Skip to main content

Musim Pancaroba? 10 Obat Batuk Alami Paling Ampuh

Musim pancaroba sudah datang, beberapa orang yang mulai terserang efeknya. Seperti diketahui, pancaroba ialah peralihan musim dari kemarau ke penghujan. Waktu peralihan ini, tubuh akan coba menyesuaikan dengan suhu serta iklim yang baru, hingga banyak yang alami masalah kesehatan.

Obat Batuk Alami

Mengenai beberapa permasalahan Kesehatan yang sering muncul waktu pancaroba ialah batuk. Yap, mungkin kamu sempat merasakan juga, kan? Pancaroba memang sering sekali mengakibatkan batuk yang tidak tertahankan serta mengganggu aktivitas keseharian. Walaupun berkesan tidaklah terlalu membahayakan, tetapi batuk juga tidak dapat diremehkan. Masalahnya saat batuk dilewatkan demikian saja kurun waktu lama dapat mengakibatkan terjadinya rusaknya pada bagian tubuh tertentu.

Karena, waktu batuk terus-terusan berjalan, bagian otot dada serta punggung akan memperoleh desakan yang mendadak secara intensif. Mengakibatkan, dapat cukuplah fatal sebab dapat juga memecah tulang sampai mengakibatkan berlangsung pendarahan di dalam tubuh karena retakan tulang itu. Dengan mengetahuinya, tentunya batu jadi satu permasalahan yang cukuplah ngeri, kan?

Akan tetapi, untuk mengatasinya banyak orang lebih pilih mengkonsumsi obat-obatan generik atau obat-obatan warung. Masalahnya mereka memandang jika batuk bukan penyakit serius serta dapat sembuh dengan obat-obatan biasa, tak perlu resep serta panduan dokter.


Baca Juga : Cara Menggemukan Badan Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Walau sebenarnya, asumsi semacam itu tidak seutuhnya benar. Karena sering berlangsung, seorang tidak pulih batuknya walaupun telah konsumsi banyak obat. Hal tersebut tentunya merugikan tubuh, karena bagaimanapun di dalam obat pasti ada senyawa kimia yang berefek serius buat tubuh di masa datang.

Karena itu, tidak ada kelirunya kamu coba obat alami yang aman serta dapat dibuktikan ampuh meredakan batuk. Apa obat alami itu? Tersebut salah satunya.


Musim Pancaroba? Inilah 10 Obat Batuk Alami Paling Ampuh Cocok Untuk Bayi, Anak-Anak, Dewasa


1. Jeruk Nipis


Obat batuk alami dengan jeruk nipis

Perlu diketahui, jeruk nipis ialah obat pereda batuk yang sudah dipakai semenjak jaman dulu. Buah ini dapat dipakai pada beberapa type batuk, terutamanya batuk berdahak. Cara memakainya juga cukuplah gampang, kamu cuma butuh mencampurkan jeruk nipis pada satu sendok kecap manis lalu meminumnya. Jika kamu tidak senang kecap, kamu dapat menggantinya dengan madu.

2. Kunyit


Obat batuk alami dengan kunyit

Jika rempah yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi. Tidak hanya dipakai menjadi bumbu masak, kunyit juga sering jadikan menjadi obat herbal untuk beberapa jenis penyakit, termasuk juga batuk. Hal tersebut karena kunyit mempunyai segudang anti biotik di dalamnya hingga dapat membuat tubuh jadi kebal pada serangan virus atau bakteri pemicu batuk.

3. Madu Murni


Obat batuk alami dengan madu

Obat alami pereda batuk setelah itu madu murni. Sekarang ini, demikian tersedia banyak madu murni di pusat belanja hingga kamu dapat dengan mudah mendapatkannya. Butuh diketahui, madu murni mempunyai kandungan yang bernama dextrometherphan, yakni zat yang dapat mendesak batuk secara efekti. Kamu dapat mengkonsumsinya bersama dengan air hangat pada pagi hari serta malam hari mendekati tidur.

Baca Juga : 7 Buah Untuk Menaikan Trombosit Pada Tubuh Secara Alami

4. Jahe


Jahe untuk meredakan batuk

Setelah itu, kamu dapat memakai jahe untuk menangani batuk, terutamanya berdahak. Karena, di dalam tanaman rimpang ini ada senyawa aktif yang bernama gingerol, fungsinya untuk memberi sensasi hangat pada tenggorokan. Tidak hanya dapat mengobati batuk dengan baik, jahe dapat juga bersihkan dahak yang melekat. Karena itu, rebusan tanaman ini baik dikonsumsi saat malam hari mendekati tidur.

5. Gula Merah


Gula merah

Jika obat alami yang satu ini lebih diperuntukkan untuk batuk kering yang dibarengi demam. Karena, gula merah terbuat dari pohon palma, yang kaya serat serta getah yang berguna. Menjadi, banyak yang memercayai jika gula merah dapat menangani batuk kering secara cepat.

6. Daun Sirih
 


Daun sirih

Sampai sekarang ini, daun sirih memang populer menjadi tanaman obat. Karena, daun sirih mempunyai minyak asri seperti kadanen, sineol, eugenol, kariofolen, tervinen, serta ada banyak lagi. Mengenai salah satunya khasiatnya dapat mengobat batuk serta radang tenggorokan. Cara memakainya cukuplah mudah, kamu cuma butuh merebus beberapa helai daun sirih, lantas minumlah air rebusan itu secara teratur sehari-hari sampai batuk telah mulai mereda.

7. Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh obati batuk

Belimbing wuluh memang sering jadikan menjadi bahan utama dalam membuat sayur asam ataupun sambal. Karena, manfaat dari buah alami ini ialah menjadi penyedap rasa. Akan tetapi, lebih dari itu kamu mesti tahu jika belimbing wuluh dapat juga menurunkan batuk. Cara memakainya cukuplah mudah, kamu cuma butuh memarut atau mengiris belimbing wuluh sampai kecil-kecil, lalu masukan ke satu gelas air garam. Diamkan sesaat, lantas buang ampasnya serta dapat kamu minum.

Baca Juga : 5 Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Harus Kamu Ketahui!

8. Nanas


Nanas

Cara lainnya yang dapat ditempuh dalam menurunkan batuk yaitu dengan konsumsi buah nanas. Riset tunjukkan jika kandungan bromelain yang ada pada buah nanas dapat menurunkan batuk dan mengencerkan lendir di tenggorokan. Untuk memperoleh manfaat nanas ini, coba untuk konsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas fresh sekitar 3 kali dalam satu hari.


9. Kencur

Obat batuk alami kunyit

Buat kaum wanita tentu tidak asing lagi sama kencur, kan? Yap, kencur ialah jamu tradisional yang tebuat dari beras yang telah dihaluskan dengan meningkatkan beberapa bahan alami yang lain. Saat tengah batuk, kamu dapat mengatasinya dengan kencur. Hal seperti ini sudah dapat dibuktikan sejak dahulu serta cukuplah aman, meskipun kamu mengkonsumsinya dalam jumlahnya banyak sekalipun.

10. Bawang


Obat batuk alami untuk anak dengan bawang merah

Cara mengobati batuk bayi serta anak, Anda dapat manfaatkan bawang merah menjadi obat batuk alami. Caranya, irislah bawang jadi beberapa bagian serta letakkan irisan bawang tersebut di samping tempat tidur. Manfaat bawang dalam menurunkan batuk didapatkan lewat dampak uap yang keluar dari irisan bawang itu. Cara ini termasuk populer di negara Spanyol serta Prancis.

Itu beberapa obat batuk alami menjadi pilihan dari obat kimia. Selamat coba, ya! obat batuk alami serta perawatan didalam rumah telah dikerjakan akan tetapi batuk tidak kunjung pulih, selekasnya konsultasi pada dokter untuk memperoleh perlakuan yang pas. Batuk yang tidak kunjung pulih bisa saja adalah tanda terdapatnya penyakit serius.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar