Skip to main content

Printer Dot Matrix VS Printer Laser VS Printer Inkjet, Bagus Mana?

kelebihan dan kekurangan Printer Dot Matrix VS Printer Laser VS Printer Inkjet, Bagus Mana?

Sekarang ini telah ribuan tipe printer tersebar di Indonesia, untuk perkantoran dan usaha rumahan ada dua jenis printer yang paling banyak dipakai, yakni Printer Dot Matrix, Printer Laserjet dan Printer Inkjet. Secara umum cara kerja printer inkjet yakni meneteskan tinta cair ke kertas, sedangkan printer laserjet pancarkan sinar laser ke photoreceptor lalu serbuk toner ditempelkan ke kertas dengan dipanaskan.

Lantas jenis printer apakah yang lebih baik? Bergantung keperluan, ketiga jenis printer ini mempunyai kelebihan dan kekurangan semasing. Kami akan sedikit share pengetahuan mengenai kelebihan dan kekurangan Printer Dot Matrix VS Printer Laserjet VS Printer Inkjet, hingga sahabat dapat memastikan jenis printer apakah yang pas untuk sahabat.

Printer inkjet sekarang ini lebih menguasai pemakaian printer rumahan atau usaha kecil-kecilan, hal tersebut karena printer inkjet lebih murah dan gampang untuk didapat. Tetapi janganlah salah, printer laser pun sekarang ini mulai keluarkan beberapa produk dengan harga dapat dijangkau, bahkan juga printer laser warna juga sekarang ini harganya relatif dapat dijangkau.


Printer Dot Matrix VS Printer Laser VS Printer Inkjet, Bagus Mana?


1. Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix seperti mesin tulis, di mana mesin ini memakai pita dan mempunyai kepala bikin (head) yang berisi beberapa kumpulan jarum besi. Nah, jarum-jarum besi ini lah yang akan cetak berkas-berkas seperti mesin ketik.


Kelebihan dan kekurangan printer dot matrix

Kelebihan dan kekurangan printer dot matrix


Kelebihan:

1. Biaya sangat relatif murah.
2. Tidak membutuhkan tinta waktu mencetaknya.

Kekurangan :

1. Harga printer Dot Matrix ini relatif mahal.
2. Dibandingan dengan printer inkjet, printer ini lamban, bising, dan ikut mempunyai kualitas yang kurang baik.
3. Mesti seringkali lakukan perawatan, supaya tidaklah terlalu bising waktu cetak.



2. Printer Inkjet


Printer inkjet ialah priter yang masih tetap banyak dipakai oleh orang Indonesia. Printer berjenis inkjet ini ialah jenis printer yang memakai tinta untuk cetak dan hasilnyapun bisa disebut cukup bagus.



Kelebihan dan kekurangan printer tinta

Kelebihan:

1. Ukuran yang lebih kecil, kebanyakan printer tinta (inkjet) relatif lebih kecil dan bisa diletakkan dalam tempat yang sempit.
2. Printer inkjet all-in-one cukup sedikit semakin besar akan tetapi masih tetap lebih kecil dibanding dengan printer laser all-in-one atau mesin foto copy yang biasa ada dikantor.
3. Harga jual murah.
4. Kartrid tinta lebih murah.
5. Pergantian kartrid lebih gampang.
6. Kualitas bikin foto yang sempurna, printer tinta ( inkjet) dapat membuahkan gambar dengan warna yang jelas dan gambar yang tampak riil.

Kekurangan:

1. Pemakaian tinta boros, printer tinta (inkjet) mempunyai harga biaya per halaman yang lebih tinggi dibanding dengan printer laser dikarenakan oleh pemakaian tintanya yang kurang efektif.
2. Lamban dalam cetak dokumen yang besar, cetak dokumen dengan jumlahnya halaman yang banyak memerlukan waktu yang lebih lama dibanding dengan printer laser.
3. Lebih susah dibikin bersih


3. Printer Laser

Pencetak laser atau printer laser ialah pencetak untuk komputer yang memakai teknologi diode cahaya untuk memperoleh partikel-partikel kecil toner dari cartridge ke kertas. Alat ini seringkali lebih ekonomis di banding memakai tinta pencetak tinta.



Kelebihan dan kekurangan printer laser

Kelebihan:

1. Pemakaian toner yang lebih efisien, pemakaian toner pada printer laser lebih efektif bila dibanding pemakaian tinta pada printer inkjet.
2. Biaya per halaman printer laser lebih murah, yang berarti biaya operasional yang di keluarkan ikut lebih rendah.
3. Kecepatan bikin yang lebih tinggi, printer laser bisa cetak lebih cepat, terpenting dokumen dengan banyak halaman, bila dibanding dengan printer inkjet.
4. Lebih gampang dibikin bersih.

Kekurangan:

1. Harga kartrid toner yang lebih mahal
2. Ukuran yang semakin besar, meskipun makin lama ukuran printer laser semaki mengecil, tetap harus mereka semakin besar dibanding dengan printer inkjet dan tidak muat ditempatkan dalam tempat yang sempit.
3. Lebih berisik, laser printer membuahkan nada yang cukuplah keras saat beroperasi.
4. Lebih mahal untuk cetak warna, printer laser bisa membuahkan hasil bikin warna yang baik akan tetapi dengan harga yang lebih mahal, customer condong pilih printer inkjet sebab harganya yang lebih murah.



Itulah Penjelasan mengenai jenis printer, serta ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing printer. Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar