7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan


Musim hujan kembali hadir! Buat sebagian orang, musim ini adalah musim yang menyenangkan. Hari-hari dengan udara panas serta sinar matahari yang menusuk sekarang bertukar jadi hawa sejuk serta curahan air hujan yang menentramkan. Akan tetapi, bagi sebagian orang, musim ini mungkin menjengkelkan, sebab tubuh menjadi mudah terkena penyakit. Eits, ada lho, cara untuk masih menjaga kesehatan di musim hujan!

Pernahkan Anda berfikir, kenapa Anda mudah terkena penyakit saat memasuki musim penghujan? Jawabannya bukan sekedar terdapat pada diri Anda, tapi hal itu ikut di dukung oleh kondisi lingkungan Anda. Di musim hujan, tingkat kelembaban jadi lebih tinggi hingga menyebabkan penyebab penyakit, seperti batuk, nyamuk demam berdarah, bakteri infeksi serta virus jadi lebih aktif.

Baca Juga :
Musim Pancaroba? 10 Obat Batuk Alami Paling Ampuh

Lalu, bagaimanakah cara menjaga diri dari serangan penyebab penyakit? Anda dapat lakukan beberapa cara, yakni:

7 Tips Menjaga Kesehatan Dimusim Pancaroba


1. Rajin membersihkan tangan

Mengawasi kesehatan di musim hujan pertama dengan rajin membersihkan tangan. Anda pasti seringkali melakukan aktivitas di luar rumah bukan? Jadi Anda akan mudah terkena oleh bakteri serta virus yang hidup di beberapa tempat, seperti kursi di taman, pintu mobil, railing pada angkutan umum, dan sebagainya. Cuci tangan Anda tiap-tiap Anda akan melakukan aktivitas, seperti makan, serta setelah melakukan aktivitas, seperti berkendara ditempat umum. Pakai air hangat serta sabun, serta yakinkan Anda mencapai semua bagian tangan Anda, seperti sela-sela jari serta kuku-kuku.

2. Jauhi kubangan

Saat musim hujan datang, perihal utama yang perlu Anda hindari bila banyak melakukan aktivitas di luar ruangan ialah genangan air. Masalahnya air pada genangan itu adalah sumber penyakit; seperti diare, influenza, kolera, sampai infeksi kulit sebab jamur. Jagalah kaki Anda dengan memakai sepatu boots, atau pakai sandal jepit yang terbuat dari karet. Memiliki bentuk memang lebih terbuka, akan tetapi Anda akan lebih mudah membersihkannya serta lebih cepat kering.

3. Jauhi menyentuh wajah

Vrus influenza sangat mudah masuk ke tubuh manusia lewat mata, hidung, serta mulut. Anda pasti tahu bukan, jika tangan Anda mengandung banyak bakteri? Oleh karenanya, hindari menyentuh wajah, mengucek-ucek mata, atau mengelap kening dengan tangan Anda. Lebih baik pakai sapu tangan.

Baca Juga :
Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

4. Jauhi konsumsi makanan di tepi jalan

Jajanan yang berdiri di selama jalan pulang benar-benar sangat merayu! Walau sebenarnya makanan telah menanti di dalam rumah. Sebaiknya, Anda tahan bujukan itu supaya tidak terkena penyakit di musim hujan. Masalahnya makanan yang terkena udara terbuka lebih mungkin terkontaminasi bakteri yang berkembangbiak di udara serta air. Upayakan tetap konsumsi makanan yang sehat serta kaya nutrisi untuk menghindari penyakit serta menguatkan tubuh. Janganlah lupa untuk membersihkan tangan sebelum makan, ya!

5. Minum teh herbal

Mengawasi kesehatan di musim hujan setelah itu dengan minum teh herbal. Ingin mempunyai tubuh sehat di musim hujan? Anda dapat coba ramuan ajaib; teh herbal! Teh herbal diakui dapat mengobati batuk, demam, serta flu. Anda dapat juga memberikan ramuan lainnya seperti jahe atau daun mint untuk meningkatkan perasaan hangat pada tenggorokan.

6. Basmi nyamuk

Anda terasa rumah Anda menjadi banyak nyamuk di musim hujan? Itu perihal lumrah. Nyamuk berkembangbiak lebih banyak, terpenting di air yang menggenang. Tidaklah heran penyakit malaria menyebar dimana saja. Anda dapat lakukan fogging atau semprotan penghilang nyamuk, dan kuras bak air serta mengeringkan sekitar lingkungan supaya tidak jadi sarang jentik-jentik berkembang biak.

Baca Juga :
5 Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Harus Kamu Ketahui!

7. Masih aktif di ruangan

Mengawasi kesehatan di musim hujan yang terakhir, udara dingin waktu musim hujan benar-benar sangat melenakan! Rasa-rasanya Anda tidak mau keluar dari selimut. Eits, Anda malah mesti lebih aktif walau ada di ruangan, lho. Dengan mengawasi Anda masih aktif serta banyak berjalan, Anda akan mengawasi aliran tubuh masih normal, serta Anda tetap akan terasa sehat di musim hujan!

 

Itu 7 cara Efisien menjaga Kesehatan tubuh kita waktu musim Hujan datang. Dengan masih Fit jadi pekerjaan serta aktifitas anda bisa berjalan dengan lancar. Buat anak anak yang masih tetap di bangku sekolah akan tidak mudah sakit.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan"

Posting Komentar