Skip to main content

8 Fakta Yang Perlu di Ketahui Mengenai Bahaya Mengkonsumsi Alkohol


8 Fakta Yang Perlu di Ketahui Mengenai Bahaya Mengkonsumsi Alkohol

Bahaya obat-obatan merupakan bahaya yang selalu menjadi topik utama dalam setiap permasalahan yang terjadi terlebih lagi mengenai narkoba, dan sejenisnya. Tetapi alkohol berbeda. Banyak orang yang meminum minuman keras yang mengandung alkohol namun hal itu tidak di cekam seperti halnya obat-obatan terlarang, bahkan untuk beberapa tempat itu adalah hal yang normal dan sudah biasa. Nah, inilah 8 fakta yang perlu di ketahui mengenai bahaya mengkonsumsi alkohol
1. Alkohol itu mematikan 

Ketika anda memikirkan kematian penyalahgunaan zat atau obat-obatan terlarang, alkohol mungkin tidak ada di pikiran anda. Namun, tahukah anda bahwa keracunan alkohol adalah masalah yang besar, tetapi itu bukan satu-satunya penyebab kematian terkait alkohol. Pertimbangkan berapa banyak kecelakaan dalam berkendara yang anda lihat di berita. Ini membantu menghubungkan begitu banyak kematian setiap tahunnya.

2. Alkohol dikaitkan dengan kekerasan 

Jika memikirkan hal ini, mungkin tidak berlebihan untuk percaya bahwa alkohol dapat meningkatkan kemungkinan kekerasan. Anda tahu ini benar jika anda pernah melihat perkelahian di berbagai tempat karena pengaruh dari alkohol. Alkohol dikaitkan dengan banyak kasus penyerangan, termasuk siswa antara usia 18 dan 24 tahun. Jika sobat memiliki teman, atau orang terdekat yang mengkonsumsi alkohol, bicaralah pada mereka tentang bahaya dari alkohol. Orang tua juga memainkan peran penting dalam menjaga anak-anak aman dari kecanduan alkohol.


3. Alkoholisme mengendalikan hidup anda 

Jika seseorang telah kecanduan dalam meminum minuma beralkohol, maka hal itu akan sangat sulit untuk di hentikan . Pecandu alkohol mengalami gejala fisik yang buruk  dari ringan sampai berat, dan mereka akan mulai dengan berhayal, ketergantungan fisik, dan kehilangan kontrol. Hal itu membuat otak komsumen menginginkan alkohol setiap saat, dan hal ini menyebabkan orang tersebut menjadi kecanduan.

4. Alkohol lebih mematikan bagi remaja daripada obat apa pun 

Kita tidak dapat mengabaikan bahwa alkohol membunuh lebih banyak daripada obat-obatan terlarang. Bahkan, alkohol bertanggung jawab atas banyak kematian setiap tahun. Keracunan alkohol, kecelakaan mobil, dan penyalahgunaan adalah penyebab kematian yang sering dikaitkan dengan penyalahgunaan alkohol.

5. Alkohol memiliki bahan yang mirip dengan bensin

Bensin yang sama merupakan bahan bakar kendaraan yang mengandung etanol, dan etanol juga terkandung di dalam beberapa jenis minuman alkohol. Etanol bukanlah bahan utama dari bensin namun etanol merupakan 10 persen dari campuran dari bensin.  Jadi, bisa dikatakan bahwa itu sama saja seperti meminum bahan bakar kendaraan. Etanol adalah satu-satunya jenis alkohol yang dapat dikonsumsi dalam dosis kecil. Namun, tipe lain sangat beracun dan harus dihindari dengan segala cara. Sekitar 0,6 ons cairan etanol sama dengan satu minuman. Sebagai contoh, satu bir 12-ons pada alkohol 5 persen dan lima ons anggur pada alkohol 12 persen keduanya memiliki 0,6 ons cairan etanol.

6. Mengganggu kinerja pada otak 

Membanjiri jalur otak anda dengan dopamine, yang membuat anda menginginkan alkohol lebih banyak lagi. Tapi itu bukan satu-satunya cara zat ini mengubah otak anda. Minum alkohol dapat memiliki efek samping dapa membuat anda kehilangan ingatan, kebingungan, dan gangguan keterampilan motorik . Alkohol merupakan depresan yang bekerja pada sistem saraf pusat (ssp) yang memperlambat sel-sel saraf di otak. Hal ini menghasilkan cara bicara yang berubah, waktu reaksi yang melambat, pemikiran kabur, gangguan berpikir, dan melemahnya otot. Seberapa cepat ini terjadi tergantung pada berbagai faktor, termasuk umur, berat badan, dan jenis kelamin anda. Alkohol sangat berbahaya bagi remaja yang otaknya masih berkembang.


7. Alkohol merampas kenangan anda 

Orang yang penah mabuk karena alkohol pasti pernah merasakan kehilangan ingatan? Itu karena otak anda menjadi kelebihan beban dengan alkohol dan berhenti merekam kenangan baru. 

8. Wanita berisiko lebih besar 

Perempuan dan laki-laki memiliki memetabolisme alkohol yang berbeda karena berbagai alasan, termasuk hormon, rasio lemak otot, dan enzim yang berbeda. Hal ini menyebabkan memetabolisme alkohol pada wanita lebih lambat daripada pria , yang menempatkan wanita pada risiko yang lebih besar dari efek samping dan kecanduan.

Nah, itulah 8 fakta yang perlu di ketahui mengenai bahaya mengkonsumsi alkohol. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar