyakit Yang Dapat Disebabkan Diabetes


Beberapa Komplikasi Penyakit Yang Dapat Disebabkan Diabetes

Beberapa Komplikasi Penyakit Yang Dapat Disebabkan Diabetes  - Diabetes terkadang penyakit ini menimbulkan beberapa komplikasi penyakit lainnya. Diabetes , atau penyakit kencing manis merupakan suatu penyakit yang muncul akibat kadar gula didalam tubuh yang tinggi, serta keadaan dimana pangkreas tidak dapat menghasilkan hormoninsuln secara normal. Hormon Insulin ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur kadar gula darah yang ada di dalam tubuh.

Secara umum, Insulin berperan sebagai zat yang membantu glukosa yang ada didalam darah mampu masuk ke dalam sel untuk menjadi sumber energi untuk sel tersebut. Namun, karena penghasilan hormon insulin yang dihasilkan pankreas tidak maksimal, hal tersebut membuat banyak glukosa tidak masuk kedalam sel, dan tetap berada didalam darah, dan hal tersebut dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya diabetes.

Ada beberapa faktor resiko yang bisa terkena diabetes, seperti keturunan dan gaya hidup. Bebrapa faktor tersebut bisa berada pada pola hidup yang tidak sehat, seperti berat badan yang berlebihan, pola makan yang tidak sehat dan teratur, serta kurangnya olahraga.


Karena hal tersebut, kadar gula yang sulit dikontrol pada penderita dibabetes dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang berbahaya untuk tubuh. Dilansir dari data International Diabetes Federation atau IDF, mengatakan bahwa komplikasi yang bisa terjadi akibat diabetes adalah penyakit jantung, gangguan penglihatan, kerusakan pada ginjal, gangguan pada mulut, dan gangguan pada sistem saraf pusat.

Penyakit jantung diketahui menjadi salah satu penyebab distabilitas, dan kematian yang paling tinggi didunia. Pada penderita diabetes, resiko terkena penyakita jantung menjadi lebih tinggi, bahkan hingga 2 sampai 3 kali lipat.

Sedangkan untuk gangguan penglihatan pada penderita diabetes, itu terjadi karena kerusakan pembuluh darah dibagian retina yang diakibatkan kadar gula yang tidak terkontrol. Dalam hal ini, 1 dari 3 penderita diabates dapat mengalami gangguan penglihatan seperti pengelihatan yang kabur, hingga dapat menyebabkan kebutaan.

Penderita diabetes juga memiliki resiko mengalami kerusakan pada ginjal hingga 10 kali lebih tinggi, dan hal ini tentu saja berkaitan dengan kadar gula yang tinggi atau hipertensi.


Pada penderita diabetes, rentang terjadi gangguan sistem syaraf, seperti gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, dan fungsi seksual. Selain itu, gangguan yang paling banyak terjadi adalah sistem saraf pada kaki, dan hal ini dapat menimbulkan rasa keram, dan kebal pada bagian kaki, sehingga menyebabkan luka pada kaki tidak terasa. Hal ini sangat sulit diatasi, dan menyebabkan infeksi, sehingga penderita diabates yang terkena gangguan sistem ini melakukan amputasi pada kakinya.

Karena hal tersebut, sangat penting bagi mereka yang menderita diabetes untuk terus menjaga kadar gula dara, tekanan darah, serta kadar kolesterol darah mereka. Menjaga kadar gula darah dalam tubuh bisa dengan cara membatasi konsumsi gula, lemak,garam, mengatur pola hidup menjadi lebih baik, berolahraga, serta mengkonsumsi sayuran, dan buah.


Dari informasi yang beredar, dikatakan bahwa pengidap diabetes yang ada di indonesia selalu bertambah tiap tahunnya. Data IDF pada tahun 2017 memperlihatkan bahwa indonesia menduduki peringkat ke 6 dari jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia, yaitu dengan jumlah sekitar 10 juta orang.

Karena hal tersebut, kita hendaknya menjaga tubuh kita agar terhidar dari diabetes dan komplikasi yang bisa disebabkan dari penyakit tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Komplikasi Penyakit Yang Dapat Disebabkan Diabetes "

Posting Komentar