Skip to main content

10 Bahaya Vape Elektrik Yang Harus di Sadari Oleh Penggunanya



10 Bahaya Vape Elektrik Yang Harus di Sadari Oleh Penggunanya

Bahaya rokok tembakau yang mengancam kesehatan membuat orang berusaha untuk berhenti merokok dengan memilih alternative menggunakan vape atau rokok elektrik. Banyak yang berpikir bahwa vape lebih aman daripada rokok tembakau yang biasa di konsumsi.

Meski harganya jauh lebih tinggi daripada rokok tembakau, vapor ini sebenarnya tidak jauh dari bahan kimia berbahaya yang mengancam kesehatan tubuh dan pikiran. Diambil dari berbagai sumber, sobat akan menemukan 10 bahaya dari vape elektrik yang harus di sadari oleh pengguna vapor elektrik.

1. Mengganggu sistem kekebalan tubuh

Penelitian yang diterbitkan oleh University of North Carolina tentang kekebalan dan kemampuan sel-sel tubuh untuk melawan infeksi mengkonfirmasi bahwa perokok aktif dan pengguna uap memperlihatkan tanda  berkurang aktivitas  dari 594 gen yang diketahui mendukung sistem kekebalan dan melawan infeksi. Penemuan ini adalah bukti, bahwa senyawa yang ada dalam cairan vape yang bekerja untuk menciptakan uap memiliki efek yang dapat mengurangi sistem kekebalan pada tubuh.

2. Kandungan kimia di dalam vape menyebabkan masalah paru-paru yang serius atau di sebut bronchiolitis obliterans

Beberapa peneliti telah mengungkapkan bahwa pengguna vape beresiko dalam masalah paru-paru. Kandungan kimia dalam vape secara sistematis menghancurkan saluran udara terkecil di paru-paru. Satu-satunya cara untuk mengatasi penyakit ini adalah transplantasi paru-paru. 


3. Vape bisa meledak karena terlalu panas

Panas berlebih dari baterai lithium ion yang digunakan untuk memindahkan uap dapat menyebabkan ledakan. Ledakan ini berbahaya dan bisa membunuh. Sudah begitu banyak korban dari hal ini, dan bisa di cek di youtube, atau sosial media lainnya. 

4. Dapat menyebabkan kecanduan

Tes laboratorium mengungkapkan bahwa kandungan nikotin tidak sesuai dengan label kartrid isi ulang. Kartrid vape memang ditulisi label "bebas nikotin", namun, hal itu belum tentu benar-benar bebas nikotin, karena tes laboratorium mengatakan kandungan nikotin yang dapat menyebabkan kecanduan itu ada pada katrid isi ulangnya.

5. Dapat menyebabkan keracunan pada anak-anak

Cairan Vape mengandung bahan-bahan yang cukup berbahaya untuk anak-anak. Efek samping dari nikotin cari dapat menyebabkan otot berkedut, detak jantung, muntah, berkeringat, dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

6. Kandungan logam asap vape lebih tinggi daripada asap rokok tradisional

Satu penelitian menemukan bahwa zat besi seperti yang ada pada rokok elektrik atua vape,  sama atau bahkan lebih besar daripada asap rokok tradisional. Partikel-partikel ini dapat merusak sistem pernapasan, dan pertumbuhan sel yang tidak normal.


7. Bahan vape mengandung formalin

Formaldehida adalah bahan yang digunakan untuk, melapisi produk kertas, membuat lem dan bahan bangunan, bahkan yang paling terkenal, formalin selalu digunakan sebagai pengawet di lab kamar mayat dan obat-obatan. Seorang profesor kimia Portland State University, menemukan formaldehid dalam cairan vape. 

8. Risiko terkena pneumonia lipoid

Pneumonia Lipoid (LP) adalah keadaan yang dicirikan oleh aspirasi seperti  lemak dan bahan berminyak ke dalam paru-paru. Kasus ini disebabkan oleh reaksi peradangan terhadap keberadaan lipid di paru-paru atau penumpukan lemak di jaringan paru. Hal ini terkait dengan minyak berbasis gliserin yang ditemukan di dalam vape. 


9. Menyebabkan penyakit jantung

Zat nikotin dalam vaporizer masih bisa menyebabkan gangguan pada arteri, Meski tidak sebanyak rokok tembakau. Peristiwa ini dapat mempengaruhi kerja jantung dan meningkatkan risiko penyakit jantung.


10. Dapat menyebabkan kanker

Zat-zat kimia yang terkadung di dalam cairan vape seperti Nikotin cair, propilen glikol, gliserin, dan dieterglikol menghasilkan zat nitrosamine jika dipanaskan. Nitrosamine merupakan salah satu senyawa karsinogenik yang dapat menyebabkan sel normal berubah menjadi sel kanker.

Nah, itulah informasi yang dapat kami berikan. Ini merupakan dampak bahaya yang dapat di sebabkan oleh vape dan cairannya. Percaya atau tidak, kami hanya menyampaikan. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar