Inilah 7 Kuliner Khas NTT yang Enak Wajib Kamu Coba

Kolo Kuliner khas Nusa Tenggara Timur

Aneka masakan indonesia yang penuh dengan cita rasa rempah-rempah, Salah satunya propinsi yang ada di lokasi timur negara Indonesia ini mempunyai budaya serta sumber daya alam yang sangat melimpah. Bahkan juga pada daerah ini jadi salah satu tujuan wisata yang cukuplah populer belakangan ini. Kota kupang merupakan ibu kota di provinsi ini, banyak juga mempunyai segudang kuliner yang tentu saja akan memanjakan lidah pelancong atau wisatawan yang berkunjung disana untuk menikmati obyek wisata disana.

Terlebih lagi banyak beberapa bahan serta rempah-rempah pada makanannya yang buat ciri khas, tentu saja akan memberi kesan-kesan baru buat orang yang baru kali nikmati masakan NTT. Untuk Anda yang belum pernah ke daerah ini tentu belumlah merasakan sensasinya masakan ciri khas NTT yang cukuplah enak serta populer. Dari nama namanya juga cukuplah asing di telinga sebab tidaklah terlalu banyak di jual di daerah lainnya.

Di bawah ini admin Pedialoka akan membahas kuliner makanan khas NTT yang tentu saja miliki rasa enak akan tetapi sedikit orang luar tahu tapi pantas di coba bila akan ingin rasakan cita rasa makanan khas dari Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini. Tidak cuma di sajikan dengan spesial tapi proses dalam pembuatannya juga masih menggunakan dengan cara-cara tradisional. Ingin tahu apa sajakah jenis makanan masakan khas NTT yang sangat populer disana dan yang sedikit didapati orang.

7 Kuliner khas NTT yang wajib kamu coba saat melancong kesana

1. Makanan Jagung Catemak

Makanan ini khas Nusa Tenggara Timur yang menggunakan bahan dasar pada masakan memakai jagung. Jagung Catemak khas NTT adalah makanan penutup yang dibuat dari bahan jagung, labu lilin, serta kacang hijau yang dibuat dengan bumbu masak penyedap rasa. Tidak sama halnya makanan kolak yang miliki rasa yang manis, makanan jagung catemak ini mempunyai rasa yang begitu asin.

2. Se'i Daging Sapi Asap

Makanan khas NTT berikutnya adalah Se'i daging sapi asap, ini merupakan daging sapi yang dibumbui dan diasap agar bisa awet lebih lama. Sebelum disajikan jadi makanan yang enak, daging se'i dapat dibuat masakan sesuai dengan selera. Proses pembuatannya se'i masih menggunakan cara tradisional dengan memakai bara api dari arang serta dengan daun kesambi. Kesambi sendiri digunakan untuk sebagai penyaring panas serta asap yang berlebihan. Anda bisa jadi rekomendasi menu kuliner anda Se'i Daging Sapi Asap saat berkunjung di NTT.

3. Ikan Kuah Belimbing

Pasti kalian ingin coba salah satu masakan khas dari NTT ini, yaitu Ikan Kuah Belimbing. Makanan ini miliki cita rasa yang pedas dan asam tapi sangat segar. Rasa yang asam ini dari buah belimbing wuluh sebagai bahan masakan yang dicampurkan dalam kuah yang sedang dimasak, wajib kamu coba!

4. Makanan Sayuran Rumpu Rampe

Masakan sayuran rumpu rampe serupa dengan tumis bunga pepaya, sayuran dari bunga pepaya ditambahkan dengan daun pepaya muda yang dipotong tipis-tipis, makanan ini dapat sangat membantu membangkitkan nafsu makan Anda. Ras pahit dari daun pepaya ditambah lagi pakai cabe merah dan cabe rawit, makanan ini miliki rasa pahit dan pedas gimana-mana gitu.

5. Makanan Karmanaci

Bila Anda sedang berlibur di NTT kamu bisa coba makanan karmanaci yang merupakan makanan khas dari nusa tenggara timur. Makanan ini dibuat dari olahan bahan daging sapi dan menggunakan racikan bumbu ciri khas nusantara. Karmanci miliki rasa manis yang dominan pada makanan ini dan rasa asam dan gurih. Jadi kalian bisa mesantapnya dengan nasi putih hangat apa lagi makan sambil nikmati panorama di lokasi Nusa Tenggara Timur.

6. Makanan Moke

Makanan khas NTT berikutnya Moke, moke sendiri miliki 2 macam yaitu Moke putih dan Moke hitam. Untuk bahan masakan moke putih berasal dari nira sadapan pohon lontar, yang di jadikan gula merah sementara untuk rasa manis dihasilkan dari saat ditempatkan di seruas bamboo dan digantungkan. Serta moke hitam ini merupakan dari hasil fermentasi dan biasa disebut arak. Moke hitam seringkali jadikan sebagai teman makan daging.

7. Kolo

Kolo atau nasi bakar ini merupakan makanan khas NTT yang memakai bamboo, untuk dapat menghasilkan nasi bakar atau nasi bambu ini diperlukan bahan berbentuk bambu muda dengan panjang 30-40 sentimeter, beras serta bumbu masakan. Langkah dalam proses membuatnya dengan beras, air dan bumbu dimasukan dalam bamboo. Sesudah itu, di bagian ujung atau mulut ditutup dengan daun pisang. Lantas, kolo dibakar sampai matang kurang lebih sekitar 1/2 jam lamanya.


Itulah makanan khas Nusa Tenggara Timur yang bisa kalian jadikan referensi kuliner saat Anda kunjungi berlibur ke NTT. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat buat Anda yang sedang mencari artikel menu kuliner khas Nusa tenggara timur yang enak wajib kalian coba.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Kuliner Khas NTT yang Enak Wajib Kamu Coba"

Posting Komentar