12 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Yang Perlu Kita Ketahui


12 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Yang Perlu Kita Ketahui

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ, halo sobat,  terimakasih karena telah berkunjung kembali pada situs kami.
Nah, Setelah membahas Manfaat buah naga pada postingan sebelumnya, saat ini kami akan membagikan informasi mengenai manfaat buah pisang yang juga tidak kalah manfaatnya dari buah lainnya. Kita tahu bahwa buah pisang tentu menjadi buah yang begitu banyak kita temukan pada setiap pulau yang ada di Indonesia. 

Pisang merupakan tumbuhan dari family Musaceae,. Pisang merupakan tumbuhan daerah tropis yang memiliki jenis berbeda-beda. pisang merupakan sumber pangan yang penting di Indonesia. Iklim tropis yang sesuai serta kondisi tanah membuat tanaman pisang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dilansir dari ilmupengetahuanumum.com, merupakan kandungan gizi buah Pisang setiap 100 gramnya (3,5oz).
Jenis Nutrisi / Gizi
Kandungan
AKG%
Kalori
89 kal
Karbohidrat
22,8g
Air
75%
Protein
1,1g
Gula
12,2g
Serat
2,6g
Lemak
0,3g
Vitamin A
3µg
0%
Vitamin C
8,7mg
10%
Vitamin D
0µg
Vitamin E
0,1mg
1%
Vitamin K
0,5µg
0%
Vitamin B1 (Thiamine)
0,03mg
3%
Vitamin B2 (Riboflavin)
0,07mg
6%
Vitamin B3 (Niacin)
0,67mg
4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
0,33mg
7%
Vitamin B6 (Pyridoxine)
0,37mg
28%
Vitamin B9 (Folat)
20µg
5%
Vitamin B12
0µg
Cholin
9,8mg
2%
Kalsium
5mg
1%
Zat Besi
0,26mg
3%
Magnesium
27mg
7%
Fosfor
22mg
3%
Potassium (Kalium)
358mg
8%
Sodium
1mg
0%
Seng (Zinc)
0,15mg
1%
Tembaga (Copper)
0,08mg
9%
Manganese
0,27mg
12%
Selenium
1µg
2%

Berdasarkan hal tersebut, berikut merupakan 12 manfaat pisang untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat

1. Mampu memperbaiki pencernaan 

Serat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh karena dapat serat membantu mengatur cepat atau lambatnya pencernaan, dan pisang mengandung serat. Hal ini mampu membuat sobat merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama, selain itu serat pada pisang dapat membantu mengatasi masalah sembelit. 

2. Meningkatkan kesehatan pada jantung

Selain memperbaiki pencernaan, serat juga mampu meningkatkan kesehatan pada jantung. Asupan serat pada buah pisang, dapat membuat sobat merasa lapar lebih lama, dan tentu ini bersangkutan dengan diet yang sehat. Selain itu, buah pisang juga kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sobat.

Baca Juga : 7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

3. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Kandungan kalium dan hampir terbebas dari sodium yang ada pada buah pisang membuat buah pisang memiliki efek yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, Pisang juga membantu menetralkan efek tekanan darah dengan meningkatkan natrium dalam makanan.

4. Mampu mencegah anemia 

Anemia merupakan keadaan dimana seseorang kekurangan sel darah merah, atau zat besi yang dapat merangsang reproduksi Hemoglobi di dalam tubuh. Nah, buah pisang memiliki kandungan yang kaya akan zat besinya, dan tentu ini dapat mencegah anemia.

5. Mencegah Maag

Manfaat serat pada buah pisang memang cukup banyak, salah satunya mencegah terjadinya maag. Mengkonsumsi pisang secara rutin dapat mencegah terjadinya maag. Buah pisang yang masuk kedalam sistem pencernaan, mampu melapisi dinding lambung sehingga  menetralkan asam yang ada di dalamnya, dan mencegah terjadinya luka pada lambung yang disebabkan oleh asam lambung.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Yah, saat ini sudah menjadi rahasia umum lagi jika pisang selalu dijadikan alat kecantikan. Banyak manfaat buah pisang didalam dunia kecantikan karena pada dasarnya buah pisang kaya akan vitamin dan mineralnya yang menjadikannya memiliki efek dalam menjaga kesehatan kulit, pengontrolan minyak pada wajah, pencegah jerawat, dan masih banyak lagi.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Kandunga potassium yang tinggi pada buah pisang, menyebabkan buah pisang memiliki efek yang mampu mengontrol tekanan darah pada tubuh menjadi normal, halini mampu mencegah terjadinya hipertensi. Potassium atau yang dikenal dengan ion kalium merupakan mineral penting yang untuk tubuh, terutama dalam pengontrolan tekanan darah.

8. Mencegah Kanker

Buah pisang memiliki kandungan senyawa TNF-a. Senyawa TNF-a  merupakan suatu komponen sel kekebalan tubuh yang mampu merangsang pembentukan sel darah putih dan sel kekebalan tubuh lainnya. Hal ini dapat membantu mencegah  terjadinya kanker yang biasa disebabkan oleh infeksi ataupun radikal bebas.


9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah pisang menjadi buah yang tepat untuk di jadikan salah satu menu untuk program diet. Pada dasarnya , buah pisang termasuk buah yang rendah kalori dan kaya akan  serat yang mampu mengurangi rasa lapar dalamjangka yang cukup lama.

10. Mencegah risiko terjadinya stroke

Mengonsumsi makanan yang tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke. Dalam hal ini, buah pisang memiliki kandungan kalium yang cukup besar, sehingga hal ini mampu meminimalisir terjadi risiko terjadinya stroke.

11. Menjaga Kesehatan Mata 

Buah Pisang juga mengandung yang kaya akan antioksidan dan Karotenoid yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Kandungan tersebut mampu membantun  mencegah terjadinya, Rabun senja, Katarak, dan Glaukoma.

12. Menurunkan Risiko Gangguan Ginjal 

Mengkonsumsi Kalium yang cukup, dapat menjaga kesehatan pada ginjal dan mencegah terjadinya gagal ginjal. Buah Pisang mengandung kandungan kalium yang dapat mengatur keseimbangan cairan pada tubuh sehingga menurukan resiko gangguan pada ginjal.

Nah, agar manfaat buah pisang ini lebih manjur, sebaiknya berdoa terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, karena sebaik apapun buah tersebut, itu tidak akan bermanfaat tanpa ridho dari Allah subhanahu wa ta'ala. sekian dari kami mengenai informasi 12 manfaat pisang untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "12 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Yang Perlu Kita Ketahui"

Posting Komentar