Inilah 15 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Ada beberapa Manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh yaitu mencakup membantu memperlancar pencernaan, menyembuhkan infeksi influenza, sampai masalah kegelisaan. Bukti tunjukkan jika buah yang masih tetap dekat dengan keluarga ceri serta kacang ini kaya anti-oksidan.

Buah plum ialah jenis tanaman yang masuk ke genus Prunus dari famili Rosaceae mencakup persik, aprikot, serta nektarin. Buah ini memiliki beberapa variasi warna serta bentuk, lebih dari 2000 varietas.

Buah plum merah adalah salah satunya jenis buah plum yang memiliki warna merah gelap ada keungu-unguan. Buah plum merah ini adalah salah satu buah yang ukurannya hampir mirip seperti buah apel. Tahukah anda jika buah plum merah ini tidak hanya memiliki rasa manis serta lezat nyatanya buah plum merah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi vitamin serta mineral dan kandungan yang lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Mengenai beberapa manfaat buah plum merah ialah seperti berikut.

Inilah 15 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan Tubuh Anda


1. Mengandung serat serta anti-oksidan tinggi

Buah plum kaya manfaat sebab memiliki kandungan serat serta anti-oksidan yang tinggi. Beberapa kandungan gizi buah ini yakni vitamin, mineral, asam folat, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, seng, lemak jemu, serta anti-oksidan. Plum bisa menangkis serangan jantung, turunkan kandungan cholesterol, serta memiliki zat anti-kanker.

Baca Juga : Manfaat dan Cara Mudah Mengupas Buah Kiwi

2. Memperlancar pencernaan

Buah plum hitam memiliki kandungan banyak serat yang bermanfaat untuk membuat lancar proses pencernaan serta memperbaiki skema pencernaan hingga bisa keluarkan toksin di pada tubuh.

3. Menahan anemia

Selain manfaat sebagai memperlancar pencernaan Anda. Buah plum hitam memiliki kandungan zat besi yang bisa menahan penyakit anemia.

4. Obat Alzheimer

Dikutip dari Surya, beberapa periset Australia mengatakan jika satu jenis buah plum Australia, yakni plum Kakadu, bisa saja obat ampuh bagi penyakit Alzheimer. Menurut beberapa pengamat itu, buah ini memiliki kandungan anti-oksidan yang dapat hentikan penyakit Alzheimer yang mematikan beberapa sel otak.

Baca Juga : Manfaat dan Bahaya Masker Spirulina Untuk Wajah

5. Menolong Mengatasi Obesitas

Nah, bagi Anda yang memiliki berat tubuh berlebihan atau obesitas, coba imbuhkan buah plum dalam menu diet Anda. Bukan tiada karena, menurut riset yang dikerjakan oleh University of Liverpool, buah plum dapat dibuktikan bisa membantu turunkan berat tubuh.

6. Mendukung Kelancaran Guna Sistem Saraf

Buah plum memiliki kandungan vitamin B-6 yang begitu terpenting bagi skema saraf pusat, diantaranya untuk membantu proses penghantaran tanda saraf, membantu dalam perkembangan normal otak serta membantu terbentuknya hormon yang akan merubah mood atau situasi hati seorang.

7. Turunkan kolesterol

Asam propionat yang dibuat serat buah plum termasuk juga jenis serat tidak larut. Bukti medis sampai kini memberikan laporan jika asam propionat memiliki sifat penurun kolesterol. Dalam studi hewan, asam propionat sudah dapat dibuktikan menghalangi HMG-CoA reduktase, enzim yang ikut serta dalam produksi kolesterol oleh hati.

8. Kurangi resiko diabetes

Buah plum hitam memiliki sifat anti-hiperglikemik yang bisa mengatur kandungan gula darah. Dari riset ikut dibuktikan bila plum hitam dapat kurangi kandungan glukosa darah serta trigliserida di pada tubuh. Buah plum hitam bisa kurangi kemungkinan diabetes type 2.

Baca Juga : 7 Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

9. Membantu Mengatasi Kecemasan

Mungkin banyak yang belumlah tahu, jika dengan konsumsi buah plum dengan teratur bisa membantu menangani masalah kekhawatiran. Berdasar pada studi, nyatanya manfaat buah plum yang satu ini karena efek anxiolytic serta sifat anti-oksidan dari asam klorogenik yang ada di buah plum yang sudah dapat dibuktikan bisa menangani masalah kegelisahan yang dikarenakan oleh stres oksidatif.

10. Turunkan resiko kanker usus besar

Kanker usus besar sering susah dideteksi, tetapi perubahannya dapat begitu ganas. Makan makanan tinggi anti-oksidan dilaporkan bisa membantu menekan resiko Anda pada kanker ini.

11. Sumber Mineral serta Vitamin yang Baik untuk ibu Hamil

Ibu hamil tentu saja memerlukan vitamin serta mineral yang lebih banyak saat kehamilan. Nah, buah plum dengan beberapa vitamin serta mineral yang terdapat didalamnya tentunya bisa jadi jawaban akan keperluan ini. Kandungan flavonoid, vitamin C, vitamin B6, zat besi, sorbitol, isatin, serat yang tinggi serta beberapa senyawa yang lain tidakkah cukuplah jadikan buah ini menjadi sumber alami yang baik untuk ibu hamil?

12. Menjaga kesehatan mata

Buah plum hitam memiliki kandungan vitamin A. Vitamin A berperan untuk mengawasi, membuat perlindungan serta tingkatkan kualitas organ mata dalam lihat.

13. Membantu Menjaga Keseimbangan Asam-Basa Badan

Buah plum memiliki kandungan kalium yang melimpah, seperti yang kita kenali kalium adalah elektrolit yang begitu terpenting bagi manfaat saraf serta otot. Oleh karenanya, dengan konsumsi buah plum yang kaya kalium ini tentu saja begitu punya pengaruh sekali dalam membantu mengendalikan kontraksi otot serta mengendalikan kesetimbangan asam-basa badan.

Baca Juga : Pantangan Ibu Hamil? Makanan yang Harus Dihindari

14. Menjaga kesehatan jantung

Buah plum hitam memiliki kandungan vitamin K yang berperan untuk mengatur atau mengendalikan denyut jantung dan membuat lancar saluran darah. Hingga baik untuk menahan pembekuan darah di pada tubuh.

15. Menunjang Proses Pembekuan Darah

Buah plum ikut memiliki kandungan vitamin K yang bertindak terpenting dalam proses pembekuan darah. Contoh kecilnya saat jari Anda terluka oleh irisan pisau, tentu saja darah akan mengucur bukan. Nah, disinilah vitamin K akan kerja untuk percepat proses pembekuan darah supaya darah tidak terus-terusan mengucur.


Buah plum memang jarang diketemukan serta dikonsumsi oleh penduduk di Indonesia sebab adalah salah sebuah yang di-import di luar negeri. Namun, tidak ada kelirunya kita tahu apa manfaat tersembunyi di balik buah plum hitam ini.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 15 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar