Meningitis: Gejala, Penyebab, Mencegah dan Mengobati

Peenyakit Meningitis

Penyakit Meningitis ialah infeksi yang tentang selaput yang dimaksud meninges yang membungkus otak serta sumsum tulang belakang. Meningitis adalah penyakit yang relatif jarang diketemukan. Cara penyebaran lewat uap air udara pernafasan (batuk atau bersin). Siapapun beresiko terserang meningitis, terutamanya bayi serta anak-anak, orang lansia, serta beberapa orang yang mempunyai kekebalan tubuh lemah.

Meningitis bakteri bisa berbentuk mematikan serta menyebar diantara beberapa orang yang ada di dekat penderitanya. Menigitis virus condong lebih mudah serta sejumlah besar penderitanya pulih sempurna tiada memperoleh therapy spesial. Meningitis jamur adalah tipe meningitis yang langka serta umumnya berlangsung pada beberapa orang dengan sistem kekebalan badan yang lemah.

Gejala umum dari meningitis ialah sakit kepala serta leher kaku dibarengi oleh gejala demam, kebingungan atau pergantian kesadaran, muntah, serta kepekaan pada sinar (fotofobia) atau nada keras (fonofobia).

Anak-anak umumnya cuma tunjukkan tanda- tanda nonspesifik, seperti cepat emosi serta mengantuk. Terdapatnya ruam merah bisa memberi petunjuk pemicu dari meningitis. perumpamaannya, meningitis yang dikarenakan oleh bakteri meningokokus bisa diperlihatkan oleh terdapatnya ruam merah.

Gejala yang sangat umum didapati di kalangan remaja serta dewasa muda ialah:

1. Leher kaku serta sakit, terutamanya waktu Anda coba menyentuh dagu atau dada
2. Demam
3. Sakit kepala
4. Muntah
5. Kejang


Baca Juga : Musim Pancaroba? 10 Obat Batuk Alami Paling Ampuh

Pemicu Meningitis. Seorang terserang meningitis saat berlangsung peradangan pada meninges yang berperan menjadi pelindung otak serta saraf tulang belakang. Meningitis dikarenakan oleh lima faktor utama, yakni bakteri, virus, jamur, amuba serta beberapa penyakit dan kondisi.


Pengobatan meningitis mesti sesuai dengan sebabnya:

  • Meningitis virus. Pada kondisi spesifik, meningitis yang dikarenakan oleh virus bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, bila kondisi meningitis yang dikarenakan oleh virus termasuk parah, dokter mungkin akan memberi resep obat golongan antiviral, seperti acyclovir. Dokter akan menyarankan pasien meningitis virus untuk cukuplah beristirahat serta perbanyak minum air putih.
  • Meningitis bakterialis. Pada meningitis yang dikarenakan oleh bakteri, pengobatan yang dikerjakan bisa berbentuk pemberian antibiotik atau kortikosteroid. Dokter akan sesuaikan antibiotik yang dipakai dengan bakteri pemicu meningitis. Beberapa antibiotik yang umum dipakai untuk mengobati meningitis ialah golongan sefalosporin, seperti cefotaxim serta ceftriaxone. Tidak hanya untuk mengobati meningitis yang dikarenakan bakteri, pemakaian antibiotik juga turunkan potensi terjadinya komplikasi, seperti kejang atau pembengkakan pada otak.
  • Meningitis jamur. Meningitis yang dikarenakan oleh jamur diatasi dengan obat antijamur, seperti amphotericin B atau fluconazole. Dokter akan sesuaikan jenis obat bersama dosis dengan kondisi pasien.

Akan tetapi tak perlu cemas, Anda bisa menahan penyakit meningitis ini. Tersebut beberapa cara untuk mencegah penyakit meningitis.

1. Vaksin

Langkah awal yang dapat Anda kerjakan untuk menahan penyakit meningitis paling ampuh yaitu dengan lakukan vaksinasi. Para ahli medis merekomendasikan, lakukan vaksinasi itu saat berumur 11—12 tahun atau 16—21 tahun. Usia-usia ini ialah usia riskan terserang meningitis.

Baca Juga : Pantangan Ibu Hamil? Makanan yang Harus Dihindari

2. Janganlah memakai barang yang sama juga dengan orang lain

Meningitis yang dikarenakan oleh bakteri bisa menyebar lewat napas, air liur dan ingus pasien. Oleh karenanya hindarilah kontak fisik dengan pasien ditempat umum. Tidak disarankan memakai beberapa benda terpenting perlengkapan makan yang sama juga dengan pasien. Lebih baik pakai perlengkapan punya Anda sendiri serta yakinkan membersihkannya dengan benar.

3. Jagalah jarak dengan pasien meningitis

Mengawasi jarak dengan pasien meningitis begitu dibutuhkan. Masalahnya bakteri yang ada pada cairan hidung ataupun mulut bisa menyebar saat bersin atau batuk.

4. Rajin bersihkan tangan

Rajin membersihkan tangan adalah salah satunya cara mencegah dari penyakit meningitis. Perihal ini harus dikerjakan saat Anda barusan dari kamar mandi, memegang uang, ada ditempat yang ramai atau barusan bersin serta batuk.

Baca Juga : 5 Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Harus Kamu Ketahui!

Dianjurkan untuk bersihkan tangan dengan memakai air hangat serta sabun. Yakinkan semua sisi mulai depan sampai belakang dan sela-sela jari Anda terbasuh dengan sabun. Bersihkan tangan Anda sampai kira-kira 20 detik lalu basuh dengan bersih serta keringkan dengan handuk yang bersih. Anda dapat juga memakai hand sanitizer.

5. Jagalah kekebalan tubuh

Mengawasi kekebalan badan begitu dibutuhkan menjadi bentuk mencegah. Konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah serta makanan berprotein bisa menolong mengawasi kekebalan badan Anda. Anda juga dianjurkan untuk lakukan olah raga supaya badan Anda makin kebal pada bakteri pemicu penyakit. Tidur yang cukuplah begitu terpenting untuk mengawasi badan Anda masih fit.


Penerapan Vaksin Meningitis Untuk Perjalanan. Bakteri Neisseria meningitidis (meningokokus) jarang diketemukan di Indonesia. Hingga, beberapa orang Indonesia yang tidak mempunyai kekebalan pada bakteri itu. Vaksinasi begitu disarankan buat orang Indonesia yang melancong ke lokasi beresiko tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Meningitis: Gejala, Penyebab, Mencegah dan Mengobati"

Posting Komentar