Skip to main content

8 Manfaat Dan Bahaya Daun Kenikir Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui


Manfaat Dan Bahaya Daun Kenikir

Siapa  yang tidak tahu daun kenikir? Daun kenikir biasa digunakan dalam berbagai campuran makanan, seperti pecel. Daun kenikir merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh di tanah tropis. Daun kenikir berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah, tetapi mereka tumbuh liar dan mudah ditemukan di Florida dan juga menyebar di Indonesia. Nama ilmiah dari daun Kenikir adalah Cosmos Caudatus. Daun ini memiliki sangat banyak manfaat, dan setelah di lansir dari berbagai sumber, berikut manfaat dan bahaya daun kenikir.


Manfaat daun kenikir

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

Daun kenikir memiliki kandungan flavonoid, terpenoid, saponin dan antioksidan yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, dari kanker hati hingga kanker lambung. karena itu, dauni ini memiliki fungsi yang menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

2. Dapat mengobati maag

Daun kenikir memiliki kandungan tokoferol, polifenol dan hidroksiugenol yang cukup efektif dalam menetralkan asam lambung. Senyawa ini juga bisa mengobati sakit maag, yang biasanya dirasakan oleh penderita maag.

3. Membuat tulang lebih kuat

Bukan hanya susu yang dapat membuat tulang menjadi lebih kuat, namun kandungan mineral seperti magnesium dan kalsium yang terkandung dalam daun kenikir telah terbukti mampu meningkatkan fungsi tulang. Mengonsumsi daun kenikir secara teratur, daapt memperkuat fungsi tulang, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

4. Menghilangkan racun dalam darah

Mengonsumsi daun kenikir secara teratur dapat menghilangkan racun dari tubuh karena kandungan vitamin E dan flavonoidnya.

5. Dapat Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh

Kurangnya ketahanan tubuh, dapat menyebabkan penyakit seperti flu, radang atau batuk. Daun kenikir mengandung vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

6. Memperlancar sirkulasi darap pada jantung

Daun kenikir mengandung antioksidan dan flavonoid yang berperan dalam perbaikan sel-sel yang rusak. Flavonoid ini akan membantu dalam memperlancar sirkulasi darah dengan memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah.

7. Meningkatkan nafsu makan

Daun kenikir dapat digunakan sebagai penekan nafsu makan karena kenikir mengandung senyawa quercetin yang dapat meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak. Daun kenikir dapat diubah menjadi sayuran segar. Sekain itu, daun ini juga digunakan untuk meningkatkan nafsu makan setelah operasi tertentu, untuk mengembalikan stamina seseorang.

8. Mengatasi bau mulut

Daun kenikir mengandung alkohol konifer yang membunuh bakteri dan kuman yang berasal dari makanan. Senyawa mampu membersihkan area lidah dan air liur dari bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Bahaya Daun Kenikir
Daun kenikir dapat memberikan banyak manfaat, tetapi tentu saja ada bahayanya. Beberapa ahli medis tidak merekomendasikan suplemen herbal berdasarkan daun kenikir, karena dapat menyebabkan efek samping dan kurangnya badan pengawas yang menentukan tingkat keamanan dosis herbal dari daun ini. . Kebanyakan orang dapat menggunakan suplemen berbasis kenikir tanpa mengalami efek samping negatif, meskipun beberapa dari mereka memiliki gejala seperti gatal gatal, alergi ringan, mata berair, atau ruam.

Nah, itulah manfaat dan bahaya daun kenikir untuk kesehatan, semoga bermanfaat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar