34 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga

Baik buah naga merah atau buah naga putih atau ungu saling memberi efek yang sangat mengagumkan untuk kesehatan tubuh kita. Dengan konsumsi buah naga secara rutin akan meningkatkan kebal tubuh serta memberi zat dan vitamin lainnya yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Manfaat serta kandungan buah naga sangat baik untuk beberapa jenis perihal serta pemenuhan vitamin serta mineral dalam tubuh. manfaat buah ini sangat banyak bila dikonsumsi secara rutin maka membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Apakah kandungan dari buah naga?
Memiliki kandungan seputar 60 kalori serta kaya akan vitamin C, B1, B2 serta B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, serta fosfor. Buah naga ini memiliki kandungan seputar 60 kalori serta kaya akan vitamin C, B1, B2 serta B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, serta fosfor.

Tetapi tahukah kamu jika buah naga mempunyai jenis yang bermacam? Berikut beberapa jenis buah naga bersama dengan kandungan gizi serta manfaat buah naga yang banyak untuk tubuh kita.


34 Manfaat Buah Naga Kuning Untuk Kesehatan

1. Buah Naga Putih

 
Tipe buah naga putih adalah varietas yang seringkali didapati. Buah naga jenis ini adalah jenis buah yang sangat mudah untuk dibudidayakan, bahkan juga cukup dengan memakai alat pot tanaman saja buah naga putih bisa tumbuh subur.

Jika disaksikan selintas buah naga putih mempunyai warna kulit merah cerah dengan ujung sisik berwarna kehijauan. Buah ini mempunyai rasa asam serta dikit manis, pas untuk di proses jadi es buah atau salad buah.

2. Buah Naga Merah

Selintas penampilan buah naga merah hampir sama juga dengan buah naga putih, akan tetapi buah naga merah warna kulitnya lebih merah pekat. Sisi daging buah naga merah mempunyai warna merah marun. Buah naga jenis ini mempunyai tekstur daging buah yang lebih berair dibanding dengan buah naga putih.

Perasaan buah naga merah lebih manis serta harga yang di tawarkan ikut cukup mahal, yaitu 2x lipat dari harga buah naga putih. Perasaan manis dari buah naga merah sangat pas untuk disantap langsung atau di proses jadi smoothie atau juice buah. Ada banyak manfaat buah naga merah yang akan kamu temukan untuk kesehatan tubuh. Diantaranya ialah kurangi kemungkinan diabetes melitus.

3. Buah Naga Kuning

Jenis buah naga yang satu ini tampak berlainan dengan ke-2 buah naga awal mulanya. Buah naga ini mempunyai warna kuning cerah pada bagian kulit serta bagian buah mempunyai warna putih cerah.

Ukuran buah naga kuning dapat disebut lebih kecil dibanding dengan buah naga jenis lainnya. Kehadiran buah naga kuning di Indonesia masih tetap cukup langka, cuma beberapa pasar swalayan moderen yang menyiapkan buah ini serta harga yang di tawarkan ikut cukup tinggi.

4. Buah Naga Hitam

Buah naga hitam mungkin masih tetap terasa asing di Indonesia sebab memang sedikit penduduk yang tahu terdapatnya buah ini. Hal tersebut cukup lumrah, sebab budidaya buah naga hitam baru saja serta keberadaannya masih tetap sangat hanya terbatas.

Sama dengan namanya daging buah naga hitam berwarna hitam pekat. Warna hitam pekat pada daging buah ini berasal dari pupuk alami yang bernama black alami. Pupuk alami ini dapat tingkatkan kandungan betakaroten pada buah naga hingga membuat warna dagingnya menjadi hitam pekat.

Cara Pilih Buah Naga Matang?

Beberapa ciri buah naga yang fresh serta telah matang. Buah naga dengan tingkat kematangan yang cocok akan mempunyai rasa serta tektur yang lembut. Cara pilih buah naga yang telah masak dapat dikerjakan dengan cara menekan permukaan kulit buah naga.


Jika kulit buah naga dapat selekasnya kembali pada bentuk sebelumnya itu bermakna buah naga telah matang. Janganlah pilih buah naga yang mempunyai tekstur kulit keras, sebab hal tersebut mengisyaratkan buah itu masih tetap membutuhkan waktu untuk sampai tingkat kematangan.

Baca Juga : Manfaat dan Cara Mudah Mengupas Buah Kiwi

Sebab buah naga mempunyai kulit yang cukup tebal, saya miliki dikit panduan bagaimana cara mengupas buah itu dengan benar supaya tidak belepotan ke mana-mana. Yuk dibaca!

1. Sediakan perlengkapan
 

Anda cuma butuh mempersiapkan talenan, pisau buah ukuran tengah, dan piring untuk menata buah naga yang telah dipotong. Dikit panduan, untuk memperoleh rasa manis serta manfaat optimal dari buah naga, anda mesti pilih buah naga yang telah betul-betul matang. Buah naga yang telah matang akan terasa empuk waktu didesak. Warna kulitnya juga pink-kemerahan. Yakinkan ikut pilih buah naga dengan kulit yang mulus ya!

2. Iris buah naga jadi beberapa bagian


Untuk memudahkan anda mengupas buah naga, anda mesti membelahnya dahulu jadi beberapa bagian. Pertama kali, potong ke-2 bagian ujung buah naga itu, lantas belah memanjang jadi dua bagian. Sesudah itu, belah melintang jadi beberapa potongan kecil. Ukuran potongan dapat sesuai dengan keperluan atau hasrat anda. Bila buah naga itu akan dijus, anda dapat memotongnya secara asal. Tetapi bila buah naga itu akan diberikan menjadi kudapan fresh, yakinkan memotong dengan ukuran yang sama besar, ya!

3. Kupas buah naga serta sediakan di piring


Sesudah pastikan bentuk serta ukuran potongan buah naga, anda mulai bisa mengupasnya. Kupas buah naga seperti anda mengupas buah mangga. Atau anda dapat juga mengupasnya dengan tangan. Kulit buah naga akan mengelupas dengan sendirinya.


Manfaat buah naga merah atau naga putih sangat banyak. Seperti 34 manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin yang dirangkum Dream dari beberapa sumber di bawah ini.


34 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan


34 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

1. Membantu kurangi berat badan

Isi perut dengan makanan kaya akan serat dan rendah kalori yaitu buah naga ini akan membuat perut Anda selalu merasa kenyang tiada butuh takut akan menambahnya berat badan. Selan itu buah naga akan membuat pencernaan makin lancar sebab memiliki kandungan banyak air.


Baca Juga : 10 Manfaat Minuman Bir Pletok dan Cara Membuatnya

2. Dapat mencegah kanker

Sama dengan buah merah yang lain, terdapat kandungan lycopene pada buah naga. Lycopene, yang sebagai menjadi penyedia warna merah pada buah naga, sudah dapat dibuktikan bisa merendahkan resiko terserang kanker prostat.


Bukan sekedar lycopene, buah naga ikut kaya akan anti-oksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini pula kaya serat, kalsium, fosfor, serta vitamin C serta B2, dan yang membantu keluarkan toksin logam dari tubuh yang beberapa salah satunya bisa mengakibatkan kanker.

3. Cocok untuk Diet

Sama seperti dengan point pertama, bagi Anda yang tengah berdiet baik untuk turunkan berat badan ataupun untuk mengawasi berat badan baik Anda, mak tidak salah bila Anda memanfaatkan manfaat buah naga untuk diet. Konsumsi buah naga secara teratur akan membuat perut Anda selalu merasa kenyang tiada takut tubuh akan melar.

4. Membantu proses detoksifikasi

Menjadi sumber anti-oksidan, buah naga bisa kurangi radikal bebas dalam tubuh hingga proses detoksifikasi (pengeluaran toksin dalam tubuh)akan berjalan mulus.

5. Dapat mencegah diabetes

Karakter antioksidannya ini pula berperan untuk menahan terjadinya diabetes melitus sebab bisa membunuh sel jahat yang umumnya dibuat oleh gaya hidup serta skema makan yang tidak sehat. Buah naga ikut aman bagi pasien diabetes sebab kandungan gulanya yang sangat kecil.

6. Menghindar tekanan darah tinggi serta serangan jantung


Lycopene, tidak hanya berperan menjadi pencegah kanker ikut berperan menjadi penurun desakan darah dan menahan penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak sebab biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 serta omega 6 yang bisa membantu memudahkan masalah kardiovaskular.

7. Tingkatkan sistem kebal tubuh

Manfaat buah naga untuk skema kebal tubuh adalah resikonya dari buah naga yang banyak terkandung nutrisi serta gizi. Diluar itu, dengan rajin konsumsi buah naga, jadi proses pengobatan baik luka luar ataupun luka luar akan makin cepat juga.


Baca Juga : 7 Buah Untuk Menaikan Trombosit Pada Tubuh Secara Alami

8. Tingkatkan nafsu makan

Vitamin B1 serta B2 yang ada di buah naga akan membuat nafsu makan jadi bertambah bila rutin konsumsi buah naga terpenting untuk anak-anak yang umumnya sulit makan. Memang berlainan dengan manfaat buah naga untuk diet, akan tetapi bagi Anda yang diet, cukup dengan ganti makanan keseharian dengan buah naga yang mengenyangkan tiada takut tubuh melar.

9. Membantu permasalahan pencernaan

Untuk membersihkan pencernaan Anda, konsumsilah buah naga. Kandungan fiber atau serat yang tinggi bisa membantu pencernaan serta mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan mengonsumsi dagingnya yang memiliki kandungan protein baik, bisa membuat badan Anda sehat serta fresh.10. Tunda penuaan awal

Manfaat buah naga untuk kecantikan yaitu dengan perlambat penuaan diri. Perihal ini karena anti-oksidan yang akan membuat kulit masih kencang serta beregenerasi dengan baik.

10. Membantu memudahkan batuk serta asma

Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 serta omega 6 yang bisa membantu memudahkan masalah respirasi hingga bagi Anda yang menanggung derita asma atau tengah batuk tidak berhenti-berhenti, maka dikit terobati. Akan tetapi bukan dapat juga disebutkan jika buah naga adalah obat dari asma.

11. Membantu memperlancar peredaran darah


Kalsium yang ada pada buah naga akan mengawasi kesehatan tulang serta gigi Anda. Dan zat besi dan fosfor akan membantu memperlancar peredaran darah serta membantu memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh.

12. Menjaga stabilitas desakan darah serta gula darah


Konsumsi buah naga dapat untuk mengawasi stabilitas desakan darah serta gula darah pada ibu hamil hingga bisa hindari komplikasi kehamilan. Sebab desakan darah serta gula darah yang tinggi saat kehamilan bisa mengakibatkan ibu hamil alami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil serta janin yang dikandungnya.

13. Mencegah Osteoporosis

Konsumsi buah naga merah sangat baik untuk menahan penyakit pengeroposan pada tulang atau yang biasa diketahui dengan panggilan arti osteoporosis. Hal itu karena di buah itu ada kandungan kalsium organik yang sangat baik untuk tulang.

14. Dapat mencegah serta mengatasi kurang darah (anemia)

Buah naga dapat juga menahan serta mengatasi kurang darah atau anemia. Dengan konsumsi buah naga, bisa menahan anemia, karena buah naga kaya akan zat besi menjadi penyusun penting sel darah merah.

15. Baik untuk pasien demam berdarah

Pasien demam berdarah dapat alami penurunan trombosit yang sangat berarti, bahkan juga dapat mengakibatkan kematian bila tidak diobati dengan cepat. Wajarnya, tiap-tiap orang mempunyai jumlahnya trombosit seputar 150.000-450.000 untuk tiap-tiap mikroliter darah. Sedang pasien demam berdarah dapat cuma mempunyai 10.000 saja. Tetapi janganlah cemas, sebab Anda bisa tingkatkan kembali jumlahnya trombosit dengan memberikan beberapa jenis buah serta sayuran ke pada makanan Anda.


Baca Juga : Inilah 15 Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

16. Dapat tingkatkan imunitas (kebal tubuh)

Buah naga memiliki kandungan vitamin C, yang berperan untuk tingkatkan kebal atau ketahanan tubuh. Dengan konsumsi buah naga jadi bisa menahan serangan dari beberapa jenis penyakit.

17. Meningkatkan tenaga serta kekuatan


Ibu yang tengah hamil memerlukan semakin banyak daya (tenaga) dalam melakukan kegiatan keseharian. Sebab mesti berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena, dalam 100 gr buah naga memiliki kandungan seputar 9 - 14 gr karbohidrat yang berperan menjadi suplemen daya yang alami. Ibu hamil yang konsumsi buah naga akan memperoleh penambahan tenaga serta kemampuan.

18. Mencegah keguguran serta kelahiran prematur

Kandungan asam folat yang ada pada buah naga berperan untuk menguatkan janin, dan mencegah keguguran serta kelahiran prematur.

19. Kurangi nyeri arthritis


Arthritis adalah penyakit yang berbentuk akut serta berlangsung seumur hidup, umumnya menyerang pria serta wanita dengan umur diatas 55 tahun. Arthritis bisa memunculkan sakit yang serius, iritasi serta imobilitas sebab dampak langsung pada sendi kita. Untungnya beberapa jenis buah serta sayur bisa membantu kurangi serta menantang penyakit ini, diantaranya buah naga.

20. Memperindah Penampilan Fisik


Buah naga merah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi hingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh terpenting pada kulit. Buah naga merah banyak juga dimanfaatkan menjadi bahan dasar perawatan tubuh yaitu dengan mengolahnya jadi krim lulur dan lain-lain.


21. Memperkuat tulang serta gigi

Kandungan mineral-mineral ikut ada pada buah naga,yakni : kalsium, magnesium, serta fosfor yang bermanfaat untuk menguatkan tulang serta gigi. Konsumsi buah ini membuat ibu hamil serta janin yang dikandungnya akan mempunyai tulang yang kuat serta menahan pengeroposan tulang.

22. Memperbaiki pencernaan

Manfaat buah naga untuk ibu hamil dapat untuk memperbaiki pencernaan. Ibu hamil mudah alami sembelit atau sulit buang air besar, sebab dampak hormonal serta tekanan janin dalam perut. Buah naga ialah buah yang kaya akan serat yang berfungsi untuk memperlancar pencernaan serta menjaga kesehatan usus.


Baca Juga : 7 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Bagi Kecantikan

23. Membantu perubahan serta perkembangan janin


Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang sangat terpenting ialah membantu perubahan janin. Hingga bayi bisa lahir dengan kondisi normal serta sehat.

24. Menyembuhkan kulit terbakar


Buah naga merah memiliki kandungan vitamin B3 yang bisa membantu melembabkan kulit dan melepas panas karena sengatan cahaya matahari. Bila Anda memperoleh sangat banyak paparan cahaya matahari serta merasa terbakar, cukup campur juice buah naga merah dengan beberapa mentimun atau lidah buaya. Berikan kombinasi ini pada kulit yang terbakar untuk menentramkan dan mengobatinya.

25. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten di buah naga merah dapat membantu menjaga kesehatan mata hingga sangat baik untuk dikonsumsi.

26. Memperkuat tulang serta gigi

Kandungan mineral-mineral ikut ada pada buah naga,yakni : kalsium, magnesium, serta fosfor yang bermanfaat untuk menguatkan tulang serta gigi. Konsumsi buah ini membuat ibu hamil serta janin yang dikandungnya akan mempunyai tulang yang kuat serta menahan pengeroposan tulang.

27. Tingkatkan fungsi otak

Tidak disangsikan lagu jika otak memegang posisi teratar dalam rincian organ terpenting di tubuh kita. Buah naga dengan kekuatannya untuk tingkatkan produksi sel darah merah, memiliki kandungan beberapa vitamin serta mineral terpenting yang bisa melindungi otak kita dari rusaknya.

28. Membantu Menurunkan Batuk


Manfaat buah naga merah setelah itu yakni bisa membantu menurunkan penyakit batuk. Lagi-lagi manfaat ini terdapat kandungan vitamin B3 di dalamnya bagus untuk kesehatan.

29. Menyehatkan rambut


Buah naga, terpenting yang mempunyai daging buah berwarna merah, memiliki kandungan banyak anti-oksidan serta enzim yang dapat membuat rambut Anda jadi lebih halus serta sehat. Bila Anda mempunyai rambut yang kurang sehat, Anda dapat memperbaikinya memakai buah naga, yang butuh Anda kerjakan cuma konsumsi atau minum juice buah naga secara rutin serta lihat pergantian pada rambut Anda.


Baca Juga : Cara Merebus Telur dan Mengupasnya Agar Tidak Pecah

30. Meningkatkan tenaga serta kekuatan


Ibu yang tengah hamil memerlukan lebih banyak daya (tenaga) dalam melakukan kegiatan keseharian. Sebab mesti berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena, dalam 100 gr buah naga memiliki kandungan seputar 9 - 14 gr karbohidrat yang berfungsi menjadi suplemen daya yang alami. Ibu hamil yang konsumsi buah naga akan memperoleh penambahan tenaga serta kemampuan.

31. Menyehatkan kulit dari dalam

Dengan kandungan anti-oksidan yang tinggi, buah naga bisa menyehatkan kulit kamu dari dalam bila dikonsumsi secara rutin. Ditambah lagi, buah naga kaya akan vitamin C yang membuat kulit terlihat makin fresh!

32. Melawan tanda-tanda penuaan

Yes, buah naga adalah sumber anti-oksidan baik yang bisa memberantas radikal bebas. Ingin kulit yang terlihat halus serta lebih awet muda? Kamu dapat membuat dragon fruit face pack sendiri di dalam rumah, lho. Campur 1/2 potongan buah naga dengan 1 sendok makan yogurt sampai halus. Berikan hasil cream itu di muka kamu, lantas biarlah saat 20 menit sebelum mencuci. Pakai face mask itu satu minggu sekali, serta kamu bisa lihat akhirnya sesudah dua bulan!

33. Menjaga kulit supaya tidak kering

Did you know? Buah naga bukan sekedar kaya akan vitamin C, tapi ikut mempunyai kandungan air setinggi 90%. Karenanya, buah naga bisa menjaga kelembaban kulit dengan memberikan water konten dalam tubuh kamu.

34. Mengobati jerawat

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga bisa membantu menurunkan jerawat, lho. Haluskan 1/4 potongan buah naga, lalu pakai kapas untuk mengoleskannya diatas jerawat. Sesudah itu, biarlah saat 20 menit sebelum dibasuh. Lagi proses itu 2x satu minggu untuk kulit bebas jerawat!



Efek Samping Buah Naga


Sampai sekarang ini belum juga diketemukan efek samping mengkonsumsi buah naga, buah ini bisa dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui, penderita diabetes, penyakit jantung, sampai penderita asma. Akan tetapi perlu untuk diketahui jika satu satu nya efek yang akan anda terima ialah air seni serta feses yang cukup beralih kemerah-merahan.

Buah naga merah rasanya bisa jadi pilihan yang tepat dalam penuhi keterbutuhan tubuh akan nutrisi serta beberapa hal mendasar yang lain. Demikian keterangan tentang beberapa manfaat yang terkandung dalam buah naga merah, mudah-mudahan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "34 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan"

Posting Komentar