8 Cara Ampuh Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

8 Cara Ampuh Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Ketika sariawan menyerang mulut anda, semua kegiatan yang bersangkutan dengan mulut terasa begitu berat untuk di lakukan. Mulai dari makan, minum, menggosok gigi, bahkan berbicara jadi terasa berat untuk di lakukan. Sariawan atau stomatitis aftosa merupakan  suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut baik itu disekitar gusi, lidah, atau di sekitarnya yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung, yang di sebabkan oleh luka pada bagian mulut,  faktor psikologi, , kondisi tubuh yang kurang sehat,  kekurangan vitamin c dan zat besi, kebersihan mulut yang tidak terjaga, dan sebagainya.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu kurang lebih 2 minggu. Namun, untuk mempercepat penyembuhannya, terkadang orang-orang menggunakan pengobatan alami. Nah, 8 cara menyembuhkan sariawan secara alami  adalah :

1. Air garam

Air garam dapat menyembuhkan sariawan. Itu karena garam mengandung yodium, dan unsur natrium chloride yang di masuk ke dalam golongan halogen. Hal itu membuat garam dapat garam membunuh bakteri pada mulut, mengisap kelembapan dengan proses osmosis,  mengurangi rasa sakit dan nyeri.

2. Kantong Teh Bekas

Terkadang, setelah meminum teh, kantong teh bekasnya lekas dibuang. Nah, jika anda terkena penyakit ini, mungkin kantong teh tersebut bisa di manfaatkan untuk mengobati sariawan. Setelah Anda selesai mencelupkan teh di cangkir Anda, dinginkan kantong tehnya bila masih panas, dan kompres pada sariawan Anda. Lakukan beberapa kali untuk mempercapi penyambuhan. Hal ini di sebabkan karena kantong teh mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan polifenol, dan kandungan ini dapat mencengah radikaln bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan pada kulit.


3. Madu

Sudah menjadi rahasia umum lagi jika madu merupakan salah satu produk alam yang memiliki begitu banyak fungsi karena kandungan yang ada di dalamnya begitu melimpah. Salah satu manfaat madu adalah mengobati sariawan. Sifat antiradang, antibakteri dan kemampuan dalam merangsang regenerasi jaringan yang dimiliki oleh madu menjadikannya sebagai asalah satu obat alami yang dapat mengobati sariawan.

4.  Es Batu

Es batu dapat mengurangi bengkak dan mengebaskan rasa sakit. Gunakan Es batu dengan air yang sudah di masak, atau baik untuk di konsumsi.

5. Menyikat Gigi

Terkadang menjaga kesehatan mulut itu menjadi faktor yang sangat penting untuk mengobati sariawan. Walaupun itu menimbulkan rasa yang cukup sakit, namun menyikat gigi merupakan cara yang sangat baik untuk membersihkan mulut kita, dan terhindari dari bakteri-bakteri. Selain itu, pasta gigi juga memiliki efek yang cukup baik untuk mengobati sariawan.


6. Mengurangi Mengkonsumsi Makanan Pedas atau Asam

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya sariawan adalah memakan makanan yang pedas dan asam. Makanan pedas berlebihan dapat meningkatkan panas tubuh Anda sedangkan untuk Makanan asam dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan kerusakan permukaan jaringan lunak tubuh.


7. Yogurt

Mmeminum yoghurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan. Yogurt mengandung probiotik alami yang berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan. 

8. Konsumsi buah dan sayuran

Mengonsumsi buah & sayuran yang tinggi dan kaya akan vitamin dan mineralnya akan membuat anda terhindar dari. Pemilihan sayur yang tepat juga dapat mencegah terjadinya sariawan serta membantu proses penyembuhan sariawan.

Nah, itulah 8 cara menyembuhkan sariawan secara alami . Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Ampuh Menyembuhkan Sariawan Secara Alami"

Posting Komentar