Skip to main content

Cara Membaca Cepat dan Efektif Ini Dia Teknik Rahasianya!


Membaca cepat ialah satu cara membaca yang dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat akan tetapi dapat juga mengerti semua isi bacaan dengan cepat. Membaca cepat bisa diaplikasikan memakai proses perpindahan pandangan mata kita yang dikerjakan dengan cepat tertuju pada kata-kata atau kalimat-kalimat yang dibaca. Hingga, dalam waktu yang seminimal mungkin kita bisa mengerti beberapa halaman buku bacaan.

Membaca dengan cepat akan memberikan efek yang begitu positif dalam kehidupan, terpenting buat pelaku bisnis, pelajar dan buat siapapun yang menyukai dan banyak membaca.

Manfaat Mambaca Cepat:

- Gampang mengetahui topik bacaan
- Tahu opini dan pemikiran orang yang lain dengan singkat
- Mendapatkan sisi penting
- Tahu struktur tulisan
- Mengingat kembali yang pernah dibaca
- Mengirit waktu

Kendala atau Hambatan Membaca Cepat:

- Susah untuk kosentrasi
- Motivasi membaca yang rendah
- Cemas tidak mengerti bahan bacaan
- Kebiasaan-kebiasaan jelek dalam membaca

Nah, agar kamu tidak lagi kerepotan dalam membaca materi waktu ingin ujian, kamu butuh mengaplikasikan cara membaca dengan cepat, tapi juga efisien. Dengan cara ini, kamu semakin lebih gampang tangkap materi yang diperlukan tanpa butuh buang waktu, dengan teknik membacanya cepat.


Ingin Tahu Cara Membaca Cepat? Ini Dia Rahasia Teknik Membaca Cepat!


1. Menggumamkan Bacaan Itu Tidak Efisien

Sadar tidak sich jika sering kita menggumamkan apakah yang sedang dibaca? Sebetulnya, style membaca semacam ini tidak salah sich, akan tetapi kurang efisien bila dipakai untuk membaca buku pelajaran atau kuliah. Kamu akan mengonsumsi waktu lama sebab membaca secara kata per kata. Diluar itu, kamu akan riskan mengulang bacaan awal mulanya.

Karena itu, buat jadi membacamu efisien dengan kurangi rutinitas ini. Susah sich memang, tetapi kamu mulai bisa mencobanya, kok. Caranya, pasang earphone di telingamu dan putarlah lagu instrumental; atau juga bisa dengan kunyah permen karet. Dengan demikian, otakmu akan terdistraksi dari vokalisasi bacaan dan lebih konsentrasi untuk membaca dan mengerti saja.

2. Jarak Pandang Membaca Itu Berpengaruh

Konsentrasi ialah kunci utama untuk membaca dengan efisien. Jika kamu tidak fokus diri, kamu juga bakal sulit mengerti apakah yang sedang kamu baca. Benar, tidak? Nah, terdapat beberapa aspek yang dapat memengaruhi tingkat fokusmu waktu membaca. Dari mulai tempat, nada, keadaan fisik, sampai jarak pandang membaca.
Advertisement

Membaca dengan jarak pada mata dan buku yang dekat memang tampak lebih konsentrasi, tetapi sebetulnya malah kebalikannya. Membaca dalam jarak sangat dekat malah akan membuat kamu pusing dan susah mengerti sebab cuma lihat bacaan secara kata per kata. Oleh karena itu, bacalah buku dalam jarak baik, yakni seputar 30 cm. Dalam jarak ini, pandanganmu semakin lebih luas hingga dapat meliputi 1 kalimat secara langsung. Otakmu juga semakin lebih santai dalam terima info sebab tidak terasa pusing. Menjadi, lebih konsentrasi, ‘kan?

3. Membaca Secara Kata per Kata Akan Habiskan Waktu

Untuk dapat efisien dan juga cepat, kamu tidak dapat membaca secara kata per kata. Dalam satu bacaan, kata-kata tidak dapat berdiri dengan sendiri. Kata-kata sama-sama tergabung dalam satu kalimat yang perlu dibaca secara satu kesatuan untuk dapat dimengerti dengan baik. Jika kamu cuma konsentrasi memaknai kata per kata, kamu cuma akan repot bolak-balik mengulang-ulang bacaan yang awal mulanya. Tidak cuma habiskan waktu saja, tetapi kamu juga kehilangan konsentrasi dan pandangan.

Bacalah buku atau bacaan lainnya secara per kalimat. Tempatkan konsentrasi pandangan tetap pada kata ke-3 dan ke empat, dengan demikian cakupan kata yang dapat kamu baca semakin lebih banyak. Sesudah itu, mencari kata kunci tiap-tiap kalimat yang sudah kamu baca. Kata itu akan membantumu mengerti arti dari kalimat setelah itu.

4. Gerakkan Jari Telunjuk Sesuai dengan dengan Bacaan untuk Menghadapi Membaca Lagi atau Adanya Kata yang Terlupa

Tidak hanya menggumam, ada rutinitas lainnya yang secara tidak sadar tentu kita kerjakan waktu sedang membaca. Yap, mengulang-ulang kembali kata-kata atau kalimat yang awal mulanya telah terbaca. Rutinitas ini jelas tidak efisien, baik dari sisi waktu ataupun pandangan. Telah waktu membaca menjadi makin lama, pandangan yang didapatkan juga menjadi tidak berapa.

Umumnya alasanmu membaca lagi ialah sebab adanya kata-kata yang terlupa, hingga kamu kurang mengerti bacaan di halaman setelah itu. Nah, untuk mengatasinya, coba membaca dengan memakai pertolongan dari jari telunjukmu. Pergerakan jari telunjuk sesuai dengan dengan bacaan yang sedang kamu baca. Dengan demikian, tidak akan ada lagi kata yang terlupa atau lewatkan, ‘kan?

5. Mencari di Tiap-tiap Paragraf dan Berikan Tanda Memakai Highlighter

Salah satunya cara untuk dapat cepat memahami dengan apakah yang kamu baca ialah dengan tahu inspirasi utama yang ingin dikatakan. Janganlah langsung mencari inspirasi utama 1 buku. Awalilah secara per paragraf.

Umumnya, inspirasi atau kalimat utama itu ada cuma di awalnya atau diakhir paragraf saja. Waktu sudah tahu inspirasi utamanya, berilah tanda dengan memakai highlighter. Inspirasi utama ini ialah ‘jembatan’ yang menghubungkan tiap-tiap paragraf yang kamu baca. Dengan tahu dan menandai dengan baik, kamu semakin lebih gampang mengerti dan tangkap tujuan yang dikatakan oleh buku itu.

6. Kenali Potensi Baca dan Daya Serap Katamu

Membaca yang baik dan efisien, tidak tetap sama dengan kecepatan, lho. Tentu ada pula diluar sana yang membaca dengan amat cepat tapi kurang mengerti isi dari buku yang dibacanya. Oleh karenanya, yang butuh diukur bukan kecepatan, tetapi sampai manakah potensi membaca dan daya serap katamu.

Cara tahu potensi ini dapat gampang. Pertama, setel timer saat 1 menit. Lalu, bacalah buku dengan senyaman mungkin sampai timer-mu berbunyi. Kalkulasi berapakah banyak paragraf atau halaman yang dapat kamu baca dan tulis menjadi bukti. Ulangilah cara ini tiap-tiap kamu akan membaca buku yang lainnya. Upayakan waktu yang kamu perlukan jadi makin singkat tapi dengan pandangan yang lebih baik, agar membacamu tidak cuma makin cepat tapi juga makin efisien.

7. Bikinlah Dirimu untuk Lebih Seringkali Membaca

Yap, benar banget. Teratur melatih diri akan membuat kamu makin baik. Ini tidak cuma berlakuk dii dunia musik atau berolahraga saja, tapi juga membaca. Makin seringkali kamu melatih diri untuk membaca, makin nyaman dan baiklah kamu dalam mengerjakannya. Serta waktu kamu makin baik, waktu membacamu tidak cuma jadi lebih cepat, tapi kamu juga makin gampang dalam mengerti inspirasi dan arti dari bacaan itu.

Teraturlah dirimu untuk membaca apa pun sehari-harinya; dapat novel, majalah, koran, atau artikel-artikel di internet. Kerjakan ini dengan teratur, praktikan cara di nomer 1 sampai 6, dan potensi bacamu akan tambah lebih baik dari mulanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar