10 Manfaat Oncom Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

10 Manfaat Oncom Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

10 Manfaat Oncom - Oncom adalah salah satu makanan khas Indonesia dari Jawa Barat. Makanan ini dinyatakan siap untuk digunakan, setelah diubah menjadi beberapa bentuk makanan, ketika kapang telah menghasilkan spora. Makanan ini merupakan produk dari proses fermentasi kapang. makanan ini memiliki proses pembuatan yang mirip dengan tempe.
Berbicara tentang makanan, oncom biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tumis, pepes, cabai, keripik, kue dan olahan lainnya. Tapi,  makanan ini bisa dijadikan alternatif sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Proses fermentasi yang digunakan dalam pembuatannya dapat mengurangi struktur kimia dari bahan-bahannya menjadi senyawa yang lebih sederhana, sehingga akan lebih mudah dicerna dan digunakan oleh tubuh. Oncom juga memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin B1,  vitamin C, zat besi, lemak energi, protein, kalsium,  dan stimulasi, sehingga makanan ini sangat bermanfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari makanan oncom. Silahkan disimak :
  • Sumber nutrisi dan energi untuk tubuh
Nutrisi yang terkandung dalam Oncom juga bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan tubuh pada janin. Ini bisa menjadikannya sumber alternatif nutrisi dan juga sumber energi bagi tubuh. Selain itu, Oncom kaya akan nutrisi seperti protein dan karbohidrat, yang tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh.
  • Menambah sistem kekebalan tubuh
Mengkonsumsi oncom setiap hari dapat menyebabkan tubuh membentuk senyawa yang dapat melindungi organ tubuh terhadap serangan virus, jamur, kuman, bakteri dan pantogen yang dibawa oleh radikal bebas melalui  makanan , obat-obatan, cuaca dan kondisi cuaca.
  • Cegah perut menjadi kembung
Kapang dalam proses fermentasi dapat menghasilkan enzim alfa-galaktosidase yang mentransmisikan raffinode dan stachioose pada tingkat yang lebih rendah. Maka dengan proses ini tidak akan menimbulkan gas di perut sehingga bisa mencegah perut kembung.
  • Pertahankan sistem pencernaan
Oncom memiliki manfaat yang sangat baik dalam menjaga sistem pencernaan, karena rafinosa dan stakhiosa memainkan peran penting dalam gejala perut kembung yang terjadi ketika seseorang mengonsumsi kedelai atau kacang. Degradasi yang disebabkan oleh jamur selama proses fermentasi dapat menyebabkan penurunan cepat oligosakarida tertentu seperti stakhiosa, sukrosa dan rafinosa karena aktivitas enzim-galaktosidase yang dihasilkan oleh cetakan.

  • Menghilangkan produksi racun aflatoksin
Selama proses pembuatan Oncom, masalah sanitasi menjadi bagian dari cerita. Ini karena ia bertujuan untuk mencegah perkembangan jenis mikroba lain, seperti Aspergillus flavus, yang menghasilkan racun aflatoksin, yang dikenal sebagai pemicu risiko kanker.
  • Kurangi kolesterol
Makanan ini telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan feses ekskretoris. Ini karena para peneliti telah memeriksa efektivitas Oncom dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. mereka menggunakan tikus yang mengikuti diet bebas kolesterol. Kemudian, kandungan serat makanan ini dapat merangsang produksi rantai pendek asam lemak oleh mikroflora pada usus. Selain itu, makanan ini sangat kaya protein. ini sangat berpengaruh dalam mengurangi kolesterol yang disebabkan oleh efek pencegah isovlavon, pepsin, aglikon dan protein.
  • Mampu membersihkan darah
Kandungan retinol dan asam rerinoat oncom mampu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah di seluruh tubuh. Untuk mencegah munculnya radang jerawat dan bisul yang disebabkan oleh darah kotor. Kemudian, darah kotor cenderung disebabkan oleh kurangnya darah lancar yang mengalir normal ke semua jaringan tubuh.
  • Melindungi kesehatan hidung
Kandungan oncom mampu meningkatkan keadaan tubuh, selalu dalam kondisi sebaik mungkin, khususnya selaput lendir rongga hidung, sehingga tetap bisa menyaring oksigen yang mampu menghasilkan partikel kecil yang dihasilkan oleh radikal bebas.

  • Meningkatkan fungsi otak
Zat besi dan fosfor dapat membantu menjaga fungsi otak. Jika Anda dilatih dengan rajin dan mengonsumsi oncom, Anda dapat meningkatkan fungsi otak anda dengan maksimal.
  • Mencegah penyumbatan pembuluh darah
Oncom memiliki kandungan yang dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga Anda yang ingin menghindari penyumbatan pembuluh darah dapat mengkonsumsi oncom..

yaps, itulah 10 manfaat ocom untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi tentang oncom ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan tubuh. Terimakasih telah berkunjung

Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Oncom Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar