Skip to main content

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

Buat beberapa besar penduduk Indonesia yang tinggal di wilayah tropis, kulit wajah kering seringkali jadi salah satu masalah yang menjengkelkan. Sebagian dari Anda terutamanya kawula muda pasti merasa jika masalah remaja yang satu ini jadi penekan rasa yakin diri. Masalahnya kulit wajah kering akan diikuti dengan ciri pori-pori kulit yang mengecil, timbulnya kerutan serta retakan pada wajah.

Munculnya rasa gatal, tampak pengelupasan atau bersisik pada kulit, timbulnya warna kemerahan pada kulit wajah, dan terdapatnya rasa ketat pada kulit wajah setelah mandi, berenang, atau mencuci muka. Menjadi penambahan, mereka yang menanggung derita kulit kering sering tampak lebih tua dari umur sebetulnya, lho! Menjengkelkan, kan? Lantas, apakah sich penyebab wajah menjadi kering? Serta apa yang perlu Anda wapadai supaya terlepas dari kondisi ini?

Apakah penyebab utamanya?

Sebenarnya, penyebab utama dari kulit wajah yang kering ialah hilangnya kelembaban di bagian kulit itu. Wajarnya, kulit wajah Anda mesti menaruh seputar 20 – 30% jumlahnya air untuk masih lembap. Dalam kondisi ini, wajah Anda tetap akan kencang, bersih, serta muda. Akan tetapi, waktu kelembaban pada wajah menyusut mencolok, secara terus-terusan, masalah kulit kering akan tiba.

Baca Juga : Yuk Kenali! Bahaya dan Jenis Lipstik yang Cocok Warna Kulit Bibir


Lantas, apa yang mengakibatkan kelembaban kulit berkurang?

Jawabannya: Berbagai macam perihal. Pemicu yang sangat umum ialah kondisi lingkungan yang sangat panas. Tidak cuma itu, faktor genetis serta usia ikut juga jadi salah satu penyebab kulit jadi kering. Ingin tahu penyebab yang lain? Simak daftar berikut ini :

1. Berendam air hangat

Terdengar aneh? Kenyataannya, berendam di di air hangat sangat lama bisa jadi salah satu penyebab wajah menjadi kering. Tidak cuma itu, berendam sangat lama di sungai atau kolam air dingin dapat juga membuat kulit Anda kering. Menjadi buat kalian yang inggin berendam air hangat janganlah sangat lama agar pergantian pada kulit tidak terjadi.

2. Panas

Tahukah Anda jika terkena panas secara terus-terusan adalah penyebab sangat umum keringnya kulit wajah? Terpenting bila Anda sering ada sangat dekat dengan sumber panas, seperti tungku pembakaran serta api unggun, yang dapat kurangi kelembaban kulit wajah serta membuatnya kering.

3. Mandi air panas

Banyak dari Anda yang tidak paham jika mandi dengan air panas ditambah lagi bila dalam periode waktu yang lama bisa jadi penyebab wajah menjadi kering. Karena itu, pada pagi hari Anda lebih dianjurkan untuk mandi dengan air dingin yang beri kesegaran. Berlainan bila waktu anda kurang enak tubuh (Sakit) jadi dapat memakai air panas agar suhu badan masih konstan.

4. Sangat Sering Mencuci Wajah

Seperti yang telah dijelaskan awal mulanya, jika mencuci wajah sangat sering bisa mengakibatkan kulit wajah kering. Mencuci wajah yang terlalu berlebih akan dapat mengikis minyak pada wajah, hingga pada akhirnya kulit wajah bisa menjadi kering.

5. Sangat Sering Lakukan Scrub

Alangkah lebih baik bila anda tidak sangat sering lakukan scrub pada wajah anda. Janganlah lebih dari 2 kali dalam satu minggu lakukan scrub wajah. Masalahnya lakukan scrub sangat sering akan mengakibatkan kulit jadi kemerahan, terkelupas serta kering.

Baca Juga : Meningitis: Gejala, Penyebab, Mencegah dan Mengobati


6. Berenang sangat sering

Sama juga dengan mandi air panas, berenang sangat lama serta sangat sering terpenting di kolam renang umum yang memiliki kandungan klorin bisa membuat kulit Anda cepat kering. Nah bila anda ada di Pantai untuk berenang jadi janganlah sangat lama juga agar Kulit masih sehat.

7. Memakai Pelembab yang Salah

Beberapa orang yang memakai moisturizer untuk melembabkan wajahnya. Akan tetapi, perihal ini malah akan mengakibatkan kulit terkelupas, pasalnya lotion memiliki kandungan dikit minyak serta air. Formasi semacam itu akan tidak dapat diserap oleh kulit. Bahkan juga lotion juga gampang menguap hingga akan mengakibatkan kulit kering. Oleh karenanya, anda mesti pilih lotion yang pas.

8. Kurang Minum Air

Memenuhi keperluan cairan pasti bermanfaat untuk kesehatan. Disarankan untuk minum sekitar 8 gelas dalam satu hari supaya terlepas dari kondisi dehidrasi atau kekeringan. Minimnya minum air akan mengganggu kekenyalan kulit. Sebab semacam itu, anda mesti memerhatikan alur minum dalam sehari-harinya.

9. Memakai Sabun Pembersih Muka yang Salah

Mencuci atau bersihkan wajah tidak bisa asal-asalan. Pilih sabun pembersih wajah yang pas untuk kulit anda, sebab memakai sabun yang salah atau sabun yang memiliki kandungan beberapa bahan kimia, dan detergen yang sifatya keras akan mengakibatkan kulit kering.

10. Hormonal

Kondisi hormon yang tidak seimbang dapat mengakibatkan beberapa masalah pada kulit, tidak hanya kulit berminyak serta berjerawat, tingkat hormon pada tubuh dapat juga mengakibatkan kulit jadi kering. Banyak hal yang dapat mempengaruhinya yakni kehamilan, pubertas, menstruasi atau penggunaan alat kontrasepsi spesifik.

Supaya kulit Anda masih sehat, lembab serta tidak kering banyak cara yang dapat Anda pilih untuk menyembuhkan kulit kering Anda tidak hanya memakai pelembab. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami, dengan bahan alami berikut ini kulit kering Anda akan hilang serta kembali sehat serta lembab kembali.

Baca Juga : Musim Pancaroba? 10 Obat Batuk Alami Paling Ampuh


Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami


Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

1. Buah alpukat, pisang serta pepaya

Buah alpukat, pisang serta pepaya tidak hanya populer dengan seratnya yang baik untuk pencernaan, nyatanya ke-3 buah ini mempunyai manfaat untuk kecantikan salah satunya yakni mengatasi kulit kering.

Anda dapat memakai buah alpuket, pisang serta pepaya ini menjadi masker alami untuk menahan kulit kering. Caranya cukuplah gampang, yakni buah alpuket, pisang serta pepaya yang telah masak di campur jadi satu. Sesudah itu tumbuk campuran buah itu sampai halus.

Bila telah halus, berikan di bagian badan seperti tangan, kaki, leher, wajah serta daerah kulit yang kering yang lain. Sesudah itu biarlah selama kira-kira 15 menit sampai kering. Basuh dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, kerjakan 2x dalam satu minggu.

Cara pertama ini cukuplah gampang kan Sist, dengan buah-buahan alami Kamu bisa menghilangkan masalah wajah kering serta kusam yang membuat Kamu illfeel. Tetapi sayang, ke-3 buah ini saat dikumpulkan mempunyai aroma yang buat orang yang baru pertama-tama coba dapat membuat dikit mual. Saya sendiri jarang memakai masker ini sebab hidung saya dikit peka dengan aroma-aroma yang menusuk saya lebih suka memakai lidah buaya/ Aloevera.

2. Apel

Buah apel populer dengan manfaatnya yang bisa meremajakan kulit, hingga jadikan kulit masih sehat. Di dalam buah Apel memiliki kandungan zat kalium serta tannin yang bermanfaat untuk mejaga kelembapan kulit hingga kulit tidak gampang kering dan jadikan kulit masih cemerlang.

Supaya kulit Anda masih sehat, Anda dapat memakai buah Apel menjadi obat untuk mengatasi kulit kering. Caranya gampang sekali, yakni parut buah Apel, lantas ampas hasil dari parutan itu dioles-oleskan pada badan atau sisi kulit yang kering. Bila telah 20 menit, basuh dengan memakai air dingin.

Cara ke-2 ini sempat saya lakukan serta akhirnya cukup tampak, kulit saya tak akan kering serta tingkat kelembabannya makin bertambah, tetapi akan sia-sia jika Apel yang Kamu pakai memiliki kandungan pestisida sebab masker apel memakai daging dan kulit sisi luar untuk mengoptimalkan khasiatnya. Ditambah lagi jika Kamu yang mempunyai kulit peka, bisa jadi Kamu alami reaksi alergi pada pestisida.

3. Timun

Timun mempunyai kandungan zat yang baik untuk kesehatan kulit. Itu sebabnya banyak produk kecantikan yang memakai timun menjadi bahan utamanya. Bila Anda alami kulit kering, tak perlu memakai produk kecantikan di harga yang cukup, cukup hanya memakai ampas dari parutan timun, lantas berikan pada wajah atau daerah kulit yang kering. Biarlah sampai meresap kira-kira 15 menit, lantas basuh dengan air dingin.

4. Kuning Telur

Telur bukan sekedar jadikan makanan yang kaya protein. Telur dapat juga jadikan bahan untuk kecantikan rambut serta kulit. Untuk Anda yang alami masalah pada kulit terutamanya kulit kering, Anda dapat memakai kuning telur menjadi pilihan untuk menyembuhkan kulit yang kering.

Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok teh kuning telur dengan 1 sendok teh madu dan 2 sendok teh susu bubuk. Aduk sampai rata sampai membuat pasta. Berikan pada badan dan sisi daerah kulit kering yang lain. Diamkan sampai kira-kira 15 menit. Lalu basuh dengan air dingin.

Baca Juga : Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching, begini Solusinya?


5. Madu

Madu memang populer dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan badan serta kulit. Madu mempunyai manfaat dalam mengawasi kelembapan kulit dan dapat membuat cerah serta membuat cerah kulit. Bahkan juga madu sering dipakai menjadi obat untuk mengawasi kelembapan bibir. Nah, bila Anda alami kulit kering, dapat memakai madu menjadi obat.

Caranya yakni dengan mencampurkan 1/2 sendok teh madu dengan dikit air mawar. Berikan pada di daerah kulit yang kering. Diamkan sampai 15 menit lantas basuh dengan air hangat.

Madu diketahui menjadi bahan alami yang bukan sekedar baik untuk kesehatan badan, tetapi sangat baik untuk kulit wajah, tetapi janganlah coba-coba memakai madu yang palsu atau yang telah memiliki kandungan campuran. Sebab jika memakai madu yang sudah tercampur peluang besar akan menimbukan reaksi pada kulit. Menurut say acara ini cukuplah ampuh akan tetapi yang menjadi masalah ialah sekarang ini begitu susah untuk memperoleh madu alami tiada campuran. Menjadi sampai sekarang ini saya lebih sering memakai aloevera.

6. Minyak Almond

Ingin mempunyai kulit sehat cantik alami serta bebas kering? Minyak almond adalah salah satu pilihan yang sangat ampuh. Tidak hanya beberapa bahan yang sudah dijelaskan di atas, minyak Almond adalah salah satu bahan alami serta terunggul yang mempunyai manfaat yang ampuh dalam mengatasi maslah kulit terpenting kulit kering serta pecah-pecah.

Caranya mudah sekali, cukuplah berikan minyak almond dikit saja di bagian wajah, daerah kulit kering bahkan juga semua badan. Pakai sebelum mandi.

Minyak Almond mempunyai kandungan yang begitu serupa dengan yang dapat kita dapatkan pada minyak biji bunga matahari, ke-2 minyak ini populer begitu ampuh untuk menghilangkan kulit kering. Akan tetapi untuk masalah harga, minyak almond tambah lebih mahal dibanding minyak biji bunga matahari serta minya almond begitu susah didapat di Indonesia. Sampai sekarang ini saya lebih sering memakai minyak biji bunga matahari.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang tidak disangsikan lagi manfaatnya untuk kesehatan kulit. Tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat, jeruk nipis berperan untuk bersihkan kulit hingga kulit akan terlihat lebih cerah.

Supaya kulit Anda masih sehat serta tidak kering, pakai campuran jeruk nipis serta buah alpuket yang telah dihaluskan. Berikan pada kulit yang kering, diamkan selama 20 menit lantas basuh sampai bersih memakai air dingin.

Itu beberapa Penyebab kulit wajah kering dan beberapa solusi mengatasi kulit wajah agar tidak kering secara alami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar