6 Manfaat Timun Untuk Wajah Berminyak Dan Berjerawat

Manfaat Timun Untuk Wajah Berminyak Dan Berjerawat
Pedialoka.com - Sudah menjadi rahasia umum jika timun memiliki banyak manfaat, terutama dalam bidang kesehaatan. Namun, tahukah anda bahwa timun juga memiliki manfaat untuk wajah berminyak dan berjerawat ? Mentimun, atau Timun (Cucumis sativus L.) merupakan buah yang biasanya dijadikan sebagai penyegar, atau sayuran untuk beberapa jenis makanan.

Manfaat mentimun dalam bidang kesehatan sangat banyak. Mentimun sendiri memiliki sifat diuretik,, dan juga sangat bermanfaat untuk kulit. Timun memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan minera, selain itu, mentimun juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Vitamin dan mineral yang bisa terkandung dari mentimun adalah vitamin, A, B, C, magnesium, mangan, silika, asam askorbat, asam cafferic, dan masih sangat banyak lagi kandungan yang bisa didapakan dari timun.

Timun tidak hanya dimanfaatkan untuk kesehatan saja, namun juga untuk wajah berminyak, dan berjerawat. Nah inilah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika memanfaatkan timun untuk wajah.

1. Mengecilkan dan mengencangkan pori-pori pada wajah

Kandungan air yang sangat tinggi pada timun, dan juga sifat pendingin yang ada pada timun dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Hal ini akan membuat jerawat dan minyak pada wajah menjadi berkurang. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam timun dapat membuat wajah menjadi tampak lebih segar.


2. Membuat kulit tampak lebih muda dan bersih

Kulit yang tampak lebih muda, dan bersih menjadi dambaan tiap orang. Siapa sangka dengan memanfaatkan timun, kita bisa mendapatkan hal itu. Kandungan air yang banyak dari timun bisa melembutkan kulit, dan melindungi kulit dari kekeringan, dan kulit yang pecah. Selain itu, timun juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari infeksi lainnya.

3. Mengurangi bintik hitam pada wajah

Terkena sinar matahari secara langsung, dapat menyebabkan timbulnya bintik hitam pada wajah. Timun memiliki vitamin dan nutrisi yang cukup baik dalam mengatasi hal itu seperti vitamin A, vitamin B1,Vitaimin C, Biotin, dan potasium. Nutrisi tersebut mampu membuat wajah tampak lebih cerah dan mengurangi bintik hitam.

4. Meredakan bengkak pada kantung mata

Timun memiliki manfaat yang dapat meredakan kantung mata yang bengkak. Timun memiliki kandungan asam askorbat yang bisa mengurangi retensi air pada sekitaran mata, dan meredakan bengkak pada mata. 


5. Menghilangkan lingkaran hitam disekitaran mata

Banyak orang mengatakan bahwa penyebab lingkaran hitam pada mata disebabkan karena kurangnya tidur. Timun memiliki kandungan antioksidan dan silica yang dapat membuat lingkaran hitam pada kulit disekitaran mata berkurang, atau menghilang.

6. Membuat kulit menjadi lebih baik pada kulit wajah yang sensitif

Kulit wajah yang sangat mudah memerah mungkin hal yang cukup menganggu, terlebih lagi jika hal itu bisa membuatwajah menjadi infeksi, atau lebih mudah berjerawat. Namun, dengan memanfaatkan timun, anda bisa membuat hal itu menjadi lebih baik. Tentu saja kandungan vitamin dan mineral pada timun dapat membantuk melindungi kulit dari infeksi, dan jerawat serta melindungi kulit agar tidak cepat memerah.

Cara memanfaatkan timun untuk wajah

Ada sangat banyak cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan timun untuk kesehatan kulit, bahkan tubuh. Bahkan anda juga bisa membuatnya menjadi jus sesuai selera anda, atau bisa dijadikan masket. Namun, salah satu cara yang paling mudah, dan paling sering kita temukan adalah dengan cara mengiris timun dan mengpalikasikan potongan atau irisan timun itu ke wajah secara merata dan menunggu waktu 20 menit sebelum membasuhnya. 


Timun memiliki banyak sekali kandungan seperti penyegar, pelembab, serta nutrisi yang sangat baik untuk kulit, wajah. Timun juga sering dijadikan pelembab kulit wajah alami, sertai pendingin. Selain itu kandungan vitamin dan mineral dari timun juga membuat wajah menjadi tampak lebih muda. Nah semoga informasinya bermnafaat.

Belum ada Komentar untuk "6 Manfaat Timun Untuk Wajah Berminyak Dan Berjerawat"

Posting Komentar