Skip to main content

15+ Tempat Wisata Anti-Mainstream di Bali untuk Backpacker

Wisata Anti Mainstream di Bali

Berbicara tentang wisata di Bali memang tanpa habisnya. Salah satunya pulau kebanggaan Indonesia ini mempunyai panorama begitu indah di darat ataupun wisata pantai yang mempunyai daya tarik sendiri buat beberapa wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.

Banyak orang bersama-sama hadir ke Bali buat nikmati deretan pantainya yang eksotis. Tetapi tahukah kalian jika Bali ngga selebar daun kelor? Ngga hanya ada pantai saja loh dari sana. Sangat banyak tourism attraction lainnya yang harus kalian datangi tidak hanya pantai. Nah berikut ini ada 15 tempat wisata anti mainstream di Bali yang wajib kamu kunjungi. Apakah saja sich? Baca tulisan dibawah yuk.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Pantai di Bali, yang Wajib Kamu Kunjungi!

15+ Tempat Wisata Anti-Mainstream di Bali untuk Backpacker yang Wajib Dikunjungi



Wisata anti mainstream di bali

1. Rafting di Sungai Telaga Waja

Tidak hanya Sungai Ayung, Bali juga miliki Sungai Telaga Waja menjadi spot untuk wisata rafting. Sungai ini condong disenangi oleh wisatawan asing, terpenting wisatawan dari Australia, Hong Kong, Sngapura serta Malaysia.Ini sebab Sungai Waja tawarkan trek jeram yang tambah lebih melawan dibanding rafting di Sungai Ayung. Ditambah lagi panorama di Sungai Telaga Waja masih tetap begitu alami, fresh serta bersih sebab lokasinya yang ada di pedesaan. Diluar itu, harga yang begitu dapat dijangkau untuk rafting di Sungai Telaga Waja juga membuat daya tarik sendiri buat wisatawan. Walau murah, pihak pengelola tidak mengabaikan kualitas service, perlengkapan dan keselamatan peserta rafting.

Tak perlu cemas, walau arus jeram di Sungai Telaga Waja condong ekstrim serta melawan, akan tetapi tiap-tiap perahu telah ada guide yang porfesional di bidangnya.Keamanan serta keselamatan penumpang masih yang diprioritaskan. Sehingg sebelum mulai rafting, umumnya guide akan memberi pengarahan mengenai sikap duduk yang benar, cara mendayung yang pas serta bagaimana cara selamatkan diri. Diluar itu, perlengkapan rafting yang dipakai peserta tentunya telah berstandar internasional.

2. Watersport di Tanjung Benoa

Tanjung Benoa adalah salah satunya wisata watersport yang begitu popular di Bali.Hampir semua wisatawan yang bertandang ke Bali tentu meluangkan untuk berkunjung ke Tanjung Benoa. Di tempat ini Anda akan temukan beberapa jenis watersport yang melawan adrenalin. Tempat wisata ini benar-benar sangat pas untuk pekerjaan wisata yang seru-seruan.Pantainya sangat tenang, hingga aman untuk kegiatan berolahraga air. Di Tanjung Benoa Anda dapat nikmati beberapa wahanan seperti Banana Boat, Fly Board, Seawalker, Jetski, Parasailing, Scuba Diving, Snorkeling, Glassbottom sekaligus juga kunjungan ke Pulau Penyu serta Ikan Terbang.

Tanjung Benoa Watersport sendiri ada di ujung Pulau Bali sisi tenggara serta dekat dengan lokasi Nusa Dua.Dari Bandara Ngurah Rai dapat ditempuh kurang lebih 20 menit.Wisata ini membuka dari mulai jam 8 pagi sampai 3 sore.Waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi wisata Tanjung Benoa ialah waktu sore hari akan tetapi sebelum air surut.Sebab bila airnya surut, jadi wahana-wahana banyak yang ditutup.Tak perlu cemas masalah keselamatan, sebab pengelola wisata ini telah memberi asuransi jiwa serta kecelakaan pada pengunjung.Oleh karenanya, janganlah tergiur paket Water Sport di harga yang miring saja, akan tetapi tidak pedulikan keselamatan.Dari sisi harga nya sendiri memang beragam serta tentu saja berlainan pada satu wahana dengan wahana lainnya.

3. Paragliding

Tertarik untuk wisata yang lebih ekstrim?Anda dapat menjajal sensasi terbang diatas hamparan laut dengan Paralayang Bukit Timbis Bali.Memang paragliding di Bukit Timbis bukan hanya satu yang dapat Anda pilih.Akan tetapi paragliding di Bukit Timbis ini tidak bisa ditinggalkan demikian saja.Bukit ini jadi rintangan sendiri buat beberapa pengagum berolahraga ekstrim paragliding.Tidak dikit wisatawan yang ingin jauh-jauh dari daerah bahkan juga negara lainnya untuk menjajal berolahraga ekstrim satu ini.

Paragliding di bukt timbis, Anda akan melihat keelokan alam yang begitu unik sekaligus juga begitu indah. Tidak hanya hamparan pantai yang menentramkan, Anda akan lihat kombinasi gunung serta deretan tebing curam bak lukisan alam yang tidak ternilai harga nya. Begitu pas untuk pengunjung yang ingin memperoleh ketenangan di dalam aktivitas bekerja.Wisata ini ada tidak jauh darikawasan Kuta Bali, persisnya di Desa Kutuh sisi Kuta Selatan, Badung, Bali.Cuma wisatawan-wisatawan spesifik saja yang berkunjung ke tempat ini.Sebab Bukit Timbis sendiri lebih populer sebagao daerah yang membudidayakan rumput laut Bali.

4. ATV Ride

Nikmati Pulau Bali dapat Anda kerjakan dengan cara serta pilihan yang berlainan, yaitu ATV Ride. ATV sendiri adalah kependekan dari All Terrain Vehicle atau diketahui menjadi kendaraan semua medan. Memiliki bentuk yang serupa seperti traktor, banyak wisatawan dari Rusia mengatakan mini traktor. Kendaraan ini memang ampuh untuk meniti semua medan. Sekarang ini, ATV Ride tengah disukai oleh wisatawan nusantara ataupun mancanegara yang dapat jadikan pilihan berlibur yang unik.

Awalannya ATV ialah kendaraan bermotor yang dipakai untuk pertanian serta rekreasi. Kendaraan ini mempunyai ban yang telah dimodifikasi secara khusus untuk medan yang off-road. Diperlengkapi dengan mesin memiliki 250 cc atau 350 cc membuat kendaraan ini kuat untuk medan yang ekstrim. Penjelajahan yangsangat mendebarkan dapat Anda nikmati di wisata ATV Ride. Lantas apakah yang dibutuhkan waktu menjajal wahana ini? Pengunjung butuh membawa baju ubah, swimsuit, tabir surya (bila perlu), camera serta sepatu berolahraga.Harga sewa ATV Ride sebetulnya begitu beragam bergantung dari penyedia jasanya.Akan tetapi rata-rata mereka membanderol minimum Rp 600.000 untuk single serta Rp 950.00 untuk Tandem. Umumnya harga itu telah termasuk juga jemput hotel dengan mobil yang full AC, guide profesional serta sarana lainnya seperti ruangan ubah, handuk, toilet, makan siang serta asuransi jiwa.

5. Cruise to Nusa Lembongan / Nusa Penida

Nusa Lembongan ialah satu pulau kecil di samping tenggara Pulau Bali.Namun secara administratif pulau ini masuk kecamatan di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.Pulau dengan sejuta keindahan yang dapat di nikmati ini mulai menarik minat beberapa wisatawan.Bahkan juga Nusa Lembongan juga jadi wisata yang berkembang begitu cepat.Beberapa destinasi wisata yang menarik di Nusa Lembongan salah satunya Jembatan Kuning, Pantai Dream Beach, Goa Gala-Gala, Mangrove Forest, Pantai Mushroom Bay, Devil’s Tears serta ada banyak yang lain. Walau ada di pulau kecil, fasilitas ke pulau ini tidak susah serta banyak hotel ataupun villa dengan sarana cukuplah komplet.

Pengunjung dapat pilih paket wisata komplet yang diharapkan.Bahkan juga ada paket wisata yang tawarkan kegiatan watersport di dalam laut yang berpusat di Pontoon, yaitu satu dermaga yang terapung di dalam laut. Di spot ini wisatawan dapat nikmati kegiatan watersport seperti parasailing, banana boat, snorkeling serta yang lain.Banyak kegiatan yang dapat Anda kerjakan di submarine di Pontoon itu.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Miami yang Wajib Kunjungi

6. Desa Trunyan

Nah, destinasi kesempatan ini betul-betul anti-mainstream, nih sebab unik banget. Ialah Desa Trunyan yang disebut warisan leluhur. Desa ini ialah salah satunya desa paling tua yang berada di Pulau Dewata. Di desa ini wisatawan bisa melihat tengkorak manusia sebab jenazah di sini tidak dikubur atau dibakar, tetapi ditempatkan diatas tanah saja. Patut saja daerah ini dikatakan sebagai kuburan sangat seram di Bali.

Tidak cuma itu, beberapa wisatawan yang hadir ke tempat ini juga dapat melihat kebiasaan penduduk Desa Trunyan yang sudah dikerjakan secara turun temurun serta berhubungan langsung dengan penduduk lokal. Wah, sengit ya?

7. Naik Kapal Selam Oddyssey Submarine

Oddyssey Submarine adalah satu wisata kapal selam di Bali yang tengah popular.WIsata ini ada di Labuhan Amuk, Karangasem. Anda akan dibawa untuk menyelami basic lautan dengan kedalaman sampai 35 mtr. di bawah permukaan laut. Cuma penyelam profesional saja yang dapat sampai kedalaman ini.Akan tetapi dengan wisata Oddisey Submarine ini Anda dapat nikmati basic lautan tiada ketrampilan apa pun serta tentu saja aman.Mengagumkan sekali kan?

Oddyssey Submarine memang menyuguhkan sensai yang berlainan buat pengunjungnya.Anda tak perlu belajar pengetahuan diving serta tak perlu basah-basahan akan tetapi dapat nikmati keindahan basic laut Bali.Kapal selam ini telah diperlengkapi dengan beberapa jendela kaca tembus pandang untuk lihat laut secara bebas serta optimal.Kapal Oddisey Submarine ini telah mempunyai tehnologi mutakhir dengan tidak memakai bahan bakar minyak yang bisa membahayakan biota laut.Yang lebih bagus, kapal ini cuma beroperasi di Labuhan Amun serta Maui USA saja. Tentu saja pengalaman di Oddyssey Submarineakan jadi suatu yang begitu bernilai di banding berkunjung ke wisata yang mainstream yang lain.

8. Safari Explore (naik mobil VW Safari)

Nikmati situasi yang berlainan saat berlibur di Bali dengan VW Safari, mobil kuno yang bagus. Wisata ini tawarkan paket tur untuk mengendarai mobil VW Safari asli buatan Jerman.Mobil yang bagus dengan kap atasnya dapat dibukan serta ditutup seperti keinginan pemakai.Mobil ini akan temani Anda untuk nikmati keindahan alam bebas di Pulau Bali. Tak perlu cemas sebab di tempat ini Anda akan ditemani oleh beberapa driver atau guide yang profesional untuk jamin keselamatan Anda.

Mengendarai mobil VW Safari sangat mungkin Anda untuk hirup hawa fresh ciri khas pedesaan yang masih tetap asri. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, wana wisata ini bisa saja pilihan berlibur Anda.Ditanggung Anda akan tidak jemu menaiki VW Safari ini sebab rutenya berlainan dengan tur yang lain. VW Safari lbih tunjukkan bagian lain dari kehidupan di Bali. Di mana Anda akan disuguhi panorama kegiatan pedesaan yang begitu tradisionil. Anda dapat melihat bagaimana kehidupan umat Hindu di Pulau Bali.

Untuk VW Safari Tur sendiri dibagi jadi beberapa paket tur, yaitu Jati Luwih VW Safari, Batur Vulcano serta East Bali Tur. Tiap-tiap paket tur mempunyai harga yang berlainan bergantung dari lama jarak tempuhnya. Harga VW Safari dari mulai Rp 390.000 sampai Rp 450.000 per paketnya.Akan tetapi harga dapat beralih bila waktu musim weekend atau libur panjang.

9. Bali Swing Ubud

Sama dengan namanya, Bali Swing adalah destinasi wisata yang menyiapkan ayunan. Akan tetapi bukan sembarang ayunan, ayunan di Bali Swing Ubud ini memiliki ukuran raksasa setinggi 35 mtr.. Di sini pengunjung dapat nikmati ayunan bersama dengan indahnya hamparan rimba, sawah, kebun serta sungai. Pas untuk uji adrenalin sekaligus juga pelipur stres.

Tempat wisata yang terdapat Jalan Dewi Saraswati, Desa Bongkasa, Abiansemal, Badung ini dapat menyiapkan rafting lho, sebab masih tetap bersisihan dengan sungai. Tertarik berkunjung ke wisata ini?

10. Black Lava Tour

Tidak hanya tour dengan VW Safari, wisatawan Bali dapat juga nikmati kendaraan Off-Road untuk menelusuri lava hitam di Gunung Batur, persisnya di lokasi Kintamani.Umumnya paket Black Lava Tur telah tawarkan jemput dari hotel sampai kembali pada hote. Anda akan dibawa untuk lewat rimba hujan tropis yang indah dengan kendaraan off-road 4WD. Selama rute, Anda akan lihat sawah serta daerah pertanian yang begitu menyejukkan mata. Bukan sekedar panorama Gunung Batur saja, dengan Black Lava Tur Anda akan disuguhi keindahan Danau Batur. Anda akan di tawarkan untuk nikmati pemandian mata air panas di daerah Kintamani. Di tempat ini Anda dapat berenang atau sebatas bersantai saja.

Baca Juga : Musim Pancaroba? 10 Obat Batuk Alami Paling Ampuh

11. Trekking di Gunung Batur

Tujuan kesempatan ini pas sekali buat yang hoby mendaki gunung, yakni Gunung Batur. Gunung yang mempunyai ketinggian 1717 mdpl ini menyuguhkan hamparan panorama alam yang indah ditambah lagi waktu sunset serta sunrise. Gunung berapi ke-2 yang paling tinggi di Bali ini pasti jadi andalan beberapa wisatawan untuk lakukan trekking. Tentunya cara yang pas untuk nikmati sensasi berlibur yang anti-mainstream.

12. Rafting di Sungai Ayung

Salah satunya sungai terpanjang di Pulau Bali ini dapat jadi pilihan destinasi berlibur Anda di Bali yang anti mainstream. Sungai Ayung sendiri mempunyai panjang sampai 62,5 km yang bersumber di Sanur. Sungai ini mengalir melalui Badung, Gianyar, Bangli serta Kota Denpasar.Oleh penduduk setempat serta pemerintah, sungai ini disulap menjadi ajang bermain yang melawan adrenalin yaitu rafting. Beberapa pengagum berolahraga arung jeram mungkin telah familiar dengan Sungai Ayung. Akan tetapi janganlah cemas, trek jeram di Sungai Ayung recommended untuk pemula dengan grade II sampai III. Rafting di Sungai Ayung juga pas untuk kelompok berumur minimum 7 tahun.

Waktu penjemputan untuk rafting di Sungai Ayung sendiri terdiri jadi 2 session yaitu pagi hari serta siang hari.Akan tetapi waktu terbaik untuk rafting di tempat ini ialah waktu pagi hari sebab telah di seputar yang masih tetap begitu fresh.Dalam satu perahu rafting cuma diijinkan untuk optimal 4 orang penumpang serta 1 guid, tidak bisa lebih.

12. Bali Safari Marine Park

Bali Safari Marine Park adalah kebun binatang paling besar serta terlengkap di Bali. Tujuan wisata ini memiliki beberapa satwa langka dari dalam negeri ataupun luar negeri seperti dari India, Eropa sampai Afrika. Kebun binatang yang berlokasi di jalan Profesor Ida Bagus Matra, Desa Serongga, Gianyar ini mempunyai lebih dari 60 spesies hewan dan mempunyai akuarium air tawar.

Tidak hanya bisa melihat binatang secara dekat, di kebun binatang ini dapat ada Night Safari yang sangat mungkin pengunjung menelusuri ruang menaiki trem di malam hari. Dapat juga berhubungan dengan binatang buas seperti memberikan makan harimau. Sengit banget, kan?

13. Air Terjun Banyumala

Buleleng, satu kabupaten di utara Pulau Dewata yang manakah memang diketahui menjadi surganya air terjun buat beberapa penggemar alam. Daris ekian banyak air terjun yang ada dari sana, ada satu yang unik. Adalah Air terjun Banyumala. Yang unik dari air terjun ini ialah letaknya yang ada di basic satu lembah dengan tiga bagian air terjun serta yang paling besar serta paling tinggi ada pas ditengahnya, lalu air terjun yang lebih kecil ada di kanan serta kiri. Pas di bawah air terjun banyumala terdapatlah satu kolam yang tercipta secara alami serta sebetulnya berikut yang membuat air terjun ini jadi begitu populer.

Dengan airnya yang begitu jernih serta tenang membuat kita dapat merasa aman untuk berenang didalamnya. Karena sangat jernihnya bahkan juga kita bisa lihat basic kolam ini bila disaksikan dari atas meskipun tempat terdalam dapat sampai kedalaman 2 mtr.. Diameter kolam ini kurang lebih sampai 20 mtr. dengan bentuk hampir bundar menjadi cukuplah ruangan untuk banyak orang berenang di dalamnya.

14. Rumah Pohon Batu Molenteng, Penida

Rumah pohon ini terdapat di Banjar Pelilit, Desa Tanglad. Untuk sampai kesini, kamu mesti trekking dahulu saat 15 menit dari tempat parkir sebab letaknya agak di pedalaman yang dikelilingi tebing batuan kapur serta ada diatas tanah miring. Sesuai dengan namanya, letaknya ada diatas pohon, menjadi kamu mesti naik ke atas pohon dengan cara menaiki tangga kayu yang telah berada di sana. Di tepi tangga kayu ada tali tambang yang dapat kamu jadiin pegangan seadanya, takut-takut jika kepeleset cocok lagi jalan.

Tempat ini dapat seringkali dimaksud oleh warga setempat menjadi Rumah Pohon Batu Molenteng Atuh Ruang. Perihal ini karena letaknya bersisihan dengan lokasi wisata Pantai Atuh yang dapat kamu lihat eagle view-nya dari atas rumah pohon ini. Ditambah, ada juga pulau-pulau kecil, tebing, serta bukit untuk lengkapi panorama kamu.

15. Kolam serta Pantai Tembiling

Tembeling adalah salah satunya tempat suci buat penduduk Bali untuk membuat ritual upacara keagamaan. Jadi, mesti diingat jika kamu kesini, kamu mesti masih mengawasi kesuciannya dengan tetap berlaku sopan serta jadilah pelancong yang baik dengan tidak mencemarkan tempat ini. Ada dua kolam alami di dalam lokasi rimba Tembeling yang tersembunyi. Airnya jernih banget, guys! Tuturnya, kolam ini dahulu diketemukan oleh wanita hamil yang lagi menguber seekor sapi.

Plusnya lagi, kamu bisa berendam serta main-main air di sini, tetapi ada ketentuannya. Kolam besar khusus untuk pria serta kolam kecil untuk wanita. Janganlah cemari airnya ya jika lagi berendam, soalnya penduduk lokal memakai air di kolam ini untuk sumber air minum.


Itu saja ke 15 destinasi wisata anti-mainstream di Pulau Dewata, bali yang pas untuk beberapa backpacker sebab murah ramah dikantong. Manakah destinasi yang sangat menarik perhatianmu?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar