10 Fakta Unik Bulan Oktober, Pernah Hanya 21 Hari?

Bulan Oktober

Apa kamu salah satu orang yang suka saat hadir bulan Oktober? Atau kamu lahir pada bulan Oktober? Buat sebagaian orang, Bulan Oktober jadi bulan yang dinanti-nantikan setiap tahun, sebab ada peristiwa-peristiwa yang dinantikan pada bulan itu.

Seperti yang kita ketahui, bulan Oktober ialah bulan ke-10 dalam kalender masehi. Bulan Oktober hadir sesudah bulan September serta sebelum bulan November. Diluar itu, bulan Oktober memiliki 31 hari setiap tahunnya. Nah tidak hanya fakta-fakta itu, nyatanya ada fakta unik yang lain yang perlu kalian tahu mengenai bulan Oktober. Tersebut 10 fakta unik dari bulan Oktober.

1. Bulan Oktober ialah bulan kedelapan

Mungkin beberapa orang tidak yakin dengan fakta ini, sebab saat ini bulan Oktober ialah bulan ke-10. Tetapai bila disaksikan dari asal saran namanya, Oktober bersala dari kata okta yang berarti delapan. Kurang lebih mengapa delapan? Sebab sebelum kalender Masehi atau kalender Romawi yang disempurnakan, mereka cuma memiliki sepuluh bulan pada sebuah tahun serta bulan oktober ialah bulan ke-8. Bulan Januari serta Februari waktu itu belumlah dimasukan dalam kalender. Sebab ke-2 bulan itu adalah musim dingin yang tidak dirasa oleh bangasa Romawi. Hingga bulan Oktober adalah bulan ke-8 saat itu.


Baca Juga : Fakta dan Sifat Anak Pertama Dalam Urusan Percintaan

2. Bulan Oktober sempat cuma 21 hari

Kita tahu jika bulan Oktober terdiri dari 31 hari. Tetapi tahukah kamu jika bulan Oktober sempat cuma 21 hari saja? Ditahun 1582 bulan Oktober cuma memiliki 21 hari di benua Eropa. Perihal ini tejadi sebab terdapatnya persetujuan beberapa dewan katolik yang disebut agama dengan penganut paling banyak di Eropa. Mereka waktu itu tidak memakai tanggal 5 sampai 14. Akan tetapi sebab banyak yang memprotes, pada akhirnya mereka kembali memakai jumlahnya hari seperti saat ini.

3. Hari Peringatan Kanker Payudara

'Breast Cancer Awareness' atau kesadaran kanker payudara diperingati setiap bulan Oktober. Kampanye kesehatan ini direncanakan dengan tahunan yang dikerjakan di bulan Oktober oleh beberapa instansi amal yang mengatasi kanker payudara. Peringatan kesadaran kanker payudara ini mempunyai tujuan untuk mengemukakan pengetahuan mengenai kanker payudara. Seperi apakah sebabnya, mencegah dan perawatan untuk penyakit ini.

4. Bulan Perpustakaan Sekolah Internasional

Pada bulan Oktober juga diperingati menjadi bulan perpustakaan sekolah internasional. Pada bulan ini sebagian besar perpustakaan sekolah lakukan kampanye untuk menggiatkan pekerjaan membaca. Peringatan serta kampanye ini direncanakan oleh organisasi perpustakaan sekolah internasional atau International School Library Month.


5. Bulan pizza nasional di Amerika

Buat kamu penggemar makanan pizza, kamu dapat berencana berlibur di bulan Oktober untuk pergi ke Amerika. Sebab di dulan ini kamu akan kebanjiran promo-promo pizza. Banyak dari restoran-restoran di Amerika yang memberi potongan harga atau bagi-bagi pizza dengan gratis saat bulan Oktober. Sebab pada bulan Oktober beberapa orang di Amerika rayakan bulan pizza nasional.


Baca Juga : 7 Fakta Menarik Asian Para Games 2018 yang Tidak Banyak Diketahui

6. Bunga Calendula, bunga kelahiran di bulan Oktober

Bunga kelahiran atau 'birth flower' adalah simbol dari setiap bulan kelahiran. Bunga ini memiliki arti spesifik serta diakui bisa membawa kebruntungan buat siapa yang lahir di bulan itu. Bunga Calendula ialah bung kelahiran pada bulan Oktober, biasa dimaksud dengan bunga marigold. Bunga ini melambangkan perlindungan, kemurnian jiwa serta keabadian.

7. Perayaan Halloween

Kamu tentunya tidak asing lagi dengan perayaan Halloween. Halloween ialah salah satu perayaan serta festival yang mungkin dinanti-nantikan terpenting di negara amerika. Awalannya, festival ini diperingati oleh bangsa Celtic kuno. Akan tetapi sekarang ini festival ini dirayakan di beberapa negara dalam dunia pada tanggal 31 Oktober. Saat hari Halloween kamu akan temukan beberapa orang yang berdandan ala hantu serta menyebutkan kata "trik or treats'".

8. Batu kelahiran bulan Oktober

Tidak hanya bunga kelahiran, setiap bulan juga memiliki batu kelahirannya semasing. Nah bulan Oktober memiliki dua batu mulia sekaligus juga, yakni batu Opal serta Tourmalin. Batu Opal ialah batuan silica berwarna putih atau tidak berwarna yang melambangkan keinginan, kepolosan serta kemurnian. Sedang batu Tourmalin ialah batu permata berwarna gelap yang melambangkan daya serta stamina.

9. Festival unik, balapan bebek karet

Bulan Oktober memiliki event-event yang unik. Diantaranya seperti yang dlakukan oleh masyarakat Tubingen, Jerman. Pada bulan Oktober, masyarakat didaerah itu membuat balapan bebek karet atau yang umumnya diketemukan dikamar mandi serta dimainkan oleh anak-anak. Seputar 7000 bebek karet berwarna-warni akan penuhi sungai Neckar. Festival ini banyak mengundang wisatawan untuk lihat sebab keunikannya.


Baca Juga : 15 Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Secara Otodidak
 
10. Zodiak di bulan Oktober

Buat kalian yang lahir di bulan Oktober akan memiliki zodiak Libra atau Scorpio. Untuk yang lahir pada tanggal 23 September sampai 23 Oktober akan memiliki zodiak Libra. Sedang yang lahir pada tanggal 24 Oktober sampai 21 November akan berzodiak Scorpio. Apa kamu salah satunya?

Belum ada Komentar untuk "10 Fakta Unik Bulan Oktober, Pernah Hanya 21 Hari?"

Posting Komentar