Skip to main content

8 Manfaat Garam Untuk Wajah Bopeng Dan Cara Menggunakannya


Manfaat Garam Untuk Wajah Bopeng
 
Pedialoka.com - Garam adalah mineral alami yang terbuat dari kristal natrium dan klorin. Dalam garam, mengandung 40% natrium dan 60% klorin. Garam memiliki warna yang transparan,dan tidak berbau. Garam mengandung banyak warna, seperti putih, abu-abu, merah muda, hitam dan coklat dikarenakan kotoran dalam mineralnya. Garam diperoleh dari dua metode, yaitu penguapan air laut dan garam dari penambangan bumi. Garam meja dan garam industri berasal dari penambangan, sedangkan garam halus diperoleh dengan penguapan dari air laut.

Nah, dilansir dari klinikkecantikan.co.id, inilah manfaat garam untuk wajah bopeng

Menghambat pembentukan komedo

komedo terbagi menjadi 2 macam, yaitu komedo yang berwarna hitam, dan yang berwarna putih.. Pembentukan komedo yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous, yang disebut sebum, kemudian dikombinasikan dengan kelebihan sel kulit di folikel kulit. Kombinasi keduanya akan menghambat folikel dan kemudian mengeras. Ketika titik-titik hitam ini keluar kemudian, ini akan menyebabkan wajah tertekan. Kandungan garam ini akan sangat berguna untuk mencegah munculnya bintik-bintik hitam dan putih pada wajah dan dengan demikian menghindari munculnya bekas luka.

Menghaluskan kulit kasar

Anda dapat menggunakan manfaat garam untuk kulit dengan memijat wajah berlubang secara teratur setidaknya dua kali seminggu. Kandungan magnesium pada garam akan mengatasi retensi air sambil mengembalikan tekstur kulit yang bopeng serta menghaluskan kulit.


Mampu Mengatasi jerawat

Jerawat adalah salah satu penyebab bopeng pada wajah. Mengurangi bopeng pada wajah bekas jerawat bisa dilakukan dengan kandungan sulfur dan kalium dalam garam. Hal itu akan membantu dalam proses sintesis oksigen sambil menjaga keseimbangan air pada kulit. Selain itu, kalsium dalam garam juga membersihkan pori-pori, menghilangkan kotoran dan racun dari kulit dan mungkin dapat mencegah jerawat.

Mampu bertindak sebagai agen detoksifikasi

Garam juga bertindak sebagai agen detoksifikasi alami yang menyerap racun dari kulit. Dengan cara ini, sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat sepenuhnya dihilangkan, memungkinkan sel-sel kulit baru untuk tumbuh dan menutup wajah-wajah mereka yang ditandai.

Tingkatkan produksi kolagen

Salah satu cara untuk secara alami menutupi bopeng pada kulit wajah adalah dengan meningkatkan produksi kolagen. Kandungan dalam garam ini dapat digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen

Memperbaiki tekstur kulit

Kalsium dalam garam berperan penting dalam mencegah retensi air sekaligus meningkatkan aliran darah ke wajah, dengan begituarea wajah menerima oksigen dan nutrisi yang cukup untuk mengembalikan tekstur kulit hingga kembali normal.

Meningkatkan Produksi Fibrin

Bopeng merupakan peradangan yang merusak jaringan kulit, produksi dan juga struktur kolagen pada jaringan yang terganggu. Gangguan ini nantinya membuat kolagen dan fibrin pada area wajah yang bopeng semakin berkurang penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung. Garam secara bisa membantu meningkatkan produksi fibrin pada wajah.


Pertahankan keseimbangan minyak alami

Dalam garam, kandungan superfat tinggi, sehingga lapisan rusak yang ada pada kulit dapat dikupas sambil memberikan nutrisi pada wajah, sehingga lapisan kulit baru mungkin tampak menutupi bopeng pada wajah.

Cara memanfaatkan garam untuk wajah bopeng

Dilansir dari tribunnews.com, inilah cara menggunakan garam untuk wajah.

  1. Ambil setengah sendok teh garam dan 1 cangkir air dan aduk. 
  2. Rebus air yang sudah dicampurkan garam  selama beberapa menit atau hampir mendidih. 
  3. Gunakan handuk atau lap lembut untuk mengoleskan rebusan air garam ke wajah. 
  4. Celupkan handuk atau kain ke dalam air asin dan remas ringan, lalu tutupi di wajah Anda. 
  5. Biarkan handuk menutupi wajah dan tunggu 10-15 menit. 
  6. Setelah selesai, bilas dengan air jernih dan lanjutkan pijatan wajah dengan air garam.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal, coba campur minyak zaitun dengan sisa air garam.

Kemudian perlahan pijat wajah Anda seolah-olah Anda sedang melakukan facial.

Gunakan rutin selama seminggu,

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar