10 Manfaat Minuman Bir Pletok dan Cara Membuatnya

Manfaat Bir Pletok

Bir Pletok atau Pletok Beer ialah minuman daerah khas Betawi. Sekalinya dimaksud bir, tapi bir halal ini minuman benar-benar tidak mengandung alkohol. Penamaan bir ini sebenarnya ialah gaya-gayaan ciri khas Betawi. Salah satunya warisan kuliner Betawi yang tidak ada matinya adalah bir pletok. Sampai sekarang, bir pletok masih tetap eksis di banyak perayaan Betawi salah satunya pernikahan dan menjadi oleh-oleh jakarta.

Minuman ini umumnya disajikan dalam kondisi dingin. Pendinginan minuman ini dikerjakan dengan menuangnya ke seruas bambu, berisi beberapa bungkah es batu, ditutup mulut bambu yang terbuka, dan diguncang-guncang, sehingga memunculkan bunyi pletok-pletok.

Sebelum kita ke resep cara membuat minuman bir pletok. Selain sebagai penghangat tubuh, ternyata minuman bir pletok juga miliki manfaat bagi kesehatan tubuh. sobat bisa baca apa saja manfaat bir pletok di bawah ini.


10 Manfaat Bir Pletok Khas Betawi Untuk Kesehatan Tubuh


1. Meredakan Migran

Manfaat bir pletok yang pertama dapat membantu meredakan migrain. Kandungan yang terdapat di bir pletok ini dapat meredakan rasa sakit akibat migrain. minuman ini akan bertindak untuk hentikan kerja prostaglandin pemicu rasa sakit serta peradangan pada pembuluh darah.

Baca Juga : Manfaat dan Bahaya Masker Spirulina Untuk Wajah

2. Melindungi Sistem Pencernaan

Minuman ini pula dapat untuk melindungi skema pencernaan. Senyawa yang terdapat di minuman ini dapat mengobati terjadinya iritasi pada aliran pencernaan sehingga ngilu pada lambung dapat di kurangi.

3. Mengatasi Ejakulasi Dini

Senyawa cineole serta arginine yang terdapat di dalamnya dapat untuk mengatasi ejakulasi awal. Senyawa ini pula dapat merangsang dan menahan kemandulan serta menguatkan ketahanan sperma. Oleh karenanya minuman seringkali ini disebut” dengan minuman yang membuat gairah seksual lebih bertambah.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Bir pletok ini mempunyai kandungan enzim protease serta lipase yang berperan untuk memecah protein serta lemak. Kandungan itu yang akan bertindak untuk membantu mengolah dan manyerap makanan yang dapat tingkatkan nafsu makan.

5. Mencegah Kanker Kolorektal

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang begitu berbahaya sebab dapat mengakibatkan kematian. Minuman ini pula dapat perlambat perkembangan beberapa sel kanker kolorektal

6. Meredakan Kram

Minuman ini terbuat dari jahe serta rempah yang lain, jahe yang terbang di minuman ini dapat jadi kram akibat dari menstruasi. Semenjak dahulu Cina sudah memakai jahe untuk mengatasi kram akibat dari menstruasi.

7. Mengobati Kanker Indung Telur

Tidak hanya dapat menghalangi perkembangan sel kanker kolorektal, minuman ini pula dapat untuk mengobati kanker indung telur. Minuman ini dapat di buat jadi sebagai minuman pilihan untuk penyembuhan kanker indung telur. Begitu di sarankan untuk konsumsi minuman ini secara teratur supaya mendapatkan hasil yang anda inginkan, akan tetapi tidak di sarankan untuk konsumsi secara terlalu berlebih.

8. Mengatasi Rasa Mual

Ahli kesehatan menyampaikan jika kandungan jahe yang terdapat di minuman ini dapat untuk mengatasi mual yang di picu oleh kehamilan. Hal itu karena terdapat kandungan vitamin B6 yang begitu bertindak untuk mengatasi masalah itu.

9. Mempercepat Aliran darah

Minuman ini dapat melebarkan pembuluh darah sehingga akan mengakibatkan tubuh jadi terasa lebih hangat. Perihal terbuat pasti akan membuat darah untuk mengalir lebih lancar.

Baca Juga : 7 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Bagi Kecantikan


10. Mengobati Masuk Angin

Tidak cuma dapat untuk membuat lancar saluran darah minuman ini pula dapat untuk membuat keluarnya gas dari perut. Buat anda yang mempunyai masalah masuk angin akan begitu baik apabila jadikan minuman ini sebagai minuman untuk mengobati masalah masuk angin yang anda alami.

Selain manfaat dari minuman bir pletok khas betawi ini, Anda bisa coba resep minuman bir pletok dibawah ini.


Resep Bir Pletok Khas Betawi dan Cara Membuatnya


1. Resep dan Cara Membuat Bir Pletok khas Betawi


Resep Bir Pletok

Bahan untuk Membuat Bir Pletok :

- 2 Liter Air
- 350 gr Jahe, memarkan/tumbuk
- 6 butir Cengkih
- 5 cm Kayu manis
- 3 biji Kapulaga
- 5 batang Serai/sere, memarkan/tumbuk
- 25 gr Kayu secang
- 1/2 butir Pala, memarkan/tumbuk
- 500 gr Gula pasir
- Garam seperlunya

Baca Juga : Resep Masakan dari Olahan Ayam dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Bir Pletok khas Betawi Sehat :

1. Campurlah air bersama dengan gula ke panci.
2. Imbuhkan jahe, lantas rebus dengan memakai api tengah sampai mendidih serta gula larut semuanya.
3. Tambahkan dalam larutan gula serta jahe kayu secang, aduk-aduk hingga rata.
4. Imbuhkan cengkih, kayu manis, kapulaga serta pala yang dimemarkan.
5. Masukan batang serai yang dimemarkan, teruskan memasak diatas api kecil sampai tercium keluar aroma rempahnya, proses ini memerlukan waktu kira-kira 1 jam.
6. Bila dirasa cukuplah angkat, saring serta sediakan waktu cuaca dingin.
Catatan Pembuatan Bir Pletok :
- Diamkan hasil rebusan Bir Pletok tadi malam, untuk mendapatkan aroma rempah yang lebih tajam, baru lalu disaring.
- Gunakan gula pasir yang berwarna putih bersih agar menghasilkan minuman Bir Pletok yang bagus dan menarik.

2. Cara Membuat Minuman Bir Pletok Jakarta atau Bir Pletok Betawi

Cara Membuat Bir Pletok Khas Betawi

Bahan-Bahan:


- 1500 cc air
- 10 gr (4 Lembar) Daun Pandan, dibikin simpul
- 125 gr jahe iris tipis
- 60 gr (5 Batang) serai
- 1 gr (2 butir) cengkih
- 4 gr (3 cm) kayu manis
- 1 gr pala
- 10 gr Kayu secang jika ada
- 5 gr (5 Lembar) Daun Jeruk, dibuang tulang daun
- 250 gr gula pasir
- Es batu di pecahkan dengan ukuran sesuai dengan hasrat

Baca Juga : Cara Membuat Resep Pisang Nugget Kekinian Untuk Jualan

Cara Membuat Bir Pletok Khas Betawi:

1. Simpan air dalam panci bersama dengan daun pandan, jahe, serai, cengkih,kayu manis, pala, kayu secang , daun jeruk serta gula pasar. Masak hingga mendidih.
2. Selanjutnya tutup panci, lalu kecilkan apinya hingga tercium aroma rempah. Selesai lebih 30 menit, angkat dari atas api.
3. Sisihkan hingga dingin. Saring minuman serta buang ampasnya. Lantas tuangkan ke botol-botol serta taruh dalam almari es. Sesudah dingin, sediakan minuman dalam gelas, imbuhkan es batu.
Catatan:
- Kayu Secang tidak memberikan efek rasa, cuma pengharuh warna.

Itulah Resep bir pletok khas betawi dan Manfaat untuk Kesehatan tubuh, Selamat Mencoba!

Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Minuman Bir Pletok dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar