10 Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pare Di Masakan

Cara menghilangkan rasa pahit pada masakan

Pare diketahui menjadi sayuran yang begitu pahit. Rasa pahit pada pare ini memperingatkan kita pada daun pepaya yang tidak kalah pahit. Nah, bila rasa pahit daun pepaya saja dapat di hilangkan, ditambah lagi pahit dari sayur pare. Jadi, Anda tidak butuh cemas sebab sayur pare yang notabene pahit bisa menjadi lebih nikmat.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan :
  • Mengobati luka dan anti jamur.
  • Anti virus.
  • Turunkan kadar lemak darah.
  • Anti kanker.
  • Turunkan tingkat gula darah.
  • Anti mikroba.
  • Mengobati bisul.
  • Menurunkan rasa sakit.

Sebelum mulai memasak pare, ketahui dahulu 10 cara menghilangkan rasa pahit pada pare yang begitu ampuh ini agar olahan masakan pare tidak pahit dan enak. Ditanggung, rasa pahit pare akan hilang atau sekurang-kurangnya lebih menyusut. Bahkan juga, masakan olahan pare Anda bertambah disenangi oleh beberapa orang yang awal mulanya tidak suka pada pare sebab rasanya yang pahit.


10 Cara Menghilangkan Rasa Pahit pada Pare


Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pare

1. Jeli dalam Memilih Pare
 
Sebelum mengulas lebih dalam tentang cara menghilangkan rasa pahit pada pare, dikit tips yang terkait dengan cara menghilangkan rasa pahit pare. Tips ini sekitar cara memilih pare yang rasanya tidaklah terlalu pahit.

Bila Anda ingin mencari pare yang tidak pahit, pilih pare yang ukurannya sedang. Masalahnya makin besar ukuran pare jadi makin pahit juga rasanya. Diluar itu, Anda pun wajib memilih pare dengan warna hijau tua karenanya ialah pare yang masih tetap muda. Ciri-ciri pare yang telah tua ialah warnanya condong muda. Nah, pare yang telah tua ini umumnya mempunyai rasa yang begitu pahit.

Cara memilih pare tidak pahit ini sangat mungkin Anda memperoleh pare yang tidaklah terlalu pahit. Untuk menghilangkan rasa pahit pada pare, baca tips di beberapa poin setelah itu.

2. Remas dengan Garam

Salah satunya cara menghilangkan rasa pahit pada pare yang seringkali dipakai di Iindonesia ialah cara meremas pare dengan garam. Pertama kali, iris pare jadi dua sisi serta buang biji ataupun selaput putih yang melekat pada daging pare.

Irislah tipis pare sampai semua dagingnya habis. Taburkan garam meja ke potongan pare itu. Remas-remas pare sampai teksturnya layu. Sesudah diremas-remas saat beberapa waktu, basuh pare dengan air lantas tiriskan airnya. Potongan pare ini telah siap dimasak sama dengan selera Anda.

3. Remas dengan Gula Pasir

Tidak hanya garam, Anda bisa memanfaatkan gula pasir untuk menghilangkan rasa pahit pare. Buat Anda yang mempunyai hipertensi, gula pasir ini dapat jadi jalan keluar untuk bikin sayur pare jadi tidaklah terlalu pahit.

Pada intinya, cara menghilangkan rasa pahit pada pare dengan memanfaatkan gula pasir sama juga dengan saat Anda memakai garam. Anda cuma butuh memotong pare dengan ketebalan sesuai dengan selera, lalu taburkan gula pasir. tahap selanjutnya ialah meremas-remas pare dengan gula pasir saat beberapa waktu. Sesudah tuntas, pare mesti dibasuh serta dapat dimasak sama dengan kemauan kita.

4. Rendam di Yoghurt


Satu kembali cara untuk menghilangkan rasa pahit pare secara alami. Kesempatan ini, bahan yang digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pare ialah yoghurt. Ya, yoghurt plain alias tiada rasa ialah pilihan terunggul untuk menghilangkan rasa pahit dari sayur pare.

Pare yang telah dicuci serta iris tipis-tipis direndam di mangkok berisi yoghurt plain. Rendam saat satu jam untuk menghilangkan rasa pahit yang pekat pada pare. Setelah itu, sisihkan pare serta yoghurt, lantas basuh pare dengan air sampai tidak ada bekas yoghurt-nya.

5. Rebus dengan Daun Jambu Biji


Daun jambu biji bisa menangani beberapa masalah pencernaan. Akan tetapi, daun ini dapat juga dipakai untuk menetralisir rasa pahit sayuran. Tidak cuma pare saja, daun jambu biji dapat juga menghilangkan pahit pada daun pepaya.

Cara menghilangkan rasa pahit pada pare dengan daun jambu biji cukuplah gampang. Rebus pare yang telah iris serta dibuang bijinya di di air. Masukan 5-6 lembar daun jambu biji ke air rebusan. Biarlah pare serta daun jambu biji ini terebus saat lima menit.

Tuntas merebus, tiriskan air rebusan serta disisihkan pare dengan daun jambu biji. Basuh pare dengan air matang, lantas masaklah sama dengan kemauan Anda.

6. Rebus dengan Cuka, Garam, serta Gula


Bila meremas-remas pare dengan garam atau gula kurang dapat menghilangkan rasa pahit pare, ini waktunya Anda coba cara yang cukuplah ampuh, yaitu dengan merebus pare bersama dengan cuka, garam, serta gula. Gabungan ke-3 bumbu dapur ini dapat menetralkan rasa pahit pare.

Siapkan secangkir cuka putih, dua sendok makan garam, serta dua sendok makan gula pasir. Masukan potongan pare ke air rebusan dengan bumbu daput itu. Biarlah pare serta beberapa bahan yang lain di rebus saat dua menit, lantas tiriskan air serta basuh dengan air bersih bila Anda ingin memasak pare.

7. Rebus dengan Tanah Liat


Pare adalah sayuran yang rasa pahitnya kadang membuat beberapa orang tidak tahan untuk menyantapnya. Di satu sisi, sayur ini bisa memberi sangat banyak manfaat buat kesehatan. Rasa pahit pada pare nyatanya bisa ditangani dengan cuma bermodalkan tanah liat.

Ya, tanah liat atau tanah lempung yang di rebus dengan pare akan menyerap rasa pahit dari sayuran itu hingga sesudah dimasak jadi rasanya juga bertambah enak. Akan tetapi, sesudah merebus pare dengan tanah liat jadi Anda mesti membilasnya berulang-kali sebelum parenya dimasak.

8. Masak dengan Bumbu yang Asin

Tidak bisa disangkal jika rasa pahit pare memang cukuplah mengganggu buat orang yang belumlah terlatih menyantapnya. Akan tetapi, Bacaterus ingin memberi jalan keluar untuk memproses pare supaya tidak asin, yaitu dengan memberikan bumbu-bumbu yang asin, seperti kecap asin, tauco, kecap ikan, ikan asin, serta beberapa bahan asin yang lain.

Dengan rasa asin, cita rasa pahit dari pare sedikit akan tersamarkan. Akhirnya, sajian olahan pare jadi terasa tidaklah terlalu pahit di lidah.

9. Peras Jus Pare

Sebelum Anda mulai memotong serta memasak pare, alangkah sebaiknya bila Anda memeras air dari buahan itu terlebih dulu. Air di pare ikut punya potensi memunculkan rasa pahit. Jadi, jika Anda telah memeras air pare, coba memasaknya serta imbuhkan rempah-rempah lainnya supaya rasanya lebih nikmat.

10. Masak Bersama dengan Telur

Pare umumnya dimasak jadi tumisan. Nah, untuk menyamarkan rasa pahit dari pare, imbuhkan telur kocok ke tumisan Anda. Telur yang telah dibumbui dengan garam serta merica, lantas dikocok terlepas serta ditambahkan ke tumisan pare.

Tidak hanya aromanya lebih harum, kehadiran telur dalam tumisan Anda dapat juga menetralkan rasa pahit pare. Imbuhkan cabai rawit bila Anda suka pada makanan pedas. Rasa pedas cabai ikut menolong menghilangkan rasa pahit dari pare.

Nah itu, 10 cara menghilangkan rasa pahit pare ini begitu bermanfaat buat Anda yang susah temukan cara untuk mengatasi rasa pahit pare. Dengan cara-cara ini, sayur pare yang Anda masak bertambah enak serta tidaklah terlalu pahit.