Ingin Anak Cerdas? 10 Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Hamil


Buat setiap ibu hamil muda, tentunya mempunyai beberapa pantangan dalam soal makanan. Ada makanan yang bisa dikonsumsi serta ada juga makanan yang tidak bisa, bahkan juga mesti dijauhi.

Hal tersebut ditujukan supaya kondisi ibu hamil serta bayinya masih sehat. Seperti didapati, waktu sedang memiliki kandungan, seseorang ibu akan mengalami penurunan kondisi tubuh hingga begitu gampang sekali terserang masalah kesehatan dan makanan yang harus dihindari ibu hamil.

Nah, untuk menangani hal itu, mengawasi alur makan ialah salah satunya jalan keluarnya. Dikumpulkan dari beberapa sumber, berikut beberapa menu makanan sehat untuk ibu hamil dan agar anak cerdas.

1. Telur

Telur ialah sumber protein yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Diluar itu, telur akan menyumbang kolin, yakni nutrisi yang akan tingkatkan kesehatan otak serta tubuh bayi.

Konsumsi kolin ini begitu terpenting. Makin rendah kolin yang di terima oleh ibu hamil, jadi ada resiko yang membahayakan janin seperti cacat tabung saraf serta berkurangnya manfaat otak.

Baca Juga : Pantangan Ibu Hamil? Makanan yang Harus Dihindari


Oleh karena itu, ibu hamil muda disarankan untuk konsumsi telur secara teratur sehari-hari, minimum satu butir menjadi salah satunya makanan sehat andalan.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau ialah jenis makanan yang mempunyai banyak manfaat untuk kebanyakan orang, bukan sekedar buat ibu hamil saja.

Ada beberapa jenis sayuran hijau yang dapat diambil, seperti brokoli, bayam, sawi, serta ada banyak lagi. Semua jenis sayuran hijau itu baik dikonsumsi saat pagi hari untuk sarapan supaya tubuh ternutrisi selama seharian.

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil? Nutrisinya sendiri cukuplah banyak, dari mulai serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, folat, kalsium, dan lain-lain.

3. Produk Olahan Susu

Ibu haml juga memerlukan konsumsi kalsium yang baik, terpenting pada trisemester pertama serta ke-2. Hal seperti ini mempunyai tujuan supaya perkembangan tulang riskan pada bayi masih terbangun serta sehat.

Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi dari susu atau olahannya. Contohnya keju serta yoghurt.

Tetapi ingat, mengkonsumsinya janganlah kebanyakan dikasih gula atau pemanis yang lain. Jika ingin rasa-rasanya manis, lebih baik dikasih gula seperlunya saja.

4. Ubi

Makanan tradisionil yang satu ini memang mempunyai banyak nutrisi baik. Oleh karena itu ubi begitu direferensikan untuk ibu hamil muda.

Baca Juga : Cara Menggemukan Badan Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Mengenai kandungannya seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, serta serat. Diluar itu, ubi juga makanan alami yang aman dikonsumsi sebab tiada bahan kimia.

5. Ikan Salmon

Banyak yang mengatakan jika ibu hamil dianjurkan untuk kurangi mengkonsumsi ikan laut. Karena, banyak yang memandang jika ikan laut memiliki kandungan merkuri yang cukuplah tinggi.

Tetapi, ibu hamil masih tetap dapat konsumsi ikan salmon. Hal tersebut sebab ikan salmon rendah merkuri. Tidak hanya rendah merkuri, ikan salmon juga kaya omega 3 yang baik untuk perubahan otak bayi. Pas juga disantap dengan juice alpukat yang kaya dengan lemak bermanfaat.

6. Daging Ayam

Ibu hamil juga dianjurkan untuk konsumsi daging ayam secara teratur. Hal itu karena daging ayam kaya zat besi yang nanti akan menolong pembentukan sel darah merah pada tubuh.

Baca Juga : Musim Pancaroba? 10 Obat Batuk Alami Paling Ampuh

Tetapi ingat, mengkonsumsinya lebih baik di rebus atau dibikin sop. Karena, jika digabung bumbu-bumbu kebanyakan, dapat membuat kandungan zat besi itu alami penurunan.

7. Buah-Buahan

Serta janganlah lupa juga jika ibu hamil membutuhkan konsumsi nutrisi dari buah-buahan. Terdapat beberapa jenis buah yang aman dikonsumsi, seperti apel, pisang, semangka, melon.

Janganlah konsumsi buah yang sangat keras buat lambung serta perut sebab dapat mengakibatkan kontraksi yang beresiko buat janin.

8. Minyak Ikan

Biasanya, yang dipakai menjadi minyak ikan ialah ikan kod. Minyak ikan ini saat ini telah diberikan berbentuk kapsul, serta minyak ikan penting juga dalam proses perubahan pandangan sekaligus juga otak.


9. Kacang Polong

Pada saat awal kehamilan, sangat terpenting untuk konsumsi kacang polong buat ibu hamil. Karena, kacang polong ini dapat selalu mengawasi kesehatan janin sekaligus juga Ibu-nya. Bahkan juga, kacang polong dapat juga mengawasi supaya berat badan bayi baik serta tidak lemah waktu proses persalinan.


Baca Juga :
5 Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Harus Kamu Ketahui!

10. Daging Tanpa Lemak

Daging yang terbaik untuk ibu hamil untuk konsumsi ialah daging tiada lemak, sebab kandungan gizi-nya komplet serta protein tinggi. Ditambah lagi kandungan zat besi-nya, dapat menolong dalam produksi hemoglobin.



Semestinya, mengkonsumsi buah-buahan sesudah makan nasi. Karena, saat makan buah waktu perut kosong dapat membuat masalah pencernaan.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Anak Cerdas? 10 Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar