Skip to main content

8 Manfaat Berkebun di Rumah


8 Manfaat Berkebun di Rumah

Menjaga kebun memiliki begitu banyak manfaat baik untuk pribadi, ataupun kesehatan. Saat ini, sangat sulit menemukan hal seperti itu. Memikirkan hal itu, kami rasa akan sangat menarik untuk membahas mengenai hal ini karena dapat menguntungkan anda dan keluarga anda.

Banyak orang yang berpikir bahwa, "saya tidak berkebun karena saya tidak memiliki halaman yang cukup." yah, dengan kemajuan teknologi dalam berkebun dalam ruangan, menjadi lebih mungkin dan lebih mudah bagi penghuni apartemen dan orang-orang dengan pekarangan beton untuk membangun kebun impian mereka. Yang anda butuhkan adalah beberapa ruang besar dengan sinar matahari yang cukup. 

Jadi, karena hal tersebut, inilah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dengan merawat kebun anda sendiri.

1. Menghemat uang

Ini adalah salah satu manfaat terbaik dari menghasilkan makanan anda sendiri. Jika anda memiliki ruang dan kemampuan untuk membuat perkebunan hidroponik, maka hal ini membuat anda dapat mengembangkan  makanan anda. Anda tidak akan lagi menghabiskan sejumlah uang pada buah-buahan dan sayuran-sayuran ketika anda berhasil dalam hal ini.

Apakah sobat penggemar produk organic ? Jika benar, maka hal ini tentu dapat menghemat biaya yang anda punya untuk makanan yang berasal dari produk-produk organic.

2. Menjadi lebih sehat

Makan makanan yang memiliki sayuran hijau telah terbukti menjadi cara terbaik untuk meingkatkan kesehatan anda. Jangan salah paham, kita semua suka ayam, ataupun buerger yang cepat siap saji, tetapi jika anda mengonsumsi makanan cepat saji setiap hari, maka itu tentu dapat menurunkan kesehatan anda.

Ketika anda memiliki sayuran, dan buah-buahan segar di dapur anda, maka kemungkinan besar anda akan memakannya karena anda tidak ingin hasil kerja anda sia-sia. Ini akan menciptakan pola makan baru untuk anda dan  itu akan membuat anda menjadi lebih sehat.

3. Mengurangi bahan makanan kimia

Anda tahu bahwa tidak akan ada pestisida pada buah dan sayuran anda kecuali anda memutuskan untuk menggunakannya sendiri. Sangat sedikit orang yang menanam tanamannnya sendiri menggunakan pestisida yang tidak alami, sehingga kemungkinan besar anda akan menghindarinya juga. Petani yang sadar akan kesehatan, akan menciptakan kebun yang bebas dari racun berbahaya. Tentu jika anda berkebun, kebun anda tidak akan berbeda.

Hal ini akan membuat kesehatan dan kesejahteraan anda menjadi sangat baik. Ketika kita membeli sayuran dari toko, mereka mungkin mengatakan bahwa mereka bebas dari pestisida dan racun berbahaya tetapi kita tahu pasti? Yah, kita tidak tahu pasti hal ini karena kami tidak hadir ketika sayuran ini ditanam, dipelihara, ditanam, dan dipanen. Menumbuhkan sayuran, dan buah-buahan anda sendiri adalah satu-satunya cara untuk benar-benar tahu betapa sehatnya produk anda.

4. Membantu kesuburan tanah 

Menciptakan kebun anda sendiri adalah cara yang bagus untuk membantu tanah kita tetap subur. Anda tidak hanya menambahkan lebih banyak dedaunan hijau, namun tentu saja itu akan menghasilkan oksigen yang segar yang kita butuhkan. Terlebih lagi jika anda menanam sambil menggunakan tumpukan kompos, anda akan terbebas dari pupuk kimia.

5. Meningkatkan kemampuan anda dalam berkebun

Menanam dalam ruangan tidak akan memberikan anda pengalaman yang sama dengan berkebun di luar ruangan tetapi itu tidak apa-apa. Jika anda memiliki kebun di luar ruangan, anda akan kagum dengan banyaknya pekerjaan  yang menyehatkan, dan betapa hebatnya perasaan anda ketika anda melakukannya. Tidak ada yang dapat mengalahkan perasaan saat meletakkan tangan anda ke tanah, membawa tanah dengan gerobak anda sendiri, dan berjemur di bawah sinar matahari saat anda mencabut rumput liar.

Tentu saja, ini mungkin tidak terdengar menyenangkan di atas kertas, tetapi ketika anda melakukannya, anda hampir tidak akan percaya bahwa ini dianggap berhasil. Bagian lain dari tubuh anda yang akan anda latih adalah pikiran anda. Jika anda baru berkebun maka penelitian yang akan anda lakukan, dan pembelajaran melalui trial dan error akan menjadi pekerjaan luar biasa untuk otak anda.


6. Menumbuhkan rasa optimis terhadap diri kita

Menumbuhkan kebun anda sendiri akan menjadi dorongan luar biasa bagi harga diri anda. Mengambil bibit dan menanamnya dengan cukup baik sehingga mereka mulai tumbuh. Kemudian memindahkannya ke kebun adalah tugas yang tidak cocok untuk semua orang. Begitu banyak orang membunuh tanaman mereka dengan menyiramnya atau tidak cukup air.

Jika anda mampu menghasilkan beberapa sayuran untuk dimakan, maka anda akan merasa bangga dengan pencapaian luar biasa ini, dan rasa optimis anda akan bertambah.

7. Menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga anda

Membuat kegiatan keluarga berkebun akan memiliki banyak manfaat bagi keluarga anda. Anda tidak hanya akan menghabiskan waktu bersama melainkan anak-anak anda akan belajar cara menumbuhkan tanaman mereka sendiri dari pengalaman. Pada saat mereka tumbuh, mereka mungkin akan mengikuti jejak untuk memiliki kebun sendiri.

Ada beberapa cara untuk membuat taman menyenangkan bagi anak-anak anda. Anda dapat menetapkan bagian halaman anda hanya untuk mereka dan biarkan anak-anak memutuskan apa yang ingin mereka kembangkan. Jika mereka lebih terlibat dengan peluang pembuatan keputusan, mereka akan menjadi lebih terinvestasi dan tertarik untuk mempertahankannya.

8. Membuat halaman anda / rumah tampak lebih baik

Bayangkan rumah anda memiliki tanaman yang tumbuh sepanjang tahun, tentu saja hal ini membuat halaman anda tampak lebih baik dari pandangan orang luar, dan tentu saja hal ini dapat menyegarkan oxygen di sekitar rumah anda.

Kesimpulan

Menumbuhkan makanan anda sendiri tidak memiliki kerugian kecuali anda menganggap kerja keras sebagai suatu kerugian. Kami sarankan untuk memulai dari yang kecil dan biarkan kebun anda tumbuh dari sana. Sebelum anda mengetahuinya, anda telah berhasil menghidupkan kebun yang sangat bermanfaat bagi anda, dan keluarga anda. Kedengarannya seperti situasi menguntungkan bagi kita.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar