Ketahui 12 Manfaat Yang Terkadung di Dalam Buah Plum


Ketahui 12 Manfaat Yang Terkadung di Dalam Buah Plum

Sebagian besar orang belum mengetahui apa itu buah plum. Bentuknya yang mirip seperti paduan apel dan anggur ini ternyata memiliki begiut banyak manfaat. Buah plum merupakan salah satu buah yang memiliki rasa yang cukup enak bila di konsumsi. Banyak yang mengonsumsi buat ini dalam bentuk segarnya, atau dalam bentuk keringnya. Buah Plum juga mengandung begitu banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Buah plum kaya akan vitamin A, , vitamin K, vitamin C, serat, dan nutrisi lainnya. Selain itu, Plum juga merupakan buah yang kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Namun, beberapa inforasi yang saya dapatkan mengatakan bahwa buah plum memang jarang ditemukan dan dikonsumsi di Indonesia karena merupakan salah satu buah yang perlu diimpor dari luar negeri. Data berikut merupakan nilai nutrisi per 100 g(3,5 oz) dari buah plum

Energi
192 kJ (46 kcal)
Karbohidrat
11.4 g
- Gula
9.9 g
- Serat pangan
1.4 g
Lemak
0.28 g
Protein
0.70 g
Vitamin A
345 IU
Vitamin C
9.5 mg (16%)
Fosfor
16 mg (2%)
Kalium
157 mg (3%)
#Sumber : Wikipedia

Nah, beberapa manfaat dari buah plum ini adalah :

1. Menjaga kesehatan pada jantung

Plum menjadi  sumber kalium dan elektrolit yang baik yang memiliki berbagai fungsi untuk  tubuh. Kalium merupakan mineral yang memiliki fungsi penting dalam  keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah. Karena hal tersebut, kalium dapat menjaga fungsi otot dan saraf yang mengendalikan jantung, sehingga hal itu membuat kesehatan jantung tetap terjaga. Selain itu, zat lain yang terkadnung dalam buah plum sepert antosianin juga dapat melindungi tubuh terhadap kanker dengan menteralisasikan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : 7 Fakta Dibalik Film Aquaman yang Harus Kamu Tahu

2. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah radikal bebas. Plum memiliki kandungan fitonutrien  yang disebut dengan asam chlorogenic dan neochlorogenic. Kedua zat ini tergolong sebagai fenol. Fenol merupakan jenis antioksidan yang terbukti ampuh menetralkan radikal bebas berbahaya didalam tubuh. Fenol juga terbukti membantu mencegah kerusakan oksigen pada lemak, sehingga zat ini sangat penting untuk mencegah radikal bebas pada lemak.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah plum sangat terkenal dengan manfaatnya dalam menjaga sistem pencernaan, atau memperlancar buang air besar. Serat yang terkandung didalam buah plum mampu memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangan, sehingga hal ini dapat mengurangi risiko kanker usus besar atau wasir.

4. Mencegah anemia

Anemia merupakan suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah pada tubuh lebih rendah dibnadingkan jumlah normal. Hal ini menyebabkan mudahnya merasa Lelah, sesak napas, pusing, atau sakit kepala.Plum merupakan sumber zat besi dan dapat membantu mencegah kekurangan zat besi pada tubuh.

5. Menurunkan kolesterol

Berbagai penelitian yang dilakukan dengan buah plum mengatakan bahwa buah plum dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung. Asam propionat yang dihasilkan oleh serat dari buah plum ini termasuk jenis serat yang tidak larut. Bukti medis selama ini melaporkan bahwa asam propionat memiliki sifat yang dapat menurunkan kolesterol.
6. Mengobati osteoporosis

Buah plum dipercaya memiliki potensi dalam mengobati osteoporosis. Buah plum kering merupakan sumber penting dari mineral boron, yang bisa membantu membangun tulang dan otot.

7. Menurunkan gula darah

Plum termasuk makanan yang memiliki kadar glukosa yang cukup rendah. Buah ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes.

8. Menurunkan resiko kanker usus besar

Seperti yang dijelaskan pada manfaat sebelumnya, bahwa buah plum memiliki khasiat sebagai antioksidan, dan juga memiliki kandungan serat yang cukup baik. Selain dapat memperlancar buang air besar, tentu hal itu dapat menurukan resiko terjadinya kanker pada usus besar.


9. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Manfaat buah plum lain yaitu dapat meingkatkan daya tahan tubuh.  Itu disebabkan karena buah plum ini mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh meningkatkan resistensi pada infeksi dari bakteri-bakteri jahat. Selain itu, buah plum juga kaya dengan vitamin dan mineral lainnya yang membantu mempertahankan sistem ketahanan tubuh. 

10. Menurunkan berat badan

Plum dapat membantu Anda mengatur berat badan. Padatnya serat pada buah plum ini lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan. 

Baca Juga :  5 Resep Cara Membuat Seblak Enak dan Sederhana

11. Meningkatkan ketajaman otak

Antioksidan  yang terkandung di dalam buah plum ini dapat mencegah terjadinya pikun karena membantu melawan radikal bebas yang merusak sel pada otak, sehingga kinerja otak meningkat. 

12. Mencegah influenza 

Buah plum mengandung molekul layaknya lectin, hal ini mampu membantu dalam menghambat infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. 


Efek samping dari buah plum

Mengonsumsi buah plum yang berlebihan tentu akan memiliki efek samping dan  menyebabkan perut kembung juga sembelit. Asupan serat berlebihan juga dapat menyebabkan diare. Bahaya lainnya seperti akrilamida, menambah berat badan, Menyebabkan perut kembung.


Belum ada Komentar untuk "Ketahui 12 Manfaat Yang Terkadung di Dalam Buah Plum "

Posting Komentar