Skip to main content

6 Manfaat Teh Hijau Yang Perlu Di Ketahui Oleh Penikmat Teh Hijau



Pedialoka.com - Teh merupakan minuman yang sering dikonsumsi di pagi hari atau di malam hari, entah itu di minum sebelum atau setelah makan, minuman ini adalah salah satu minuman favorite banyak orang, terutama orang Indonesia.

Ada begitu banyak jenis dari teh, dan salah satunya adalah Teh hijau. Teh hijau berasal dari spesies tanaman Camellia sinensis. Minuman ini dari Cina. Teh hijau dapat disajikan panas, atau dingin, dicampur dengan madu atau campuran lainnya. Tidak hanya enak untuk diminum, Teh hijau juga memiliki manfaat  berkat beragam nutrisi yang dikandungnya.

Teh hijau mengandung katekin, sejenis antioksidan yang efektif dalam menangkal radikal bebas dan mendorong perbaikan sel-sel yang rusak. Teh hijau juga memiliki kandungan lain seperti vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan kafein. Karena kandungan tersebut, teh hijau memiliki banyak manfaat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat teh hijau untuk tubuh.

  • Dapat menurunkan kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung

Banyak penelitian telah menyimpulkan bahwa antioksidan yang terkandung pada teh hijau cenderung efektif dalam mencegah penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah, terutama pada penyakit jantung koroner. Hasil dari penelitian lain menunjukkan bahwa polifenol pada teh hijau dapat menghambat penyerapan kolesterol dari usus sambil membantu menyingkirkannya.

  • Dapat membantu melawan sel kanker

Polifenol membantu membunuh sel kanker dan menghambat pertumbuhan, dan berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol teh hijau mengurangi pertumbuhan tumor.

  • Dapat membantu Mencegah diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

  • Dapat membuat tekanan darah menjadi lebih stabil

Walaupun masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut, namun satu studi menunjukkan bahwa mereka yang secara teratur mengonsumsi teh hijau tampaknya memiliki tingkat tekanan darah yang lebih rendah dan dikendalikan daripada mereka yang jarang mengonsumsi teh hijau.

  • Cegah penuaan

Teh hijau mengandung polifenol yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.
Tingkatkan metabolisme tubuh

Agar penurunan berat badan Anda berfungsi dengan baik, Anda harus memiliki sistem metabolisme yang baik. Dan Anda dapat mencapainya secara alami dengan bantuan teh hijau.

  • Meningkatkan fungsi otak

Bahan aktif dalam teh hijau adalah kafein, yang membantu dalam mendukung fungsi otak. Karena ketika kafein memasuki otak, kafein menghambat neurotransmitter penghambat yang disebut adenosin. Dengan cara ini, konsentrasi neuron dan neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin terjadi. Akibatnya, fungsi otak akan meningkat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar