5 Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Pengobatan Rumahan


 5 Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Pengobatan Rumahan

Gejala-gejala alergi pada mata seringkali kita rasakan termasuk rasa gatal, keluarnya cairan, mata merah dan bengkak. Nah, artikel kali ini membahas mengenai cara mengobati mata bengkak dengan pengobatan rumahan.

Tidak peduli kita sedang berada di mana atau sedang melakukan suatu atvitias, gejala alergi akan selalu muncul di setiap tahun. Terkadang aktivtitas yang kita lakukan memicu gejala alergi seperti batuk, bersin, hidung tersumbat dan mata bengkak. Alergi bisa membuat mata membengkak dan menjadi merah, gatal, berair dan menjadi sangat tidak nyaman.

Menurut beberapa peneliti, hal yang membuat mata menjadi bengkak adalah  kontak yang terjadi pada mata dengan alergen yang ada di udara. Alergen merupakan zat yang dapat menyebabkan alergi ketika digunakan, atau terjadi kontak sederhana atau dengan penyerapan.


Pada dasarnya, apa yang terjadi adalah ketika alergen mengenai mata anda adalah allergen akan larut dalam air mata anda, kemudian melakukan kontak dengan lapisan mata [konjungtiva], dan kemudian allergen akan bereaksi dengan antibodi yang terikat pada sel-sel di mata, sehingga antibodi ini menyebabkan tubuh melepaskan histamin yang menyebabkan bengkak pada mata.

Tips untuk meringankan mata bengkak 

Ingat, sebelum melakukan perawatan apapun, periksalah dengan dokter masalah mata pada diri sobat, karena ini menyangkut dengan mata sobat. 

Ini merupakan beberapa perawatan yang dapat di lakukan untuk mengobati mata bengkak anda 

1. Mencuci muka

Mencuci wajah merupakan salah satu hal pertama yang perlu seobat lakukan untuk mengobati mata yang gatal dan bengkak. Selain itu, mencuci muka juga bisa membantu membersihkan alergen yang menempel pada kulit dan bulu mata.

2. Membilas mata

Membilas mata dengan sedikit air, hal ini akan melonggarkan alergen dari bagian dalam mata anda dan membantu mengeluarkannya.

3. Kompres dengan es. 

Mengkompres dengan es di sekitar mata dapat membantu menghilangkan rasa gatal dan bengkak. Caranya rendam handuk atau kain bersih kedalam air dingin atau dinginkan kain basah, kemudian berbaring dengan mengkompres mata anda dan biarkan kesejukan mengurangi pembengkakan pada mata anda.


4. Cobalah tetes mata 

Cobalah membeli tetes mata yang dapat mengurangi alergi pada apotek. Hal ini tentu akan sangat berguna dalam mengurangi alergi yang terjadi pada mata.

5. Tetap di dalam ruangan. 

Salah satu penyebab terjadinya pembengkakan pada mata adalah kontak dengan udara yang kurang steril. Tetap berada di dalam ruangan akan membantu mengurangi kontak mata kita dari udara yang mengandung allergen yang dapat menyebabkan alergi pada mata.

Tetapi jika hal berikut terjadi, anda harus segera menghubungi dokter anda:
  • Merasa ada sesuatu yang menempel di mata
  • Sakit di mata
  • Pandangan yang kabur
Bahkan hal-hal yang dilakukan sendiri dan pengobatan rumahan tidak selalu merupakan pilihan yang baik. Jadi, jika sobat memiliki pembengkakan yang tidak hilang dalam beberapa hari bahkan setelah melakukan pengobatan itu maka sobat harus pergi ke dokter.

Nah, itulah informasi mengenai cara mengobati mata bengkak dengan pengobatan rumahan. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk " 5 Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Pengobatan Rumahan"

Posting Komentar