Skip to main content

6 Fatkor Yang Dapat Menyebabkan Ubanan Di Masa Muda

6 Fatkor Yang Dapat Menyebabkan Ubanan Di Masa Muda
 6 Fatkor Yang Dapat Menyebabkan Ubanan Di Masa Muda - Banyak orang yang mulai merasa menjadi tua ketika uban mulai muncul pada rambut mereka, dan untuk beberapa orang, hal ini tentu akan menimbulkan kepanikkan.

Banyak yang tidak mengetahui dari mana uban itu berasal, namun secara umum, rambut yang berwarna putih itu disebabkan karena sel berhenti memproduksi pigmen warna, hal tersebut membuat hidrogen perkosida alami terbentuk di rambut seperti zat krim bleaching.

Secara umum, warna rambut putih mulai terlihat ketika manusia berumur 30 tahunan, untuk orang kulit putih. Untuk orang Asia sendiri, rambut putih muncul di akhir tahun 30an, dan orang afrika dan amerika sekitar umum 40an. Tapi, untuk beberapa orang, rambut putih, atau uban muncul sebelum waktunya. Hal tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor. Berikut faktor yang dapat menyebabkan uban muncul sebelum waktunya.


1. Faktor Genetik

Dilansir dari cnnindonesia, menurut Medical News Today, berdasar laporan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, uban yang tumbuh pada usia muda, biasanya disebabkan karena kondisi genetik. Karena hal tersebut, walaupun belum berusia 30tahunan, sobat memiliki kemungkinan untuk memiliki uban dimasa muda.

Unsur lain yang memiliki peran penting dalam hal ini adalah ras dan etnis. Karena hal tersebut, orang kulit putih, asia, afrika, ataupun amerika, memiliki waktu yang berbeda-beda dalam penumbuhan uban ini.

2. Kebanyakan mikir, atau Stres

Sudah hal yang umum jika stress mampu menimbulkan suatu gejala penyakit, dan salah satu hal yang dapat timbul akibat stres adalah beruban sebelum waktunya. Menurut beberapa penelitian, sel yang bertanggung jawab yang mewarnai rabum bisa habis diakibatkan kondisi stres.

Namun, beberapa studi lain menyebutkan hal lain, yaitu stres memang memiliki peran dalam hal ini, namun itu hanya bagian yang sangat kecil.


3. Memiliki penyakit tertentu

Perubahan warna rambut sejak dini merupakan tanda bahwa hal tersebut bisa disebabkan penyakit yang lain. Seperti pada gangguan kelenjar tiroid, hal tersebut bisa membuat rambut beruban. Fungsi dari kelenjar tiroid tersebut menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme, siklus menstruasi, detak jantung, dan proses lainn yang ada didalam tubuh, termasuk produksi pigmen rambut.

Hal lain juga terjadi pada mereka yang mengalami gangguan autoimun, yang menimbulkan efek yang bisa menyebabkan rambut menjadi beruban. Tidak hanya itu, namun autoimun juga bisa menyebabkan warna kulit yang tidak merata, atau vitiligo.

4. Memiliki Kebiasaan merokok

Yah, ini sudah banyak bukti bahwa rokok dapat membuat kesehatan anda menurun. Bahkan, beberapa penelitian mengatakan bahwa perokok, emiliki resiko 2,5 kali lebih besar untuk beruban sebelum usia mereka 30an dibandingkan orang yang tidak merokok.

5. Efek bahan kimia pada produk rambut

Peggunaan produk rambut yang tidak begitu cocok dengan kulit kepala bisanya dapat menimbulkan rambut beruban. Hal tersebut bisa terjadi pada penggunaan kondisioner, sampo, cat rambut, dan lainnya. Hal tersebut juga biasanya terjadi karena kandungan dari produk tersebut mengandung bahan yang keras, sehinngga mengikit melanin pada rambut.


Kandungan hidrogen peroksida dalam cat rambut juga merupakan salah satu zat yang membuat rambut rusak lebih cepat. Penggunaan yang berlebihan tentu dapat menyebabkan uban pada rambut.

6. Kurangnya nutrisi

Nutrisi begitu penting dalam berbagai pekerjaan didalam tubuh,s alah satunnya adalah penghitaman pada rambut. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan munculnya uban, seperti kurangnya vitamin B12 yang bisa membuat kerontokan pada rambut, dan uban pada rambut. Selain itu, radikal bebas jga dapat menimbulkan oksidatif yang dat merusak sel. Karena hal tersebut, dibutuhtkan bayak nutrisi yang mengandung antioksidan yang dapt melawan radikal bebas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar