Skip to main content

Cara Mudah Menggunakan Fungsi Google Books Yang Jarang Diketahui



Cara Mudah Menggunakan Fungsi Google Books Yang Jarang Diketahui - Aplikasi Google books buatan google sudah sering kali kita lihat, terlebih lagi bagi mereka yang sering mencari buku gratis pada google.

Nah, sedikit perkenalan megnenai google books. Sesuai namanya,  google books memiliki fungsi dimana sobat dapat menggunakan aplikasi ini untuk membantu sobat menemukan buku yang sangat banyak dari berbagai genre yang ada di google.

Selain membaca buku, aplikasi ini juga memiliki fungsi lainnya lho guys. Nah, apa saja fungsi lainnya yang gak kalah penting, silahkan lanjut dibaca dibawah hehe.

1. Google books digunakan untuk membantu anda dalam membaca buku

Aplikasi ini tentu saja dapat membantu sobat untuk membaca buku,caranya adalah

- Download aplikasi google play books di play store, atau di tempat download yang sobat sering kunjungi, atau sobat bisa langsung mengunjungi situs play.google.com/books

- Cari buku yang sobat ingin baca, untuk lebih memudahkan langsung cari di bar search dengan langsung menuliskan judunya, kata kunci, atau ISBN.

- Namun, jika sobat ingin mencari dengan sesuatu yang lebih rindi, pilih opsi Advanced Search.

- Jika sobat telah menemukan buku yang ingin dibaca, klik buku tersebut, dan silahkan membaca buku yang sobat baca.


2. Google books digunakan untuk memudahkan mendownload buku yang di inginkan

Dengan menggunakan google books, anda bisa mendownload buku yang anda inginkan, agar anda bisa membacanya tanpa koneksi internet, dan dimanapun anda berada. Caranya cukup mudah,

- Login ke situs google books, dan sobat akan melihat halaman yang memiliki katalog buku, dan disebar di sisi kiri.

- Klik pilihan My Books, setelah itu sobat akan melihat daftar buku yang telah sobat simpan di “library” atau “perpustakaan”

- jika kosong, itu tandanya buku itu tidak gratis, dan sobat perlu membelinya. Tapi jangan khawatir, masih banyak buku gratig yang tersedia di google books yang bisa sobat download.

- Setelah memilih buku yang sobat inginkan, klik tiga titik vertikal yang berada di sebelah kanan bawah buku

- Setelah itu sobat bisa memilih buku tersebut mau di simpan dalam bentuk PDF atau EPUB, saya sarankan sih disimpan dalam bentuk PDF.

- Ketika terdownload, formatnya bukunya masih dalam bentuk ACSM, dan sobat perlu mengubahnya menjadi PDF, atau EPUB. Untuk mengubah formatnya, sobat bisa mengklik salah satu dari link di bawah sesuai format yang sobat download.



- Klik opsi Choose file, kemudian pilih file yang sobat akan rubah ke dalam format yang sobat inginkan. Setelah memilih file tersebut, klik convert file.
- Proses conversi akan memakan beberapa waktu , dan setelah selesai, buku sobat akan terdownload otomatis.


3. Google books bisa digunakan untuk menerjemahkan buku

Selain menyediakan buku untuk pembaca, google books juga bisa menerjemahkan buku yang berbahasa asing, ke bahasa indonesia, atau bahasa lain. Caranya cukup simpel,

- Pertama yang perlu sobat lakukan adalah memilih buku yang akan di terjemahkan

- Kemudian sorot, atau tandai bagian teks dari yang ingin sobat terjemahkan

- Setelah itu akan muncul menu pop up yang menawarkan sobat untuk menerjemah bagian yang disorot dengan simbol google translate.

- Hasil dari terjemahan akan muncul dibagian bawah. Namun, hal ini memiliki kekurangan, yaitu hanya bisa dilakukan dalam mode flowing text.

4. Cara Mudah Mengutip Buku yang ada pada google books

Mengutip buku sangat diperlukan bagi mereka yang mencari literatur atau sumber ilmu dari suatu buku ketika membuat suatu laporan, atau tugas yang diberikan sekolah, atau kampus. Nah, ada cara mudah untuk mengutip buku tersebut, caranya adalah 


Cari buku yang sobat inginkan, kemudian klik menu dan klik pilihan about books. Setelah itu, sobat perlu mencari bagian additional information, dan biasanya ada dibagian bawah. Nah, kalian bisa menemukan informasi pada buku tersebut disana, seprti ISBN, tahu terbit, penerbit, dan lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar