20 Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengobati

Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengobati

Mata bengkak bisa disebabkan beberapa hal seperti alergi, gigitan serangga, konjungtivitis, kista atau penyumbatan kelenjar minyak pada mata, dan cedera atau trauma yang sering dibarengi pergantian warna kulit. Pada masalah lainnya, iritasi mata yang sering dibarengi mata merah, gatal, atau masalah pandangan dapat juga berlangsung waktu mata bengkak.

Ada saatnya mata bengkak ikut disebabkan masalah sistemik yang merubah seluruh tubuh, seperti penyakit Graves atau proptosis, yakni keadaan dimana mata menonjol secara abnormal. Biasanya penyebab mata bengkak yang sangat sering ialah terlalu lama menangis, cedera mata, serta alergi.

Untuk mengobati mata bengkak, semestinya ketahui dahulu penyebabnya agar penanganannya bisa dikerjakan secara pas. Ingin tahu apa penyebab akumulasi cairan di mata hingga membuat mata jadi bengkak sebelah, serta bagaimana cara mengobati agar mata kembali segar serta cemerlang.

20 Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengobati


1. Kelelahan

Waktu Anda merasa kecapekan, jadi kelopak mata bisa jadi membengkak. Keadaan ini disebabkan oleh tumpukan air di area mata, hingga pada pagi hari Anda lihat mata jadi bengkak.

Baca Juga : Manfaat dan Bahaya Masker Spirulina Untuk Wajah

2. Bintitian

Keadaan ini akan membuat pojok kelopak mata Anda jadi membesar. Bintitan disebabkan oleh infeksi Staphylococcus aureus yang menyerang kelenjar di mata. Tidak hanya bengkak, mata Anda akan memerah dalam beberapa waktu.

3. Menangis

Menangis dapat pecahkan pembuluh darah di mata serta kelopak mata, terpenting bila tangisannya berjalan berjam-jam. Perihal ini berlangsung sebab terdapatnya retensi cairan yang disebabkan oleh kenaikan saluran darah ke daerah seputar mata.

4. Alergi

Jika kelopak mata bengkak diriingi dengan tanda-tanda seperti mata berair serta memerah, jadi bisa saja perihal ini disebabkan sebab Anda alergi pada suatu hal. Alergi dapat disebabkan oleh debu atau serbu sari bunga yang tentang mata.

5. Stye

Stye ialah infeksi kelenjar pada kelopak mata yang umumnya menginfeksi kelenjar air mata yang berada di basic bulu mata. Stye dapat juga berlangsung di kelopak mata karena kelenjar minyak yang terinfeksi.

6. Sengatan serangga

Gigitan atau sengatan beberapa serangga dapat memunculkan reaksi alergi yang salah satunya termasuk mata bengkak. Beberapa jenis serangga yang mempunyai efek demikian mencakup lebah serta tawon.

7. Kosmetik

Produk kosmetik masuk ke mata dapat mengakibatkan iritasi pada mata serta jaringan sekelilingnya, hingga mengakibatkan kelopak mata membengkak.

8. Infeksi konjungtiva

Infeksi yang berlangsung di bagian konjungtiva mata ini salah satunya disebabkan oleh infeksi bakteri. Tidak cuma membuat kelopak mata bengkak, akan tetapi jika Anda alami perihal ini mata Anda akan memerah.

Baca Juga : 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Baik

8. Aliran air mata tersumbat

Keadaan ini biasa dihadapi oleh bayi yang baru lahir serta anak balita. Tersumbatnya saluran air mata disebabkan oleh infeksi serta dapat memunculkan rasa sakit.

9. Herpes okular

Ini ialah infeksi herpes yang dapat berlangsung di serta seputar mata. Keadaan ini sangat sering berlangsung pada anak-anak. Herpes okular dapat terlihat seperti sakit mata biasa tetapi tidak selamanya menunjukkan sinyal luka yang pasti.

10. Penyakit Graves

Penyakit ini adalah masalah endokrin yang mengakibatkan tiroid terlalu aktif. Keadaan ini dapat juga mengakibatkan tiroid melepas sel untuk menantang infeksi yang tidak berada di mata. Anti-bodi yang dilepaskan selama proses bisa mengakibatkan pembengkakan di mata.

11. Blefaritis

Penyebab lainnya timbulnya mata bengkak ialah blefaritis. Blefaritis sendiri adalah peradangan pada kelopak mata yang dapat berlangsung di area tumbuhnya bulu mata. Keadaan ini umumnya muncul waktu kelenjar minyak yang terdapat di dekat bulu mata alami penyumbatan. Hingga menyebabkan mata jadi bengkak, iritasi, kemerahan, mata jadi berair, kelopak mata terasa gatal, ngilu, serta mudah silau.

12. Kanker mata

Bila mata bengkak serta tidak kembali normal sesudah beberapa waktu, jadi janganlah disepelekan. Karena perihal ini bisa jadi salah satu sinyal dari tanda-tanda kanker mata. Tapi, sebelum menyimpulkan, lebih baik Anda kontrol diri ke dokter.

13. Pemakaian Lensa Kontak

Tujuan hati ingin tampil lebih kece serta sederhana dengan memakai lensa kontak daripada kacamata biasa, mungkin malah membawa Anda pada keadaan mata bengkak. Penggunaan lensa kontak tiada dibikin bersih terlebih dulu secara cermat dapat tingkatkan resiko mata bengkak.

14. Mengkonsumsi sodium terlalu berlebih

Sodium berperan untuk mengawasi kesetimbangan cairan dalam tubuh. Waktu tubuh memperoleh konsumsi sodium berlebihan, cairan tubuh juga ketahan serta bisa menyebabkan kembung, salah satunya di area mata. Jika bengkak di area mata yang disebabkan oleh sodium, jadi cara mengatasinya ialah kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan sodium itu.

15. Selulitis orbital

Selulitis orbita ialah infeksi pada kelopak mata yang cukuplah dalam. Infeksinya bisa menebar secara cepat serta seringkali begitu menyakitkan. Bahkan juga lecet kecil juga pada kelopak mata dapat jadi pintu masuk bakteri untuk memunculkan selulitis orbital.

16. Chalazion

Chalazion tampak seperti bintitan, tetapi ini bukan infeksi, jadi tidak ada kemerahan atau ngilu, cuma berbentuk tonjolan. Chalazion atau kista pada kelopak mata ini berlangsung waktu kelenjar minyak di kelopak mata terhalang, umumnya berlangsung karena bintitan yang tidak pulih secara prima.

17. Parfum

Minyak wangi serta produk beraroma juga bisa berperan pada mata bengkak. parfum bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti gangguan mata, gangguan pernafasan, serta migraine. Ditambah lagi jika parfumnya semerbak sekali.

Baca Juga : 34 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

18. Genetik

Aspek genetik juga punya pengaruh pada keadaan mata, Keadaan ini umumnya tidak tampak sampai Ladies memasuki usia 30-40-an. Merasa telah mengawasi konsumsi makanan serta cukuplah tidur tapi mata masih bengkak, mungkin termasuk ke golongan yang rawan mempunyai mata bengkak secara genetik.

19. Usia

Bersamaan menambahnya usia, deposit lemak yang umumnya menyokong mata akan mengendur serta mengakibatkan mata tampak bengkak. Jaringan serta otot di seputar mata akan melemah hingga menegaskan penampilan mata yang sembap.

20. Mengkonsumsi pemanis buatan

Seperti dalam gula, pemanis buatan seperti sakarin serta aspartame juga bisa mengakibatkan inflamasi di sekujur tubuh, termasuk area mata. Inflamasi umumnya berlangsung saat sistem imunitas tubuh membanjiri sisi tubuh dengan sel darah putih menjadi bentuk pertahanan diri pada organisme asing, seperti bakteri serta virus. Pemanis buatan juga disangka bisa mengakibatkan tubuh kembung yang nanti akan turut merubah kondisi mata.

Nah, kamu bisa waspada jika terjadi mucul gejala mata bengkak sebelah. Jika kamu sudah mengenali tanda-tanda penyebab mata bengkak, sekarang kamu bisa ikuti cara mengobati mata bengkak sebelah alami. Simak dibawah!

1. Bersihkan Mata

Mata bengkak yang disebabkan oleh masuknya benda asing ke organ itu dapat ditangani dengan cara bersihkan mata. Pakai cairan pembersih mata serta tuang ke cup khusus. Arahkan cup itu di area mata. Waktu cairannya mulai melekat di mata, biarlah organ itu terbuka agar dapat bersihkan secara optimal.

Baca Juga : 15 Olahraga Peninggi Badan dalam Seminggu dan Tercepat

2. Kompres Mata Dengan Mentimun

Bahan alami dapat juga jadi obat ampuh untuk mengatasi mata bengkak. Ada banyak bahan yang diketahui ampuh untuk mengatasi masalah itu, contohnya saja potongan mentimun. Kandungan enzim serta astringent di dalamnya begitu baik untuk memudahkan tanda-tanda peradangan serta sakit yang muncul di area mata.

Caranya cukuplah mudah. Irislah mentimun lantas masukkan ke almari es selama 10 menit. Sesudah itu, pakai bahan itu untuk mengompres mata. Sensasi dingin yang muncul dapat juga menolong mata tampak lebih segar.

3. Memakai Obat Tetes Mata

Mata bengkak seringnya ikut dibarengi tanda-tanda sakit yang cukuplah mengganggu. Keadaan ini umumnya berlangsung sebab masuknya benda asing ke mata, contohnya saja debu, produk make-up, atau sabun saat mandi. Nah, memakai obat tetes mata bisa saja pilihan yang pas, lho. Pilih obat mata yang mempunyai kandungan untuk menurunkan tanda-tanda iritasi yang disebabkan benda asing masuk ke mata. Braito Original bisa saja jawabannya.

Terapkan 1-2 tetes Braito Original yang kerja ampuh untuk mengatasi mata bengkak karena masuknya benda asing ke area itu. Perihal yang butuh diingat, cukuplah pakai Braito Original di area mata yang terasa sakit saja. Cara ini untuk menahan perpindahan virus di area mata yang sehat. Pakai obat mata ini secara teratur 2-3 kali satu hari sampai gejalanya mereda.

4. Putih Telur

Cara mengobati mata bengkak dengan putih telur. Putih telur mempunyai kekuatan untuk mengencangkan kulit, hingga begitu baik untuk menyembuhkan bengkak. Diluar itu, putih telur dapat juga menghilangkan kantung mata dan menghambat kerutan tercipta. Bila bengkak terjadi dibagian bawah mata, sebaiknya Anda memakai putih telur.


5. Kompres Dengan Handuk Basah

Memudahkan tanda-tanda mata bengkak dapat juga dikerjakan dengan mengompres mata memakai handuk basah. Rendam handuk bersih di air es atau masukkan handuk basah ke almari es selama beberapa waktu. Pakai untuk mengompres mata bengkak yang dihadapi. Cara ini dapat memudahkan rasa sakit yang muncul sekaligus juga lakukan relaksasi di area itu. Sensasi dinginnya dapat jadi obat untuk menurunkan tanda-tanda pembengkakan yang berlangsung.

6. Aloe Vera

Aloe Vera atau lidah buaya memiliki kandungan anti-oksidan serta vitamin E yang sangat efektif untuk menyembuhkan mata bengkak. Terapkan saja gel lidah buaya ke sisi bawah mata. Setelah itu pembuluh darah aka mengalirkan darah lebih lancar hingga kurangi pembengkakan. Berhati-hati agar jangan pernah gel lidah buaya memasuki bagian mata sebab bisa memunculkan sensasi perih.


7. Istirahatkan Diri di Rumah

Apa pun obat yang di pilih untuk mengatasi mata bengkak ini, kamu harus untuk beristirahat di dalam rumah. Perihal ini dapat menolong agar perawatannya lebih optimal. Kegiatan di luar rumah rawan membuat debu masuk ke mata. Keadaan itu justru membuat mata bengkak dapat makin parah.


Itulah gejala atau penyebab mata bengkak sebelah dan cara mengobati secara alami ikuti tips diatas agar masalah mata bengkak terobati dengan cepat agar mata kembali sehat dan segar kembali. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "20 Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengobati"

Posting Komentar