6 Manfaat Temulawak Menurut Dokter Dan Efek Sampingnya


Manfaat Temulawak Menurut Dokter

Pedialoka.com - Temulawak merupakan tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, dan tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan dasar obat-obatan terutama obat herbal untuk masalah kesehatan maupun kecantikan. Termulawak memiliki begitu banyak manfaat dalam bidang kesehatan, dan yang paling banyak dimanfaatkan adalah bagian dari akar dan batangnya.

Temulawak memiliki banyak manfaat dalam kesehatan, nah ini lah beberapa manfaat dalam bidang kesehatan.

1. Membantu dalam pengobatan kanker

Banyak penelitian mengenai temulawak karena memiliki potensi dalam pengobatan dan penghambatan pertumbuhan sel kanker. Ini dikarekakan temulawak memiliki kandungan zat aktif xantrizol kurkoumin. Berdasatkan data dari beberapa jurnal dan penelitian, xantrizol kurkoumin memiliki efek yang mampu mencegah sel kanker tumbuh didalam tubuh, bahkan dapat mematikan sel kanker.

2. Dapat membantu mengobati gangguan pencernaan

Temulawak dapat merangsang produk carian yang ada pada kantung empedu. Hal ini dapat membantu pencernaan dan metabolisme makanan yang masuk dalam tubuh. Bahkan, dari beberapa sumber, temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk perut kembung, melancarkan pencernaan, serta menambah nafsu makan.


3. Mencegah masuk angin

Mengkonsumsi temulawak tidak hanya membuat tubuh menjadi hangat, namun hal itu juga dapat membantu angi tidak masuk kedalam tubuh. Hal ini juga membantuk dalam mengurangi rasa mual, dan mulut yang terasa pahit.

4. Meningkatkan pertahanan tubuh

Kurkumin yang terkandung pada temulawak tidak hanya berfungsi untuk melindungi diri dari sel kanker, namun temulawak juga memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan pertahanan tubuh dari serangan penyakit.

5. Membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh

Temulawak juga memiliki kandungan Phelandren yang memiliki manfaat untuk mengeluarkan zat-zat yang bersifat toksin di dalam tubuh.

6. Mampu meningkatkan fungsi ginjal

Ketika manfaat temulawak dapat mengeluarkan zat toksin dari dalam tubuh, hal ini akan sangat baik bagi ginjan. Karena hal tersebut dapat menyaring racun dari darah, dan sisa dari metabolisme tubuh. Hal tersebut juga dibantu oleh kandungan minyak asiri dari temulawak. 


Efek samping temulawak

Meskipun sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari temulawak, namun mengkonsumsi temulawak dengan cara yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping seperti alergi ringan hingga butuh penanganan khusus. Hal ini terjadi pada orang-orang yang memiliki alergi terhadap zat yang terkandung dalam temulawat. Selain itu, mengkonsumsi temulawak secara berlebihan juga di khawatirkan akan menganggu janin pada wanita hamil, serta dalam memicu komplikasi lainnya. Jadi, konsumsi temulawak secukupnya, dan jika menggunakan obat herbal, konsultasikan pada dokter.

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "6 Manfaat Temulawak Menurut Dokter Dan Efek Sampingnya"

Posting Komentar