5 Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Harus Kamu Ketahui!

Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes aegypti yang telah terinfeksi virus dengue, bisa menularkan virus itu saat menggigit manusia, yang lalu jadi penyebab penyakit demam berdarah. Nyamuk Aedes aegypti betina yang seringkali menggigit manusia sebab memerlukan darah untuk menghasilkan telur.

Selain menyebarkan penyakit DBD, ternyata nyamuk Aedes Aegypti dapat juga sebarkan virus bahaya lain yang menyebabkan penyakit :


  • Demam Kuning. Penyakit demam kuning karena serangan virus dengue banyak diketemukan di Afrika serta daerah tropis seperti Amerika tengah serta Selatan.
  • Chikungunya. Nyamuk Aedes aegypti disangka menjadi penyebab epidemi chikungunya di India, benua Afrika, serta beberapa negara Asia Tenggara.
  • Virus Zika. Aedes aegypti bertindak terpenting di dalam sebarkan virus zika yang beresiko dari nyamuk ke manusia.

Apa ciri-ciri lain dari (nyamuk DBD) demam berdarah itu? Inilah beberapa ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti yang perlu kamu kenali, inilah penjelasanya.

1. Jenis nyamuk demam berdarah

Penyakit demam berdarah dikarenakan oleh virus dengue yang didapati mempunyai empat serotipe virus dengue, salah satunya DEN-1, DEN-2, DEN-3, serta DEN-4. Di Indonesia sendiri, virus ini disebarkan oleh dua jenis nyamuk demam berdarah betina, yakni Aedes aegypti menjadi vektor utama serta Aedes albopictus menjadi vektor sekunder.

Tipe nyamuk demam berdarah ini mempunyai karakter anthropofilik, berarti mereka lebih pilih untuk mengisap darah manusia. Selain itu juga berbentuk multiple feeding, berarti untuk penuhi keperluan darah sampai kenyang umumnya nyamuk ini dapat mengisap darah seringkali. Karakter multiple feeding berikut yang bisa tingkatkan resiko penyebaran demam berdarah di lokasi perumahan yang penduduknya lebih padat. Karena, satu nyamuk yang infektif pada sebuah periode waktu menggigit akan dapat menularkan virus pada lebih dari satu orang.

2. Warna serta bentuk badan nyamuk

Langkah mudah mengetahui nyamuk demam berdarah yaitu dengan lihat warna serta memiliki bentuk. Jika Anda temukan nyamuk dengan beberapa ciri memiliki ukuran kecil serta berwarna hitam dengan belang (loreng) putih di semua badan, jadi bisa diyakinkan itu adalah nyamuk demam berdarah. Nyamuk ini mempunyai potensi untuk terbang setinggi 100 mtr. hingga daya jangkau penularannya cukuplah jauh.

3. Waktu gigit

Karakter ciri khas dari nyamuk demam berdarah bisa disaksikan dari waktu gigitan. Nyamuk demam berdarah aktif menggigit saat pagi sampai sore hari, sangat aktif waktu dua jam sesudah matahari keluar serta beberapa saat sebelum matahari tenggelam. Nyamuk demam berdarah kadang menggigit tiada sepengetahuan Anda sebab umumnya nyamuk ini menggigit dari belakang badan Anda serta ke arah pergelangan kaki serta siku. Gigitannya juga sering tidak memunculkan rasa sakit hingga Anda mungkin tidak sadar waktu terserang gigitan nyamuk demam berdarah.

4. Tempat perkembangbiakan

Nyamuk Aedes aegypti serta Aedes albopictus termasuk juga jenis nyamuk pemukiman. Menjadi, nyamuk ini suka pada tempat atau wadah penampungan air yang jernih untuk menempatkan telurnya. Beberapa tempat ini juga bukan sekedar di dalam rumah saja, karena tempat penampungan diluar rumah juga dapat jadi tempat perkembangbiakannya serta sering lepas dari perhatian. Pada umumnya, nyamuk demam berdarah suka pada tempat yang agak gelap serta lembap. Nyamuk Aedes aegypti semakin banyak diketemukan berkembang biak di beberapa tempat penampungan air buatan, contohnya bak mandi, ember, vas bunga, tempat minum burung, kaleng sisa, serta beberapa tempat sejenis.

Selain itu, nyamuk Aedes albopictus semakin banyak diketemukan di penampungan air alami diluar rumah, seperti ketiak daun, lubang pohon, serta potongan bambu.Jika Anda mempunyai rutinitas menggantung pakaian di belakang pintu, Anda butuh siaga karena tumpukan pakaian ini dapat jadi tempat hinggap yang disukai oleh nyamuk demam berdarah.

5. Pola jentik nyamuk demam berdarah

Selain tahu beberapa ciri nyamuk demam berdarah, Anda juga butuh tahu jentik manakah yang disebut jentik nyamuk demam berdarah. Waktu Anda mengecheck bak mandi atau tempat penampungan lainnya, jentik nyamuk demam berdarah umumnya berjalan aktif dari bawah ke atas permukaan air dengan berkali-kali. Nah, jika Anda menemukannya, cepatlah untuk kuras bak mandi untuk menahan perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Belum ada Komentar untuk "5 Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar