Skip to main content

8 Cara Mengobati Insomnia Secara Alami

8 Cara Mengobati Insomnia Secara Alami

Tidur yang cukup, menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan kita, bahkan hal itu menjadi faktor penting agar manusia bisa menjadi fokus pada pekerjaannya, atau pada hal lainnya. Namun, ada sebagian orang yang tidak bisa tidur dengan nyenyak, atau mengalami masalah dengan tidurnya. Yah, hal itu dinamakan insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk terlelap maupun untuk tetap terlelap, meskipun Anda memiliki kesempatan itu.

Secara umum insomnia terbagi menjadi 2 bagian, yaitu :
  • Insomnia primer. Insomnia yang terjadi namun tidak di sebabkan oleh gangguan kesehatan.
  • Insomnia sekunder. Insomnia yang terjadi karena gangguan kesehatan.
Sedangkan berdasarkan lama waktu terjadinya dibedakan menjadi:

  • Insomnia akut. Insomnia yang terjadi dalam waktu yang relatif pendek karena disebabkan oleh sesuatu pikiran, atau hal lainnya. Insomnia akut ini umumnya terjadi selama satu malam hingga beberapa minggu.
  • Insomnia kronis. Insomnia dalam rentan waktu yang relatif panjang yang terjadi karena kondisi psikologi yang sedang tidak baik yang bisa bertahan tiga malam tiap minggu hingga beberapa bulan.
Perlu diketahui, kurangnya tidur pada manusia dapat menyebabkan mudahnya tubuh terserang penyakit, karena sistem pertahanan tubuh kita yang tidak stabil di sebabkan karena kurangnya istirahat. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, berikut 8 cara mengobati 8 cara mengobati insomnia secara alami insomnia secara alami :

1. Berdoa sebelum tidur

Berdoa sebelum tidur

Hal ini sudah tidak perlu di jelaskan lagi. Salah satu hal yang membuat pikiran dan hati kita tetap tenang adalah berdoa sebelum tidur. Hal itu tentu dapat meningkatkan rasa nyaman pada saat memejamkan kita mata.

2. Lakukan cek up kesehatan pada dokter

Lakukan cek up kesehatan pada dokter

Hal ini merupakan hal yang sangat penting ketika anda telah mengalami kesulitan dalam tidur. Melakukan cek up kesehatan di rumah sakit terdekat akan memberikan mu informasi yang penting untuk kondisi tubuhmu, bahkan dokter juga dapat memberikan tips, dan obat agar tidurmu menjadi lebih nyenyak dan jauh dari insomnia.

3. Tidur di waktu yang tepat

Tidur di waktu yang tepat

Beberapa orang selalu melakukan aktivitas dengan waktu yang berlebihan, hal itu menyebabkan jadwal istrirahat anda, atau waktu tidur yang dimiliki menjadi berkurang. Cobalah untuk tidur di waktu yang tepat, agar anda mendapatkan ritme jadwal tidur yang baik.

4. Menjauhi minuman yang mengandung kafein, dan alkohol

Menjauhi minuman yang mengandung kafein dan alkohol

Kopi, atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol menjadi teman yang menyenangkan ketika malam hari. Namun, tahukah anda bahwa hal itu membuat anda menjadi tidak bisa menjadi tidur ? cobalah untuk menghindari minuman seperti itu pada malam hari.

5. Berolah raga secara teratur.

Berolah raga secara teratur

Berolahraga secara teratur memiliki sangat banyak manfaat dalam kesehatan tubuh. Selain hal itu memicu anda menjadi Lelah, setelah berolahraga, anda mungkin akan mendapatkan kenyamanan yang cukup baik ketika tidur.

6. Melakukan refreshing pada otak

Melakukan refreshing pada otak

Membaca buku, atau mendengarkan suara-suara yang menenangkan tentu akan mengundang rasa ngantuk sebelum tidur. Cobalah melakukan ini sebelum tidur.


7. Mengkonsumsi makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi

Memakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin dan mineralnya secara teratur akan membuat badan anda menjadi lebih bugar, dan tentu hal itu akan membuat anda merasa lebih nyaman ketika tidur.


8. Mengubah pola hidup

Mengubah pola hidup

Terkadang orang-orang yang mengidap insomnia memiliki pola hidup yang buruh (tidak semuanya) seperti merokok, minuman beralkohol, fast food , dan sebagainya. Hal ini tentu saja dapat memperburuk kesehatan anda, dan bahkan membuat anda sulit dalam beristirahat. 

Nah, itulah 8 cara mengobati insomnia secara alami, semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar