7 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Sama Sekali

Anak Tidak Mau Makan Sama Sekali

Menghadapi anak susah makan juga bakal membuat Bunda frustasi. Tentunya perihal ini akan membuat Bunda bingung untuk pilih menu makanan supaya konsumsi gizi si kecil masih tercukupi.

Tentu Anda terasa kesal waktu buah hati Anda sulit makan sebab beberapa fakta. Anda pun mungkin terasa cemas bila perihal ini berlangsung dengan terus-terusan. Jangan pernah nafsu makan anak yang rendah ini mengakibatkan tumbuh kembangnya terganggu.

Lantas, apakah yang perlu Anda kerjakan untuk bikin nafsu makan anak makin bertambah? Baca penjelasannya

1. Berikan contoh

Tiap-tiap anak pada intinya akan mencontoh apakah yang orangtua kerjakan, termasuk juga masalah pilih makanan.

Jika ingin si kecil makan sayur, tentunya ini pula mesti Bunda kerjakan. Temani si kecil nikmati makanan bergizinya sekalian terangkan mengapa hal itu baik untuk tubuhnya.

Baca Juga : 15 Rekomendasi Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Beri contoh yang dapat diteladani si kecil, seperti makan wortel, brokoli atau sayuran yang lain di piring Bunda. Tentu si kecil ikut juga menirunya.

2. Jauhi memperbandingkan si kecil dengan anak lainnya

Janganlah sangat susah waktu lihat anak lainnya makan dengan lahap, sedang si kecil malah demikian sebaliknya.

Diluar itu acuhkan juga komentar orang yang menyentuh mengapa anak Bunda tampak kurus. Jauhi untuk berfikir jika ini ialah sebab skema makan si kecil yang salah.

Jika Bunda meyakini anak sehat serta tumbuh kembangnya masih baik, acuhkan saja komentar beberapa orang di seputar.

Karena tiap-tiap anak miliki fisik yang berlainan. Bisa jadi si kecil tampak kurus, tetapi dia masih sehat serta tidak mudah sakit. Sepakat?

3. Janganlah memerintahnya makan

Sejumlah besar anak juga bakal lakukan perihal yang berkebalikan dengan apakah yang diminta oleh orang tuanya. Begitupun waktu Bunda memerintah si kecil untuk makan.

Bisa jadi dia malah malas untuk makan seperti yang Bunda perintahkan. Untuk menanganinya, coba deh memakai strategi dengan melarangnya nikmati masakan Bunda.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Mengajarkan Tentang Uang Kepada Anak

Lebih ekstremnya kembali, Bunda dapat juga memerintah si kecil untuk tidak makan benar-benar.

Tentu Bunda akan kagum dengan apakah yang berlangsung setelah itu. Si kecil akan meminta makan sendiri waktu Bunda melarangnya untuk makan. Dicoba yuk, Bun!

4. Bunda mesti lebih sabar

Memang tidak gampang untuk melawan si kecil yang pemilih masalah makanan. Tetapi semestinya Bunda mesti lebih sabar dalam melawannya.

Semestinya Bunda ikut jauhi untuk memaksa si kecil mengonsumsi menu yang tidak disukainya. Karena efeknya malah akan makin jelek.

Memang perihal ini akan susah dikerjakan di awalnya. Tetapi coba berikan pemahaman pada si kecil mengapa dia mesti konsumsi makanan yang Bunda masak.

Jalaskan juga dengna sabar agar si kecil tidak sangat rewel. Selamat mencobanya ya, Bun!

5. Buat catatan apa yang dikonsumsi si kecil sepanjang hari

Langkah melawan anak sulit makan yang lainnya ialah membuat cararan mengenai apa yang dikonsumsi si kecil dalam satu hari.

Bunda dapat menanyakannya pada kebanyakan orang yang didapati si kecil. Apa pun yang masuk dalam perut anak termasuk juga cemilan, dapat Bunda masukan ke rincian catatan.

Dengan membuat catatan, Bunda dapat tahu pemicu si kecil malas untuk konsumsi makanan berat yang telah disediakan. Dapat dicoba nih!

6. Siapkan cemilan tinggi kalori

Jika si kecil masih tetap malas konsumsi makanan berat seperti nasi, Bunda tidak butuh sangat cemas.

Pasalnya perihal ini dapat Bunda tangani dengan menyiapkan cemilan kaya kalori untuk si kecil supaya nutrisinya masih tercukupi. Perumpamaannya seperti roti selai kacang atau keju, type kacang-kacangan sampai buah.

Baca Juga : 7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Jadi Bunda tidak butuh sangat cemas jika si kecil belumlah makan nasi. Seandainya konsumsi kalorinya tercukupi, semua bukan permasalahan besar.

7. Buat kreasi menu berlainan sehari-hari

Anak-anak kadang gampang jemu jika mesti makan menu makanan yang sama sehari-harinya. Jadi tidak bingung jika dia sampai menampik untuk nikmati sajian yang Bunda sediakan.

Untuk menanganinya, Bunda dapat membuat kreasi menu unik dengan penyajian menarik supaya si kecil tertarik untuk mengkonsumsinya.

Yakinkan ikut untuk bikin makanan dengan bahan yang bergizi serta salah satunya ada yang si kecil senang. Dicoba yuk, Bun!

Nah, itulah beberapa tips buat anak yang susah makan. bunda sekarang tidak perlu kwatir lagi tentang masalah anak. Semoga Bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Sama Sekali"

Posting Komentar