Manfaat Dan Bahaya Makan Durian Yang Perlu Diketahui Pecinta Durian


Manfaat Dan Bahaya Makan Durian Yang Perlu Diketahui Pecinta Durian
Siapa yang tidak kenal durian ? yah, durian merupakan buah yang cukup populer di indonesia. Buah durian merupakan buah yang tersebar luas diasia tenggara. Buah durian memiliki bentuk yang bulat dan memiliki kulit yang tebal dan berduri, selain itu buah ini memiliki aroma yang khas, dan cukup tajam.

Dalam 100 gram buah durian, mengandung 27 g karbohidrat, 1,5 g lemak protein, 4 g serat, 5 g lemak, Vit A 44 IU, Vit C 20 mg, magnesium 30 mg, dan kandunganlainya. Hal ini membuat buah durian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Nah, dilansir dari beberapa sumber, inilah beberapa manfaat dan bahaya dari memakan durian.

Manfaat Mengkonsumsi buah durian
  • Memiliki kandungan nutrisi yang melimpah
Buah durian mengandung banyak vitamin dan nutrisi, seperti Vitamin A, B, C, dan E. Kalsium, magnesium, serta mmiliki zat antioksidan yang dapan menangkal radikal bebas. Hal ini membuat durian sangat baik dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Dapat mencegah kanker
Vitamin dan mineral yang terkandung dari durian dapa membantu melindungi tubuh dari kanker. Hal ini dikarenakan antioksidan yang terkandung dalam buah durian dapat menghacurkan, dan melindungi sel agar tetap sehat.
  • Menurunkan kadar kolesterol
Kandungan serat yang terdapat pada buah durian terbukti dapat menurukan kolesterol, melancarkan peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.
  • Mampu melancarkan pencernaan
Kandungan sertat yang ada pada durian tidak hanya berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol, namun juga dapat melancarkan pencernaan. Serat membuat gerakan pada usus meningkat, dan membuat sisa makanan yang ada pada usus lebih mudah bergerak melalui saluran usus. Selain itu, serat juga merangsang sekresi penernaan dan lambung, dan menyebabkan proses pembuangan menjadi lancar.
  • Mengatasi disfungsi seksual
Beberapa penelitian mengatakan bahwa buah durian mampu meningkatkan stamina dan libido seks. Selain itu, buah ini juga mampu mengurangi infertilitas pada orang yangengonsumsinya, serta meningkatkan kualitas sperma.
  • Membuat Tulang tetap sehat
Magnesium, tembaga, potassium, dan mangan pada buah durian berperang penting dalam pertumbuhan. Kandunfan tersebut membuat efektivitas penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh.
  • Membuat kita lebih cepat tidur
Kandungan typrophan yang ada pada durian mampu membuat rasa ngantuk yang cukuo besar. Senyawa tersebut akan masuk ke otak dan diubah menjadi serotonin. Produksi serotonin yang banyak akan mendorong produksi melatonin, yang nantinya akan menimbulkan rasa ngantuk dan membuat tidur menjadi nyenyak.

Bahaya mengkonsumsi durian secara berlebihan

Dari penjelasan diatas, kita tahu bahwa durian memiliki begitu banyak fungsi, dan manfaat untuk kesahatan, namun mengkonsumsi durian secara berelbihan juga dapat menyebabkan dampak yang cukup berbahaya di dalam tubuh.

Durian mengandung alkohol seperti ethanol, methanol, dan berbagai senyawa lainnya. Hal ini dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu mengonsumsi durian juga cukup berbahaya bagi penderita diabetes, karena durian mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Selain itu, mengonsumsi durian secara berlebihan dapat meneybabkan perut menjadi kembuh, diare, bahkan muntah.

Berdasarkan informasi diatas, kita tahu bahwa durian memiliki begitu banyak manfaat, namun, kita juga perlu mengkondisikan bagaimana cara kita menyantap buah yang segar, dan enak tersebut. Selain itu jangan mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan karena itu tidak baik. Nah semoga informasi ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Dan Bahaya Makan Durian Yang Perlu Diketahui Pecinta Durian"

Posting Komentar