Ketahui 8 Cara Cepat Mengatasi Vertigo Secara Alami


Ketahui 8 Cara Cepat Mengatasi Vertigo Secara Alami

Vertigo merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat erat kaitannya dengan gangguan yang menyerang aliran darah ke otak dengan efek yang cukup menyakitkan. Efek yang di alami ini termasuk pusing, mual, muntah, lemah, dan lainnya. Ada banyak penyebab Vertigo dan banyak cara untuk mengobati vertigo. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu tentang penyakit ini.
Penyakit yang satu ini jelas akan mengganggu semua aktivitas harian Anda. Anda tidak dapat bekerja atau melakukan hal lain. Memang, korban vertigo biasanya menghabiskan sangat sedikit waktu di tempat tidur atau kurangnya tidur. 

Penyebab paling umum adalah terjadinya vertigo adalah:

Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). BPPV terjadi ketika partikel-partikel kalsium kecil (saluran) menumpuk di kanal pendengaran internal, yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal ke otak tentang pergerakan kepala dan tubuh yang berkaitan dengan gravitasi. Ini membantu Anda menjaga keseimbangan.

Penyakit Meniere. Ini adalah gangguan telinga bagian dalam yang disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan tekanan pada telinga. Ini dapat menyebabkan vertigo, tinnitus, dan gangguan pendengaran.

Neuritis vestibular / labirinitis. Masalah telinga bagian dalam ini biasanya dikaitkan dengan infeksi (biasanya karena virus). Infeksi ini menyebabkan radang telinga di sekitar saraf penting untuk membantu tubuh merasa seimbang.

Selain tiga penyebab paling umum yang disebutkan di atas, seseorang dengan vertigo dipengaruhi karena cedera kepala atau leher, masalah otak seperti stroke dan tumor, beberapa obat yang menyebabkan kerusakan pada telinga, serta migrain.


Gejala - gejala vertigo
  • Sakit kepala.
  • Pusing ketika kepala digerakkan
  • Perasaan muntah disertai mual yang parah.
  • Keringat dingin.
  • Reaksi mata yang kurang sensitif, sehingga jika terjadi gerakan tiba-tiba, kepala menjadi lebih pusing
  • Visi menjadi kabur dan semua objek terlihat ganda.
  • Gangguan pendengaran saat sakit kepala.
  • Nafsu makan menurun.
  • Tubuh lemas dan sulit beraktivitas.

Cara cepat mengatasi vertigo

Penderita vertigo harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara mengobati gejala vertigo. Dokter Anda akan mendiagnosis penyebab gejala vertigo Anda sehingga Anda dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengobati vertigo Anda. Selain itu, ada beberapa tips cepat untuk menghilangkan pusing yang bisa Anda terapkan di rumah, termasuk:

1. Cegah vertigo dengan minum cukup air

Minum air putih setiap hari adalah gaya hidup sehat yang harus Anda terapkan. Dalam satu hari, Anda harus minum setidaknya 8 gelas air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Seseorang yang minum kurang dari 8 gelas air sehari cenderung kehabisan cairan / elektrolit (dehidrasi) dan dapat memicu vertigo. Karena itu, minumlah air putih minimal 8 kali sehari untuk mengurangi risiko terjadinya pusing. Selain itu, Susu dan produk susu lainnya seperti yogurt sangat bermanfaat bagi penderita vertigo. Selain meningkatkan asupan gizi dan meningkatkan kesehatan, susu juga dapat membuat tubuh rileks. Sebelum tidur, minum segelas susu panas untuk membuat tidur Anda lebih nyaman.

2. Cegah vertigo dengan sarapan rutin

Sarapan sangat penting untuk memberikan asupan nutrisi dan energi sebelum tubuh memulai aktivitasnya di pagi hari. Ketika Anda tidak makan sarapan, kondisi tubuh Anda akan lelah, yang dapat memicu beberapa vertigo. Selain itu, Anda harus memperhatikan pola makan Anda siang dan malam. Idealnya, seseorang harus makan tiga kali sehari untuk mempertahankan asupan gizi mereka. Usahakan untuk makan tepat waktu dan jangan sampai terlambat. Selain itu, Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, seperti daging, ayam, dan kacang-kacangan, dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Makanan yang mengandung protein dan asam amino sangat berguna untuk menjaga dan meningkatkan fungsi sel saraf dan jaringan tubuh. Karena itu, makanan berprotein sangat dianjurkan untuk penderita vertigo.

3. Mencegah vertigo dengan mengurangi konsumsi kopi

Jika Anda suka kopi, batasi konsumsi kopi harian Anda. Kandungan kafein dari kopi dapat membuat Anda tetap terjaga dan ingin buang air kecil. Ini bisa membuat Anda semakin pusing. Selain itu, konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat merusak sistem metabolisme yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu, Anda harus membatasi konsumsi kopi hingga maksimal dua gelas per hari.

4. Cara mengobati vertigo dengan latihan terkonsentrasi & berolahraga

Cobalah untuk melihat benda di depan Anda ketika Anda merasakan gejala pusing. Jika Anda berada di luar, Anda dapat memperhatikan kendaraan yang melintas satu per satu. Berlatih mengamati objek selama lima menit untuk mengurangi risiko ketidaksadaran jika terjadi vertigo.

Gerakan ringan seperti menggerakkan kepala, persendian, dan mata Anda bisa menjadi latihan fisik bagi mereka yang menderita vertigo. Untuk meningkatkan kinerja mata, Anda dapat melatih gerakan mata Anda ke kiri dan ke kanan selama beberapa menit. Anda juga bisa melakukan yoga untuk melatih keseimbangan tubuh Anda. 

5. Cara mengobati vertigo dengan aromaterapi 

Anda dapat melakukan ini untuk meredakan vertigo dengan menghirup aromaterapi. Aroma terapi aroma jeruk dapat membantu meringankan mual dan pusing jika terjadi vertigo. Anda juga dapat menggunakan aromaterapi lain sesuai keinginan Anda, seperti minyak kayu putih, yang dapat meredakan ketegangan saraf dan memberikan efek relaksasi untuk mengurangi gejala pusing.

6. Cara mencegah vertigo dengan memperbaiki posisi tidur

Memperbaiki posisi tidur juga dapat mengurangi tingkat vertigo. Yang terbaik adalah meletakkan bantal Anda sedikit lebih tinggi ketika Anda tertidur di malam hari. Selain itu, ketika bangun tidur, bangunlah perlahan dan hindari gerakan tiba-tiba dari tubuh dan kepala. Duduklah selama 1-2 menit setelah bangun sebelum meninggalkan tempat tidur Anda.


7. Cara mencegah vertigo dengan menjaga kesehatan telinga

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyebab vertigo adalah karena gangguan pada telinga bagian dalam. Jika Anda menderita pusing, penting untuk menjaga kesehatan telinga Anda dengan membersihkannya setidaknya dua kali seminggu untuk mencegah kotoran menumpuk di telinga Anda.


8. Cara mencegah Vertigo dengan tidak menggunakan smartphone  gadget di dalam kendaraan

Akhirnya, hindari menggunakan gadget dalam kendaraan seperti bus, kereta api dan angkutan umum. Sebagian besar kendaraan umum menggunakan kursi penumpang yang tidak selaras dengan kursi pengemudi. Penumpang akan duduk di sisi mereka saat kendaraan bergerak. Menggunakan gadget di dalam kendaraan dengan posisi samping dapat membuat Anda pusing dan pusing.

Nah, itulah 8 cara cepat mengatasi vertigo, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui 8 Cara Cepat Mengatasi Vertigo Secara Alami"

Posting Komentar